Sebelum Ramadan Berakhir, 5 Hal Remeh Ini Bikin Puasamu Nggak Ada Artinya

oleh Rizal
08:00 AM on Jun 27, 2016

Puasa itu nggak hanya tentang lapar dan haus saja, tapi juga soal menjaga diri dari hal yang membatalkan pahalanya. Memang susah untuk yang satu itu karena tanpa sadar kita sering melakukannya. Padahal cukup disayangkan kalau sampai terjadi. Karena usaha menahan susahnya berlapar dan berhaus ria pun nggak ada esensi alias pahalanya.

Seringkali hal-hal yang bikin puasa nggak ada artinya adalah dari hal-hal kecil dan remeh yang kita lakukan tanpa sadar. Misalnya emosi lihat ibu-ibu pakai matic yang  sein kanan tapi beloknya kiri, atau mungkin melihat sesuatu yang bikin kita tiba-tiba merasa panas, entah mbak-mbak cantik atau ibu-ibu lucu. Fix, meskipun kita nggak benar-benar sengaja, tapi hal-hal kecil macam begitu bisa bikin puasa nol pahalanya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Ada baiknya mulai sekarang kita selalu aware dengan hal-hal kecil di sekitar. Terutama yang berpotensi bikin puasa nggak ada pahalanya. Mungkin misalnya hal-hal kecil berikut.

1. Mainan Sosmed

Bersosmed ria bisa dibilang hal yang bagus untuk dilakukan ketika puasa. Saling tanya kabar alias silaturahmi virtual, diskusi hal-hal yang berbau Islam, atau saling share konten puasa. Sosmed memang ada manfaatnya, tapi kita juga harus selalu sadar kalau media sosial juga menawarkan banyak hal yang bikin puasa nggak ada pahalanya.

Facebookan [Image Source]
Facebookan [Image Source]
Ada banyak hal di sosmed yang berpotensi bikin puasa batal. Misal, ada postingan bernada sindiran, ada foto-foto atau kronologi yang memicu emosi, atau parahnya nggak sengaja melihat foto-foto seksi. Yang macam begitu susah sekali untuk tak dilihat. Makanya berhati-hati saja, atau kalau mau aman nggak usah main sosmed sampai sebulan ke depan.

2. Bermain Game

Main game adalah salah satu alternatif termudah yang bisa dilakukan saat berpuasa. Asyiknya main game bisa bikin lapar bisa sedikit dilupakan. Tapi, meskipun mengasyikkan dan bermanfaat, tapi di satu sisi game juga malah bisa bikin puasa nggak ada artinya.

Main game [Image Source]
Main game [Image Source]
Game bisa bikin puasa nol pahalanya. Misalnya saja game yang bisa memicu emosi sampai yang menampilkan gambar atau karakter-karakter tertentu. Game sih oke banget pas puasa, tapi pastikan kalau yang dimainkan itu nggak bikin pahala puasa raib.

3. Ngobrol

Yup, hal sesimple ngobrol ternyata berpotensi bikin puasa batal. Memang awalnya mungkin hanya saling bercakap-cakap biasa, tapi lama-kelamaan pasti akan meruncing ke bahasan tertentu. Mulai ngobrolin artis sampai temen sendiri. Kalau inspiratif sih nggak masalah, tapi kebanyakan obrolan yang semacam itu nggak ada isinya.

Bergosip ria [Image Source]
Bergosip ria [Image Source]
Bercengkrama dan bersosialisasi saat puasa itu penting juga, tapi jangan sampai hal tersebut bikin puasa kita nggak ada artinya. Nah, untuk mengatasi hal ini, kita bisa melakukan berbagai cara. Salah satunya ya membawa obrolan ke arah yang positif. Tapi jujur saja hal tersebut kadang memang sangat susah.

4. Internetan

Sambil nungguin buka, main internet adalah yang terbaik. Ya, lewat dunia maya kita bisa melakukan apa pun dan mencari segala hal yang kita ingin kan. Pokoknya segala hal yang bisa membunuh waktu bisa kita dapatkan.

Ilustrasi internetan [Image Source]
Ilustrasi internetan [Image Source]
Internet bisa menyajikan hal-hal yang positif dan membuat nilai pahala makin bertambah-tambah. Baca ulasan tausiah, nonton Youtube kajian para ustadz, atau mencari tahu tempat-tempat bersejarah Islam. Nah, sebaliknya, internet juga bisa membuat puasa ancur-ancuran. Kalau yang satu ini, mungkin kamu sudah cukup tahu apa maksudnya.

5. Nonton Televisi

Meskipun sekarang ini sudah jarang sekali anak-anak muda yang nonton TV, tapi tetep kalau puasa televisi lah sumber hiburan utama. Memang bener banget sih, televisi bisa bikin kita lupa sejenak akan rasa lapar. Tapi, meskipun demikian, nonton televisi pas Ramadhan bukan berarti seratus persen aman, meskipun sudah banyak tayangan yang disaring.

Ilustrasi nonton tv [Image Source]
Ilustrasi nonton tv [Image Source]
Meskipun iklan dan tayangan sudah syariah semua, tapi pasti ada satu dua scene atau gambar yang tidak patut dan lolos sensor. Yang macam begini bisa bikin puasa nol besar. Belum lagi acara-acara komedi live yang seringkali melempar guyonan-guyonan tak patut yang juga bisa bikin puasa nggak ada artinya.

Jangan anggap remeh aktivitas-aktivitas enteng yang menurut kita biasa-biasa. Pasalnya, itu justru berpotensi bikin puasa batal. Main games, sosmed, internet, nonton TV, mungkin hal sepele, tapi kalau kita nggak bisa maintain maka risikonya bikin puasa nol besar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA