6 Amalan Anti Miskin yang Sebaiknya Dilakukan Seorang Muslim Agar Kaya Raya

Asal dikerjakan dengan istiqomah dan baik, pasti nasib bakal berubah

oleh Arief Dian
14:00 PM on Mar 31, 2017

Tak hanya jodoh, rezeki juga merupakan takdir Allah yang dirahasiakan dari manusia. Kita hanya bisa berusaha dalam mencari rezeki untuk dapat mencukupi kebutuhan. Hasilnya, ya tetap dikembalikan kepada Allah SWT. Namun kadang, entah kenapa usaha yang kita lakukan sia-sia belaka. Meskipun sudah setengah mati bekerja tapi hasilnya tidak seberapa.

Tenang, mungkin itu terjadi karena kita tidak dekat dengan Yang Maha Pemberi Rezeki. Ternyata beberapa amalan dapat melapangkan rezeki kita sekaligus mendekatkan diri kita pada Allah SWT. Penasaran dengan amalan-amalan anti kemiskinan itu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Bak Romeo dan Juliet, 5 Pasangan Ini Meninggal Dunia dengan Tragis
Saat Nyawa di Ujung Tanduk, Ini 7 Cara Selamatkan Diri Dari Bencana Gedung Runtuh

Sholat Dhuha pencukup rezeki

Meskipun sunnah, ibadah yang satu ini sangat dianjurkan bagi seorang muslim. Banyak sekali keutamaan yang didapatkan jika mengistiqomahkan sholat dhuha ini. Terutama dalam masalah rezeki, banyak sekali hadis yang menjelaskan fadilah sholat dhuha. Barangsiapa ingin tercukupi rezekinya di hari itu, maka sangat dianjurkan untuk memulai harinya dengan sholat dhuha empat rokaat. Namun, bayangkan jika kita mengerjakan sholat dhuha lebih dari empat rokaat, pastinya akan lebih banyak kelapangan rezeki yang kita dapat.

Shalat Dhuha [image source]
Selain itu, bagi siapa yang istiqomah dalam menjalankan ibadah sunnah ini, kelak di akhirat akan masuk melalui pintu surga khusus bernama dhuha. Ibadah sholat dhuha sendiri dikerjakan minimal 2 rokaat dan maksimal 12 rokaat di pagi hari. Sebagai seorang muslim, tidak ada salahnya untuk mengistiqomahkan ibadah sunnah ini agar kita mendapatkan kelapangan di dunia serta di akhirat.

Sedekah, semakin bertambah dan bertambah

Amalan yang satu ini memiliki keutamaan yang luar biasa. Sedekah dapat memberikan naungan kelak di hari kiamat, menolak kejelekan yang akan terjadi, menggugurkan dosa serta disembuhkan penyakit. Sedangkan untuk masalah kerezekian, sedekah akan memberikan keberkahan pada harta yang kita dapat dan menambah berkali-kali lipat dari apa yang kita sedekahkan.

Bersedekah [image source]
Sebagai seorang muslim, presepsi mengenai sedekah yang bisa mengurangi harta seharusnya ditampik jauh-jauh. Yang ada dengan bersedekah malah harta kita yang akan bertambah dan bertambah. Bersedekah juga membuktikan kepada Allah SWT bahwa kita tidak gila harta, sehingga Dia mau mengamanahkan lebih banyak rezeki-Nya kepada kita. Jadi jangan ragu-ragu lagi dalam bersedekah.

Rutin Membaca Surat Al-Waqiah

Selain surat Yasiin, Al-Mulk dan Ar-Rahman, surat Al-Waqiah adalah salah satu surat yang sangat familiar di telinga muslim di Indonesia. Menurut para ulama, Al-Waqiah memiliki keutamaan yang sangat luar biasa dalam bidang kerezekian. Barangsiapa yang rutin membaca surat ini disetiap malamnya, maka dia tidak akan ditimpa kefakiran selama seluruh hidupnya.

Rutin Al-Waqiah [image source]
Hal tersebutlah yang membuat surat Al-Waqiah sengat populer di masyarakat Indonesia dan bahkan banyak yang hafal di luar kepala. Agar tidak mengalami kemelaratan dalam hidup, jangan lupa sempatkan membaca surat Al-Waqiah tiap malamnya.

Beristighfar Memohon Ampun

Ada kalanya kemelaratan terjadi karena dosa-dosa kita, alhasil usaha apapun yang kita lakukan tidak menghasilkan untung. Cara satunya-satunya agar lepas dari hal tersebut adalah bertobat dan beristighfar kepada Allah SWT. Kita kadang tidak tahu mungkin dalam harta yang kita miliki tidak semunya halal atau mungkin kita terlalu sibuk mencari dunia sampai lupa kepada-Nya.

Beristighfar [image source]
Maka dengan beristighfar dan bertaubat, maka Allah akan melancarkan rezeki kita. Selain itu, Istighfar juga dapat mengundang rezeki dari jalur yang tidak disangka-sangka dan melapangkan kesulitan. Membaca istighfar ini bahkan dilakukan Rasulullah SAW setiap harinya, jadi semakin benar keutamaan amalan yang satu ini untuk dilakukan.

Menikah memperlancar rezeki

Bagi yang belum berumah tangga, mungkin ini adalah solusi agar terlepas dari kemiskinan. Perintah Allah SWT yang satu ini ternyata memang mempunyai dasar yang kuat. Dengan menikah, seorang yang lebih bersemangat dalam mencari rezeki, dia juga akan semakin berhemat dalam masalah keuangan.

nikah [image source]
Menikah berarti juga menyatukan dua keluarga bersama, itu berarti menambah relasi yang dapat memudahkan dalam mencari pekerjaan atau rekan bisnis. Inilah amalan pembuka rezeki bagi yang masih lajang.

Jangan Lupa Bersyukur

Mungkin kesulitan dalam masalah rezeki yang dialami karena kita lupa dalam bersyukur. Banyak sekali nikmat Allah yang diberikan namun sama sekali kita tidak menganggapnya. Alhasil rezeki kita yang dikurangi oleh Allah SWT.

Bersyukur [image soure]
Bersyukur adalah kunci rezeki, barang siapa yang bersyukur maka Allah akan menambah kenikmatannya berkali- kali lipat. Jadi meskipun hidup sulit, jangan lupa untuk selalu bersyukur.

Itulah amalan-amalan yang dianjurkan bila mengalami kesusahan dalam masalah rezeki. Kerjakan dengan baik, istiqomah dan ikhlas karena Allah semata. Semoga amal baik yang dikerjakan mendapat balasan dari Allah SWT.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia
BACA JUGA