7 Alasan Indonesia Layak Dianggap Keren

oleh Riris Permatasari
07:05 AM on Mar 10, 2016

Siapa bilang Indonesia negeri yang sangat buruk dan tidak bernilai di mata dunia? Sementara kalian mengutuki negara sendiri, sebenarnya bangsa luar sedang berdecak kagum melihat segala potensi yang ada di tanah air ini. Tanpa disadari, ternyata Indonesia memiliki sejuta potensi dan nilai positif yang membuat negara lain minder.

Sebagian besar bangsa Indonesia tidak menyadari bahwa kekayaan alam kita sebenarnya sangat melimpah. Selain itu, sumber daya manusia dan keanekaragaman suku bangsa di dalamnya juga terbukti mendatangkan sanjungan dan rasa respect. Dalam beberapa hal, ternyata Indonesia juga berhasil memecahkan rekor dunia. Rekor apa saja yang kini dimiliki Indonesia? Berikut ulasannya!

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

1. Negara Kepulauan Terbesar

Seluruh warga negara tahu bahwa Indonesia adalah sebuah negara kepulauan. Tapi mungkin tak semua orang tahu bahwa pulau-pulau kecil ini ternyata membawa tanah air kita pada predikat negara kepulauan terbesar dunia.

Negara Kepulauan [ Image Source ]

Tak kurang dari 17.504 pulau tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Dari jumlah tersebut, sekitar 6000 pulau masih belum berpenghuni, sedangkan lebih dari 9000 lainnya masih belum diberi nama. Selain itu, Indonesia juga memiliki sejumlah pulau-pulau besar seperti Kalimantan, yang dinobatkan sebagai pulau terbesar ketiga dunia, yang disusul oleh Sumatera dan Papua.

2. Tambang Emas Terbesar

Emas adalah logam paling mulia dan memiliki harga sangat tinggi. Selama ini, emas dikenal sebagai simbol kekayaan dan kesuksesan seseorang. Bahkan, selain rumah, emas juga dianggap sebagai barang investasi yang sangat menjanjikan. Tapi tahukah kalian bahwa logam paling dicari di bumi ini ternyata banyak berasal dari Indonesia?

Tambang Emas [ Image Source ]

Adalah Grasberg, Papua, lokasi yang disebut-sebut sebagai tambang emas paling besar di dunia. Dikelola oleh PT Freeport Indonesia, lokasi ini berhasil memberikan supply miliaran ons emas yang didistribusikan ke seluruh dunia. Selain emas, kawasan ini juga menghasilkan berbagai mineral berharga yang harusnya bisa memperkaya bangsa Indonesia.

3. Penghasil Gas Terbesar

20 persen dari gas alam cair dunia adalah suplai dari Indonesia. Selain itu, jika dibandingkan dengan negara lain yang ada di seluruh penjuru dunia, negeri kita dikenal memiliki cadangan gas alam terbesar dunia. Tambang gas alam sendiri terdapat di kepulauan Natuna, dengan jumlah kandungan mencapai triliunan meter kubik. Luar biasa bukan?

Penghasil Gas [ Image Source ]

4. Kopi Termahal Dunia

Siapa sangka bahwa kopi Luwak yang selama ini kita nikmati ternyata dihargai sangat tinggi oleh negara lain. Selain rasanya nikmat, kopi ini juga dikenal sangat ramah untuk penderita maag dan asam lambung.

kopi Luwak [ Image Source ]

Proses pembuatannya pun sangat unik karena dipilih dari kotoran hewan luwak, kemudian diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa kopi yang sangat disukai seluruh dunia. Di luar negeri, kopi luwak adalah minuman yang sangat mewah, bahkan harganya jauh lebih mahal dari seluruh kopi yang ada di dunia.

5. Muslim Terbanyak Dunia

Indonesia memang bukan negara Islam, ataupun negeri tempat lahirnya agama tersebut. Namun secara tak terduga, jumlah muslim di negara ini ternyata jauh melebihi negara-negara seperti Arab yang identik dengan Muslim. Berdasarkan sensus tahun 2010, 88 persen penduduk Indonesia adalah Muslim. Dampaknya, Indonesia juga memiliki jumlah masjid terbanyak di dunia. Tidak heran jika saat musim ibadah haji, jamaal asal Indonesia selalu berjumlah paling banyak dibanding negara lain.

Agama islam [ Image Source ]

6. Suku dan Bahasa Terbanyak

Salah satu yang menjadi kebanggaan Indonesia adalah keanekaragaman yang ada di dalamnya. Karena lokasinya yang terpisah dan terdiri dari banyak pulau, suku bangsa dan adat istiadat yang diusung pun berbeda-beda. Alhasil, Indonesia pun menjelma menjadi negara dengan jumlah suku bangsa terbanyak. Tidak kurang dari 750 suku yang mendiami berbagai kawasan di Indonesia.

Suku dan Bahasa [ Image Source ]

Dampak dari beraneka ragamnya suku bangsa itu adalah penggunaan berbagai bahasa yang berbeda. Jika ditotal, ada setidaknya 583 bahasa yang digunakan di berbagai daerah. Hampir setiap daerah memiliki bahasa dan dialek yang berlainan satu sama lain. Untuk menyatukannya, bahasa Indonesia pun dipilih menjadi bahasa persatuan. Kondisi inilah yang memunculkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tetap satu jua.

7. Keajaiban Dunia

Dari tujuh keajaiban yang diakui dunia, ternyata nama Indonesia masuk menjadi salah satunya. Adalah candi Borobudur yang dianggap sebagai monumen terbesar dunia, dengan tinggi 42 meter dan panjang relief 1 km. Candi ini dibangun dalam kurun waktu 40 tahun oleh dinasti Syailendra di masa kerajaan Mataram Kuno. Sempat terkubur ratusan tahun, akhirnya bangunan ini menjadi salah satu bukti tingginya peradaban Indonesia di masa lalu.