Apa Kabar 7 Anak Presiden yang Pernah Menjabat di Indonesia?

oleh Tetalogi
09:28 AM on Jan 7, 2016

Telah 70 tahun Indonesia merdeka dan selama itu pula 7 orang telah menjabat sebagai seorang presiden. Sebagai kepala negara, terkadang tidak hanya kebijakan mereka saja yang disorot, tapi juga kisah kehidupan pribadi mereka.

Bukan hanya presidennya saja yang sering muncul dalam pemberitaan, tapi juga anak-anak mereka. Berikut ini adalah beberapa anak presiden Indonesia yang sering disoroti oleh media.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

1. Megawati Soekarnoputri

Nama Megawati Soekarnoputri mungkin yang paling disorot dalam daftar ini. Bukan saja karena dia adalah putri dari presiden pertama Indonesia, Soekarno, tapi juga karena ia berhasil mengikuti jejak sang ayah untuk menjadi presiden Indonesia.

Megawati Soekarnoputri [Image Source]
Megawati Soekarnoputri [Image Source]
Ia merupakan presiden wanita pertama di Indonesia pada masa jabatan 2001-2004. Meski sudah tidak lagi menjabat sebagai presiden, Megawati masih tetap aktif dalam karir politiknya sebagai Ketua Umum PDI-P.

2. Tommy Soeharto

Tommy Soeharto adalah putra dari mantan presiden Soeharto. Meskipun menjadi seorang putra presiden, namun ia tidak mengikuti jejak sang ayah untuk berkecimpung di dunia politik dan lebih memilih untuk berbisnis. Tidak hanya itu, Tommy juga merupakan seorang pereli dan termasuk tokoh otomotif di Indonesia. Ia juga pernah menjadi ketua umum IMI Pusat selama 2 Periode.

Tommy Soeharto [Image Source]
Tommy Soeharto [Image Source]
Meski begitu, di tengah kisruh partai Golkar yang terjadi saat ini, nama Tommy kembali mencuat. Ia dinilai bisa menyatukan partai bergambar pohon beringin tersebut. Bahkan tersiar kabar bahwa banyak orang yang mendukungnya untuk maju dalam pemilihan presiden 2019.

3. Ilham Akbar Habibie

Ilham Akbar Habibie adalah putra pertama dari mantan presiden B.J. Habibie. Meski tidak mengikuti karir politik sang ayah, ia masih memiliki minat yang sama di bidang penerbangan.

Ilham Akbar Habibie [Image Source]
Ilham Akbar Habibie [Image Source]
Ilham Akbar Habibie telah menjadi pakar penerbangan dari Indonesia. Bekerja sama dengan Erry Firmansyah yang merupakan mantan direktur utama PT Bursa Efek Indonesia, ia membangun perusahaan PT Regio Aviasi Industri (RAI).

4. Inayah Wulandari

Inayah Wulandari adalah putri dari mantan presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Sebagai seorang putri presiden, maka ia biasanya juga mendapatkan pengawalan ketat dari paspampres. Namun, ia justru punya banyak cerita lucu seputar pengalamannya sebagai putri presiden.

Inayah Wulandari [Image Source]
Inayah Wulandari [Image Source]
Ia pernah kabur dari pengawasan paspampres saat masih kuliah dan lebih memilih pulang naik bajaj. Bahkan, ia juga pernah diomeli seorang paspampres yang tidak tahu bahwa ia adalah anak presiden. Namun Inayah menyingkapi semua itu dengan santai saja.

5. Puan Maharani

Puan Maharani adalah putri dari mantan presiden Megawati Soekarnoputri. Sama seperti ibu dan kakeknya, ia juga memilih untuk berjalan di jalur politik Indonesia sejak usia yang sangat muda.

Puan Maharani [Image Source]
Puan Maharani [Image Source]
Ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Kabinet Kerja yang dipimpin oleh presiden Jokowi untuk periode tahun 2014-2019. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan untuk DPR-RI pada tahun 2012-2014.

6. Edhie Baskoro Yudhoyono

Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab dipanggil Ibas adalah putra bungsu dari mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sama seperti ayahnya, ia juga memilih untuk berkecimpung di dunia politik. Sejak tahun 2009, ia telah menjadi anggota DPR dan ditunjuk sebagai anggota Badan Anggaran dan Komisi I DPR RI yang membidangi hubungan luar negeri, pertahanan, serta informasi dan komunikasi.

Edhie Baskoro Yudhoyono [Image Source]
Edhie Baskoro Yudhoyono [Image Source]
Ia kini juga bergabung dalam partai politik yang sama dengan sang ayah yaitu Demokrat. Pada tahun 2010, ia bahkan dipercaya menjadi Sekertaris Jendral partai Demokrat yang berarti juga menjadikannya Sekertaris Jendral partai politik termuda di Indonesia.

7. Gibran Rakabuming

Gibran Rakabuming Raka adalah putra sulung dari presiden Indonesia yang ke-7, Joko Widodo. Meskipun menjadi anak presiden, ia malah tidak tertarik untuk ikut masuk ke jalur politik. Sebaliknya, ia malah membuka usaha sendiri dan menjadi pengusaha martabak dan katering.

Gibran Rakabuming [Image Source]
Gibran Rakabuming [Image Source]
Nama Gibran juga sering disorot karena selalu berpenampilan sederhana dan jauh dari kesan mewah. Beberapa waktu lalu, Gibran menyelenggarakan pernikahan dengan Selvi Ananda. Pernikahan mereka disebut sebagai pernikahan yang sederhana untuk ukuran seorang putra presiden.

Menjadi seorang anak presiden memang terkadang juga bukan merupakan hal yang mudah. Bagaimana tidak, setiap gerak-geriknya sering disorot media. Ada yang santai saja dan menganggap bahwa anak presiden bukanlah hal yang spesial, ada yang mengikuti jalur politik seperti orang tua mereka, ada juga yang justru memanfaatkan kesempatan sebagai seorang anak presiden. Meski begitu, jabatan memang seharusnya bukan menjadi pedoman bagi seseorang dalam bersikap. Karena terkadang seseorang bisa menjadi sombong atau tamak karena jabatan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo
BACA JUGA