Aktivis Anti Korupsi Menjadi Korban Penembakan OTD

oleh venny
11:34 AM on Jan 22, 2015

Seorang aktivis anti korupsi di Bangkalan, Madura menjadi korban tembak oleh orang tak dikenal. Mathur Husyairi (47) ditembak di depan rumahnya Jalan Teuku Umar, Kota Bangkalan, Selasa (20/1/2015) dini hari oleh 2 orang tak dikenal. Kejadian ini mengundang keprihatinan dari KPK dan Komnas HAM.

Penembakan yang menimpa Mathur ini  blm diketahui siapa pelakunya maupun apa motifnya, namun kejadian ini diduga ada  hubungannya dengan kasus korupsi yang pernah di laporkannya ke KPK.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Mathur Husyairi, aktivis anti korupsi Bangkalan yang ditembak di depan rumahnya
Mathur Husyairi, aktivis anti korupsi Bangkalan yang ditembak di depan rumahnya

Komnas HAM menanggapi kasus ini dengan penuh keprihatinan serta berupaya membantu mencari informasi mengenai penembakan yang mengakibatkan mathur mengalami luka tembak di pinggang dan menjalani operasi di RSUD dr. Soetomo Surabaya.

Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution menilai kasus ini dapat menjadi teror yang membuat orang takut menyingkap kasus-kasus korupsi yang terjadi.

“(1) Ada upaya menghilangkan hak hidup orang lain, (2) Ada pesan kuat syiar ketakutan dan rasa aman terhadap warga negara khususnya terhadap aktivis prodemokrasi, (3) Komnas HAM memandang Tipikor adalah berimplikasi terhadap pelanggaran HAM,” jelas Maneger.

“Ini bukan kriminal biasa karena tidak ada barang yang dicuri misalnya, ini adalah peristiwa kemanusiaan. Dengan demikian penembakan Mathur juga ancaman terhadap pegiat HAM. Untuk itu Polri harus mengusut dan menuntaskan kasus ini dengan profesional dan mandiri,” tutup Maneger.

Hingga saat ini polisi masih berupaya mengusut kasus yang menimpa Mathur, Direktur LSM CIDe dan Sekjen Madura Corruption Watch.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri
BACA JUGA