in

Inilah Alasan Mengapa Kepopuleran Xiaomi Begitu Masif di Tanah Air

2. Keberadaan Mi Fans, para penggemar setia Xiaomi

Seperti halnya para fanboy Apple yang begitu fanatik terhadap brand berlabel apel kroak ini sampe rela ngantre dari pagi atau berhari-hari sebelumnya demi menjadi yang pertama meminang iPhone impian mereka, Xiaomi juga punya divisi “hooligan” sendiri. Penggemar garis keras Xiaomi ini dinamakan Mi Fans. Di kota asalnya di Beijing, setiap Xiaomi meluncurkan ponsel teranyar, para Mi Fans dari berbagai belahan dunia datang ke tempat ini demi menyaksikan peluncuran ponsel cerdas pujaan mereka.

Mi Fans regional Yogyakarta. [Image Source].
Bagaimana dengan di Indonesia? Bukti bahwa Mi Fans begitu eksis di negara ini salah satunya terlihat dalam perhelatan Mi Fan Festival 2017 yang bertempat di Jakarta beberapa waktu lalu. Acara yang menjadi tempat kelahiran resmi dua ponsel laris Xiaomi, Redmi Note 4X dan Redmi 4X ini diikuti oleh 22 regional Mi Fans yang tersebar dari seluruh penjuru Indonesia. Sebut saja Bogor, Cianjur, Tasikmalaya, hingga Malang, Bali, dan Banjarmasin. Ya, mereka rela datang jauh-jauh dari kampung halaman mereka cuma buat menyaksikan JKT48 perfom peluncuran si smartphone jagoan.

Besarnya komunitas ini tentunya memberikan keuntungan bagi Xiaomi. Para Mi Fans secara tidak langsung telah membangun brand awareness terhadap masyarakat Indonesia lainnya yang masih belum menggunakan Xiaomi. Bahwa, “ini loh ponsel yang banyak dicari itu.” “Ini loh ponsel yang harganya jauh lebih terjangkau, tapi spesifikasinya setara sama Samsung atau Oppo yang kamu pegang saat ini.”

Leave a Reply

Menengok Keadaan Marawi yang Kini Jadi Kota Mati Setelah Diporak-Porandakan Oleh Militan ISIS

Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia