Dari sekian banyak pebulutangkis Indonesia berlaga di Asian Games, Kevin Sanjaya bisa dibilang merupakan atlet yang memiliki prestasi luar biasa. Saking hebatnya di tahun ini sampai bulan Agustus, ia dan pasangannya Marcus Gideon sudah menjuarai 15 kejuaraan berbeda. Terbaru, adalah Selasa (28/8) ketika dirinya sukses merebut emas di nomor ganda perorangan Asian Games.

Namun tahukah kalian, di balik kegemilangan pemuda Banyuwangi tersebut, selalu terselip aksi tengil dan gila. Seperti saat di final kemarin, ia tiba-tiba ganti raket di tengah sebuah pertandingan yang menegangkan. Bila di lihat ke belakang ulah gila Kevin semacam itu bukanlah yang pertama. Sebelumnya ia juga lakukan hal serupa di beberapa kejuaraan bulutangkis dunia. Seperti apakah itu? Untuk mengetahui simak ulasannya berikut.

Melepaskan bola out (keluar) dengan sabetan angin

Dari beragam aksi tengil yang dimiliki oleh Kevin Sanjaya , ulah sabetan angin ini bisa dibilang adalah yang paling sering digunakannya. Kendati bukan jurus pamungkas, namun berkat hal tersebut ia sukses menciptakan pertandingan yang lebih seru lagi. Bahkan tak jarang lawan dibuat naik pitam oleh aksi satu ini. Jurus sabetan angin akan dikeluarkan ketika satelkok dari lawan yang sudah dirasa fix keluar.

Aksi Kevin sabetan angin [Sumber Gambar]
Saat praktiknya pasangan Marcus Gideon ini akan melompat seperti mengambil bola, namun ternyata malah melepasnya begitu saja. Tidak itu saja, ketika melakukan ulah tersebut Kevin juga kerap menunjukkan ekspresi wajah yang ngeselin. Kombinasi yang bisa dibilang pas untuk membuat darah lawan meletup-letup layaknya bom ingin meledak.

Kerap melakukan smash cuek untuk membunuh lawannya

Entah dari mana aksi satu ini muncul dan kini melekat di diri Kevin. Namun yang pasti lewat ulah tersebut ia sukses memukul mundur pasangan ganda Jepang Inoue Takuto/Kaneko Yuki di laga Asian Games 2018 beberapa hari lalu.

Dibumbui dengan sebuah jual beli serangan (relly) di game ketiga, pemuda asal Banyuwangi ini melakukan serangan pamungkas dengan smash tanpa melihat atau bahasa jawanya ‘ora nyawang’. Seperti memiliki mata dewa satelkok yang ditembakkannya tersebut sukses masuk di area pemain Jepang. Apabila kalian memiliki kuota data lebih bisa melihat hebatnya smash itu di video berikut. Awas kaget terguling-guling sampai Eropa.

Melakukan jurus raket mengudara di pertandingan  Superseries

Selama berkiprah di jagad dunia bulutangkis aksi Kevin yang membuat orang geleng kepala ternyata tidak hanya dua hal tadi saja. Pemuda berperawakan Chinese itu masih mempunyai ulah yang tak kalah membuat orang tercengang. Kegilaannya tersebut tersaji di kejuaraan Superseries 2017.

Kevin Raket terbang [Sumber Gambar]
Berlaga di partai final ia mengeluarkan sebuah tingkah yang disebut banyak penonton sebagai jurus ‘raket terbang’. Ketika itu raket yang dipegang oleh pria Banyuwangi ini melambung di udara ketika tengah pertandingan sengit menghadapi Liu/Zhang. Namun untung, saat kejadian tersebut dirinya bisa cepat mengambil lagi benda perangnya itu dan langsung melanjutkan pertandingan. Meski hal tersebut merupakan ketidaksengajaan, namun di akhir laga kompetisi Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon sukses menjadi juaranya.

Menghilang di tengah pertandingan kelas dunia All England 2018

Selain aksi mengambil raket di tengah pertandingan final Asian Games 2018 ulah Kevin semacam itu juga pernah terjadi di kejuaraan All England 2018. Kala itu saat pertandingan babak semifinal menghadapi pasangan ganda Denmark yakni Mads Conrad-Petersen dan Mads Pieler Kolding, ia berlari ke pinggir lapangan mengambil raket yang baru.

Kevin menghilang di tengah lapangan [Sumber Gambar]
Bila dibandingkan dengan sekarang kejadian saat itu bisa dibilang lebih sulit. Pasalnya, ia harus mendapati raketnya yang masih ada di dalam tas. Tapi seperti yang sudah-sudah berkat kesiapan pasangannya yakni Marcus Gideon, ulah Kevin tersebut selalu bisa terselamatkan. Pertandingan ini sendiri pada akhirnya dimenangkan oleh pasangan gada tersebut dengan perlawanan yang sengit. Syukur alhamdulillah ya sobat.

Melihat beberapa ulasan tadi aksi Kevin memanglah layak dimasukkan kategori gila dan luar biasa. Pebulutangkis dunia macam Taufik Hidayat atau Lin Dan pun belum tentu berani menirukan ulah pemuda Banyuwangi tersebut. Kendati tengil dan kerap membuat lawan naik pitam, namun Kevin tetaplah orang menjunjung tinggi nilai sportifitas. Hal ini dibuktikan dengan menaruh respect terhadap lawan ketika berada di luar lapangan.