in

4 Amalan Lailatul Qadar yang Akan Membuat Hidupmu Makin Penuh Berkah

Bertaubat [sumber gambar]

Di bulan suci Ramadan, umat Islam berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala dengan melakukan berbagai macam kebaikan. Bulan Ramadan juga merupakan ladang di mana seseorang bisa memaksimalkan ibadahnya. Belum lagi, 10 hari terakhir Ramadan ini terasa spesial karena merupakan turunnya Lailatul Qadar.

Oleh karena, di hari-hari itu ada amalan yang memiliki keutamaan spesial. Sebagaimana disebut dalam Alquran bahwa Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan. Lailatul Qadar sendiri tak bisa diprediksi kapan jatuhnya. Namun, apa salahnya kalau kita mempersiapkan diri dengan segala amalan kebaikan ini.

Terus menerus berzikir dan berdoa

Zikir dan doa [sumber gambar]
Amalan pertama ada berdoa dan berzikir. Setelah selesai melakukan salat tarawih dan tadarusan, kamu bisa melanjutkan dengan ibadah salat malam (tahajjud). Dengan menunaikan ibadah salat malam ini, maka peluang untuk mendapat malam Lailatul Qadar juga akan meningkat. Fokuskan ibadahmu untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Setelahnya jangan lupa diperkuat dengan zikir dan doa.

Membaca Alquran sepanjang malam

Membaca Alquran [sumber gambar]
Amalan untuk menyambut malam Lailatul Qadar selanjutnya yang bisa diterapkan adalah dengan niat beribadah hanya pada Allah SWT, salah satunya dengan membaca Alquran. Membaca Alquran bisa mendatangkan pahala yang berlipat ganda di malam-malam sepertiga terakhir bulan Ramadan. Ditambah lagi, ibadah akan tambah khusyuk saat kamu menghayati makna di balik ayat-ayat yang kamu baca.

Melakukan iktikaf

I’tikaf dan ibadah [sumber gambar]
Iktikaf adalah berhenti atau berdiam di dalam masjid dengan syarat-syarat tertentu, dengan niat semata-mata beribadah kepada Allah SWT. Iktikaf sendiri merupakan momen untuk introspeksi diri atas kesalahan dan dosa serta cara untuk mendekatkan diri pada Allah SWT dengan melakukan serangkaian ibadah. Namun, di tengah corona ini jelas iktikaf di masjid tak bisa dilakukan. Oleh karenanya iktikaf akan lebih baik jika dilakukan #DiRumahAja.

Memperbanyak taubat

Bertaubat [sumber gambar]
Manusia itu tempatnya salah dan dosa, tak ada satu pun yang tidak pernah melakukan kesalahan. Oleh karenanya, pergunakan momen Ramadan ini untuk memperbaiki diri dan bertaubat kepada Allah. Mumpung masih ada waktu dan kesempatan dalam beberapa hari terakhir Ramadan, kamu bisa memperbanyak salat taubat dan koreksi diri. Tentu, akan sangat penuh berkah sekali kalau bertepatan dengan jatuhnya malam Lailatul Qadar.

BACA JUGA: 5 Fenomena Khas Bulan Ramadan yang Hanya Terjadi di Indonesia

Puasa adalah momen di mana setiap muslim bisa memperbaiki diri dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 10 hari terakhir Ramadan seharusnya menjadi saat-saat ibadah tambah kenceng karena kita akan segera berpisah dengan bulan penuh berkah ini. Bersyukur kalau bisa merasakan nikmatnya Lailatul Qadar.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini, 20 Mei 2020

Heboh Rumah Mewah Dinas Bupati Minahasa Utara yang Bergaya Eropa tapi Dibiarkan Mangkrak