10 Bukti Traveling di Indonesia Sama Dengan Keliling Dunia

oleh Alfry
14:15 PM on Apr 10, 2015

Punya mimpi keliling dunia mengunjungi tempat-tempat populer yang sering lalu-lalang menghiasi layar kaca saat acara traveling? Itu bisa saja Anda wujudkan asalkan memiliki dana yang sangat banyak. Namun bagaimana jika dana traveling hanya pas-pasan sedang keinginan keliling dunia tak tertahan?

Solusinya adalah mengunjungi tempat-tempat di dalam negeri yang memiliki lanskap seperti di negara yang diinginkan. Jangan berkecil hati dulu sebab belum tentu alam Indonesia lebih jelek dibanding luar negeri. Anda akan kaget dan merasa makin mencintai negerimu ketika melihat tempat-tempat berikut ini. Inilah 10 alasan kenapa hanya berkeliling Indonesia sudah bisa menikmati dunia.

Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

1. Gemerlapnya Hongkong Bisa Dinikmati di Jakarta

Salah satu tujuan favorit traveler Indoneisa adalah Hongkong. Berbagai kegiatan bisa dilakukan di kota ini termasuk belanja, bermain di Disneyland serta menikmati gemerlapnya lampu malam Hongkong yang indah.

Suasana Malam Kota Jakarta via Ini Indo
Suasana Malam Kota Jakarta via Ini Indo

Untuk urusan wisata belanja dan lampu kota yang gemerlap Jakarta juga menjadi ahlinya. Pemandangan Jakarta di Malam hari terlihat mirip dengan Hongkong seperti di dalam foto ini tidak ada yang menyangka jika gemerlapnya lampu kota tersebut diambil di salah satu sudut kota Jakarta.

2. Pesisir Pantai Côte d’Azur, Monaco? Ini Selat Lembeh, Bitung, Sulawesi Utara

Masih asing dengan nama negara Monaco? Ini adalah negara terkecil di dunia setelah Vatikan. Yang unik dari negara ini adalah benderanya yang memiliki warna seperti bendera Indonesia yakni merah dan putih. Monaco memiliki berbagai tempat wisata yang keren terutama pantainya.

Selat Lembeh, Bitung via www.iniindo.com
Selat Lembeh, Bitung via www.iniindo.com

Pantai paling mempesona di Monaco adalah pantai Cote d’Azur yang penuh dengan perahu di pantainya. Pemandangan seperti itu bisa Anda dapatkan jika berkunjung ke Selat Lembeh, Bitung, Sulawesi Selatan. Pemandangan kota pesisir dengan kapal-kapal putih bersih di lautnya menjadikan tempat ini mirip sekali dengan Cote d’Azur di Monaco.

3. Merasakan Atmosfir Shanghai di Kampung China, Bogor

Untuk dapat merasakan kehidupan di Shanghai, China tak perlu jauh-jauh ke negara aslinya. Apalagi budget untuk ke China sangat mahal, alternatifnya traveler bisa mengunjungi Kampung China di Kota Bogor. Ini merupakan sebuah tempat rekreasi keluarga yang dibangun khusus menyerupai suasana di negeri China.

Kampung China via Panoramio
Kampung China via Panoramio

Kampung China berada di kawasan Kota Wisata Cibubur. Dari gerbang masuknya saja nuansa China sudah sangat kental terasa. Gapura berwarna merah dengan ornamen khas negeri tirai bambu membuat suasana China makin kental. Belum lagi adanya lampion dan barongsai di sekitar kawasan wisata tersebut, makin berasa di negerinya panda.

4. Keindahan Pantai Tropis nan Eksotis Maladewa Bisa Ditemukan di Gili Trawangan, NTB

Apa yang menarik dari Maladewa? Tentu pantai tropisnya yang keren dengan air jernih plus kehidupan bawah laut yang mengagumkan belum lagi resort mewah di pinggir pantai yang berjajar rapi membuat setiap wisatawan betah berlama-lama di sana.

Gili Trawangan via Tinypic
Gili Trawangan via Tinypic

Namun pemandangan serupa atau malah lebih cantik bisa ditemui di negeri sendiri lho. Coba datang ke Gili Trawangan yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Berada di sana akanmembuatmu seolah-olah sudah berada di Maladewa. Kelebihannya, Gili Trawangan ini terkenal sebagai pulau yang paling bebas polusi, bayangkan saja kendaraan bermotor dilarang masuk ke pulau ini.

5. Merasakan Sensasi Savana Afrika di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

Foto ini di ambil di salah satu Taman Nasional di Afrika? Jika itu yang ada dipikiran Anda maka Anda telah tertipu. Hamparan savana yang menakjubkan ini berada di Taman Nasional Baluran yang ada di Situbondo, Jawa Timur alias masih di negeri sendiri.

Taman Nasional Baluran, Photo by Barry Kusuma
Taman Nasional Baluran, Photo by Barry Kusuma

Lanskapnya yang menyerupai dataran Afrika membuat tempat ini menjadi destinasi wisata yang populer. Ini merupakan salah satu tempat bersafari paling asyik di Indonesia, jia sedang beruntung traveler bisa melihat langsung gerombolan satwa liar yang berlalu lalang. Perpaduan vegetasi savana, hutan mangrove, hutan rawa dan pegunungan menjadikannya tempat yang sangat mirip dengan taman nasional di Afrika.

6. Jembatan Barito, Golden Gate-nya Indonesia

Traveler tentu sangat familiar dengan jembatan berwarna merah menyala dan sering wara-wiri di kalender. Jembatan itu tak lain adalah Golden Gate sebuah jembatan yang sekaligus menjadi ikon San Fransisco, Amerika Serikat.

JEmbatan Barito via hinawan-photographs.deviantart.com
JEmbatan Barito via hinawan-photographs.deviantart.com

Jika ingin merasakan sensasi menyeberang di Golden Gate tidak perlu jauh-jauh ke negeri Paman Sam. Cukup datang ke Kalimantan saja, di sana terdapat jembatan yang serupa dengan Golden Gate di Amerika namanya Jembatan Barito. Konsep jembatan yang ada di Kabupaten Barito Kuala ini mengadopsi bentuk Golden Gate jadi tak heran strukturnya mirip sekali dengan yang ada di Amerika.

7. Keindahan Alam Selandia Baru ada di Pulau Komodo

Selain terkenal dengan keberadaan satwa purba berupa komodo, Pulau Komodo juga terkenal dengan kekayaan alamnya yang menakjubkan. Jika diperhatikan karakteristik alam Pulau Komodo mirip sekali dengan alam di Selandia Baru.

Pulau Komodo via justtruesomething.blogspot.com
Pulau Komodo via justtruesomething.blogspot.com

Jika saja sutradara film Lor of The Rings atau bahkan Jurassic Park pernah mengunjungi pulau ini bukan hal yang mustahil jika salah satu adegan film tersebut akan dilakukan di sini. Sebab Pulau Komodo juga memiliki bukit-bukit yang diselimuti rumput hijau tebal plus jajaran gunung yang nampak seperti di taman Jurassic.

8. Raja Ampat, Papua, Kawasan yang Mirip Phuket tapi lebih Keren

Siapa yang bilang surga pesisir pantai hanya bisa ditemukan di Phuket, Thailand? Mungkin Anda belum pernah jalan-jalan ke Raja Ampat di Papua. Di sana Anda akan menemukan pemandangan yang mirip dengan Phuket mungkin malah lebih indah.

Raja Ampat via Indonesia Travel
Raja Ampat via Indonesia Travel

Karakteristik pantai-pantai di kawasan Phuket seperti air laut yang jernih dan pulau-pulau berbukit hijau semua ada di Raja Ampat. Sayangnya biaya menuju Raja Ampat kurang ramah bagi backpacker soalnya letaknya jauh di ujung timur Indonesia.

9. Belanja ala Pasar Terapung Chao Phraya di Thailand bisa dilakukan di Banjarmasin

Jika ke Bangkok, Thailand salah satu tempat yang sering didatangi adalah pasar apung Chao Phraya. Nah sensasi belanja di atas parahu ini juga bisa Anda lakukan di Indonesia. Tidak percaya? Datang saja ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tepat di sungai Kuin Anda akan menemukan Pasar Apung Chao Phraya ala Indonesia.

Pasar Terapung via anekatempatwisata.com
Pasar Terapung via anekatempatwisata.com

Pasar terapug menjadi salah satu ciri khas wisata Kalimantan Selatan. Segala aktifitas jual beli dilakukan di atas perahu. Pasar ini mulai ramai saat subuh dan ini juga merupakan waktu yang tepat untuk hunting belanjaan di pasar apung. Selain menjual kebutuhan pokok di sana juga terdapat penjual soto banjar, makanan khas Banjarmasin.

10. Bermain Salju di Pegunungan Alpen Bisa Dilakukan di Puncak Jaya, Papua

Keindahan pegunungan Alpen memang mampu menjadi magnet banyak turis. Tapi hamparan salju seperti di pegunungan Alpen bisa dijumpai di Indonesia lho, tepatnya di puncak Jayawijaya, Papua. Berada di sana seperti sedang ada di Pegunungan Alpen sungguhan.

Puncak Jaya via artikelbandem.blogspot.com
Puncak Jaya via artikelbandem.blogspot.com

Inilah salah satu tempat paling unik di Indonesia. Meski statusnya sebagai negara tropis namun salju dapat ditemukan di negara ini dan satu-satunya tempat yang diselimuti salju adalah Puncak Jaya ini. Kerennya lagi, puncak Jaya menjadi salah satu dari seven summit alias tujuh puncak tertinggi di dunia, maka tak heran jika pegunungan ini menjadi favorit para pendaki dunia.

Nah itulah beberapa alasan kenapa traveling ke Indonesia sama dengan mengelilingi dunia, sebab dalam satu negara para traveler bisa menemukan pemandangan dari berbagai penjuru dunia. Keren!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA