in

Fakta Anak Bali Bermata Biru, Ternyata Turunan dari Kakek Buyutnya

anak bali bermata biru

Menurut penelitian, warna bola mata ditentukan oleh kadar melanin pada lapisan iris mata. Orang dengan mata cokelat memiliki jumlah melanin yang banyak, sedangkan orang dengan mata biru memiliki lebih sedikit pigmen ini. Bola mata orang Asia rata-rata berwarna cokelat terang atau kehitaman. Sama halnya dengan kebanyakan orang Indonesia.

Namun, rupanya ada seorang anak di Bali yang memiliki warna bola mata biru layaknya orang Eropa. Bola matanya begitu indah. Bagaimana bisa ia punya mata biru? Simak kisahnya di bawah ini.

Viral setelah videonya diunggap di media sosial

Ketut Adi, anak dari Bali yang bermata biru. [Sumber Gambar]
Ketut Adi Putra, nama anak lelaki yang memiliki bola mata biru. Ia tinggal di Kelurahan Kendran, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Ketut Adi mulai viral setelah seorang pengguna media sosial mengunggah video yang memperlihatkan mata birunya. Tak ayal ia menjadi viral, pasalnya sangat jarang orang Indonesia memiliki mata biru. Pada video tersebut, diperlihatkan senyuman manis anak lelaki berusia 9 tahun tersebut dengan pancaran mata polos berwarna biru.

Dulu dibully saat TK

Bola mata Ketut Adi terlihat biru seperti orang Eropa. [Sumber Gambar]
Ketut Adi yang sekarang duduk di bangku sekolah dasar kelas 3, rupanya dulu dirundung saat masih TK. Teman-teman TK-nya mengejeknya karena memiliki mata biru seperti kucing. Namun, sang ibu yaitu Ketut Suriani mendorong anaknya untuk tidak malu memiliki mata biru. Sekarang tidak ada teman sekolah dasarnya di SD Negeri 1 Kendran yang mengejek Ketut Adi. Bahkan, tidak sedikit orang termasuk orang asing yang menganggap mata biru Ketut Adi terlihat indah.

Kakek buyut dan ayah juga bermata biru

Warna mata biru Ketut Adi mulai terlihat sejak lahir, tetapi semakin jelas dan terang saat usianya menginjak 4 tahun. Orang tua Ketut Adi khawatir jika sang anak memiliki gangguan penglihatan karena bermata biru. Untungnya, dokter menyatakan bahwa Ketut Adi tidak mempunyai gangguan penglihatan.

Ketut Adi dan sang ibu. [Sumber Gambar]
Menurut pengakuan Ketut Suriani, mereka tidak ada keturunan Eropa. Namun ternyata, bukan cuma Ketut Adi yang mempunyai mata biru. Sang ayah, Ketut Sukadana, juga mempunyai bola mata biru. Tetapi hanya mata sebelah kiri dan tidak terlihat jelas seperti miliki Ketut Adi. Kakek buyut Ketut Adi juga mempunyai mata biru, tetapi tidak terang dan agak putih.

Warna mata biru karena genetik

Salah seorang dokter mata di Rumah Sakit Bali Mandara bernama Dr. Novita Rismawati, SpM menyampaikan, bahwa mungkin Ketut Adi memiliki kondisi heterokromia iridium. Kondisi tersebut terjadi kemungkinan besar karena kondisi genetik atau keturunan. Iris mata orang yang memiliki heteokromia iridium berubah warna, biasanya warna pada kedua bola mata tidak sama.

Ketut Adi mempunyai bola mata biru. [Sumber Gambar]
Dokter menduga, Ketut Adi memiliki heterokromia iridium karena anak tersebut tidak mempunyai gangguan penglihatan. Berbeda jika seseorang memiliki sindrom waardenburg. Biasanya, orang dengan sindrom itu juga punya gangguan kesehatan lain seperti pendengaran. Namun, kondisi yang dialami Ketut Adi harus dicek lebih lanjut karena ia tidak memeriksa kondisi Ketut Adi secara langsung.

BACA JUGA: Mengagumi Kecantikan Muslim Mata Biru Keturunan Portugis yang Hidup di Aceh

Ketut Adi bermata biru karena kondisi tertentu, berbeda dengan 3 suku di Indonesia yaitu suku Lamno di Aceh, suku Buton di Sulawesi Tenggara, dan suku Lingon di Maluku. Konon, mereka adalah keturunan orang Eropa seperti Portugis. Namun, belum ada penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut.

Written by H

Korea Utara tembakkan rudal ke Jepang

Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik ke Jepang, Bikin Dunia Ketar-ketir

Mantan tukang parkir jadi polisi

Kisah Wahyu Setiaji, Mantan Tukang Parkir yang Berhasil Lolos Seleksi Jadi Polisi