in

Bak Menggelar Pernikahan Beneran, Ini 4 Fakta di Balik Praktik Nikah Anak SMA yang Viral

Belakangan, netizen jagat maya dihebohkan dengan video praktik pernikahan yang dibuat oleh anak-anak SMA. Video ini diunggah oleh akun TikTok @smallbusinesnyaica, dengan durasi video kurang lebih 6 menit. “Praktik nikah IPA 3 & IPA 4 SMAN 2 Banjar,” tulis akun TikTok tersebut.

Dalam video itu, pernikahan yang berlangsung bak sungguh-sungguh menikah. Tak hanya pengantin saja, praktik pernikahan ini mendatangkan penghulu, saksi, serta kerabat pengantin, yang semuanya diperankan oleh para siswa tersebut.

Praktik menikah yang sering sekali dilakukan oleh anak sekolah

Ujian praktik tentu menjadi salah satu komponen yang tidak bisa dilepaskan dari sekolah. Pelajaran tentang pernikahan dan akad nikah ini sendiri dipelajari oleh anak-anak SMA. Meski sempat viral beberapa waktu lalu, praktik menikah yang dilakukan oleh sekelompok anak sekolah SMA ini bukan pertama kalinya terjadi. Di tahun-tahun sebelumnya, praktik menikah juga mencuri atensi netizen. Pasalnya, praktik yang dilakukan ini bak sungguhan menikah. Para pengantin dirias sedemikian rupa, begitu juga dengan berbagai perlengkapan yang digunakan.

Totalitas anak-anak SMA dalam praktik pernikahan

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa praktik yang dilakukan oleh anak-anak SMA ini bak sungguhan menikah. Masing-masing dari mereka akan kebagian peran, entah sebagai orang tua pengantin, penghulu, sanak saudara, tamu undangan, bahkan fotografer dan videografer. Persiapan praktik ini juga memakai berbagai macam dekorasi, mulai dari panggung, kursi pengantin, seserahan, hingga dandanan dan make-up. Kedua mempelai juga disewakan baju khusus untuk sepasang pengantin. Nah, kira-kira saja berapa uang yang harus mereka keluarkan, guys~

Berbagai komentar dari para warganet

Praktik Nikah anak SMA [sumber gambar]
Video yang sempat menghiasi tending topic ini menjadi pembicaraan netizen. Banyak yang mengaku baper melihat video tersebut, ada pula yang bahkan mendoakan agar kedua mempelai nantinya memang berjodoh di dunia nyata. Sebagian lagi mengaku bahwa kreatifitas anak zaman now patut diacungi jempol. Akan tetapi, ada pula komentar yang tidak setuju dengan praktik pernikahan ini. Mereka menganggap bahwa praktik salat jenazah jauh lebih penting dari pada menggelar pernikahan yang menghabiskan banyak uang.

Pro dan kontra praktik menikah oleh anak SMA

Praktik menikah yang menghabiskan banyak biaya [sumber gambar]

Sebagian mereka yang mengungkapkan kontra mengatakan bahwa tidak ada sama sekali urgensi dalam praktik menikah tersebut. Praktik menikah ini tak hanya diragukan urgensinya saja, tetapi juga dinilai harus mengeluarkan banyak uang, untuk hal yang sebenarnya hanya untuk senang-senang belaka. Nah, kira-kira begini nih komentar yang dilontarkan oleh para netizen:

“Apa urgensinya praktik nikah sih?” tanya akun @Rama.

“Kok sekarang ada praktik nikah gini sih di sekolah? Memang tujuan nya buat apa? Terus apa memang ada kurikulum nya kah?” kritik akun @ar_Keanu.

“Ini cerita nya gimana? Kok sekolah pake ada praktik nikahnya? Memang jurusan apa? πŸ™πŸ™πŸ™… soalnya waktu saya sekolah mah kaga ada praktik nikah,” bingung akun @dynaageming.

“Pelajaran apa sih kalau praktik nikah gini, terus yang dinilai apanya, serius nanya, ga tau soalnya?” tanya akun @Amie Nur Utamie.

“Saya kok belum nyambung fungsinya apa ya praktik nikah ini😳,” timpal akun @SRIBURUMA.

BACA JUGA: Awalanya Hanya Main-main, Dua Sejoli Ini Berakhir di Pelaminan

Kalau di sekolah kamu, ada juga enggak praktik menikah seperti di atas? Atau hanya sebatas pelajaran yang dipelajari pada saat mata pelajaran Fiqih saja, guys? Kira-kira, kamu termasuk ke dalam orang yang pro atau kontra dengan praktik pernikahan oleh anak SMA tersebut? Tinggalkan komentar di kolom komen di bawah ya!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Niat Bantu Acara Kampus, Ratusan Mahasiswa IPB Malah Terjerat Pinjol

pesawat militer tabrakan

2 Pesawat Militer Tabrakan Saat Pameran Udara Peringatan PD II, 6 Orang Meninggal Dunia