Kalau berbicara mengenai Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, rasanya sosok tersebut seperti tidak pernah ada habisnya menghiasi pemberitaan media. Aksinya yang selalu pro terhadap orang kecil menjadikan wanita satu ini dipandang sebagai figur hebat. Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau banyak orang berharap kalau ia terus menjabat sebagai menteri ke depannya.

Masih berbicara tentang menteri yang doyan ngopi tersebut, baru-baru ini ia melakukan sebuah aksi mulia yang sangar abis. Bu Susi rela menjadi model dadakan yang ‘berlengak-lengok’ di lantai catwalk untuk bisa sumbang 10 perahu kepada nelayan di Palu, Donggala, dan Sigi. Luar biasa bukan? Memang wanita layak diacungi beribu jempol. Apa yang dilakukannya tadi ternyata bukan kali pertama masih banyak kali aksi hebatnya yang amatlah pro rakyat. Dan berikut Boombastis berikan buktinya.

Menghabisi para pencuri ikan yang masuk wilayah Indonesia

Kapal ditenggelamkan [Sumber Gambar]
Jika ditanya mengenai sosok satu ini apa yang ada dalam pikiranmu? Ya, betul sekali jargon “tenggelamkan” sebagai menteri bukan rahasia lagi jika ia begitu tegas bila dihadapkan dalam urusan pencurian ikan. Seperti menjadi bentuk komitmennya untuk menjaga lautan Indonesia agar tetap manfaatnya dirasakan nelayan tanah air, Bu Susi kini sudah “menghabisi” banyak sekali kapal para pencuri ikan. Melansir laman Wartaekonomi.co.id, semenjak empat tahun ia menjabat sudah 488 kapal yang ditenggelamkan. Dengan hal tersebut konon katanya pertumbuhan PDB ikan kita meningkat.

Sempat gelontorkan dana 100 miliar untuk pulau kecil dan terluar

Bu Susi peduli pulau [Sumber Gambar]
Tidak berhenti dalam urusan melindungi lautan dari pencuri ikan, Bu Susi ternyata juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap wilayah kepulauan kecil dan terluar Indonesia. Dilansir laman Kompas.com, pada tahun 2015 lalu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelontorkan Rp 100 miliar per pulau untuk mewujudkan hal tersebut. Hal ini sendiri dilakukan, lantaran menganggap wilayah yang masuk dalam kategori tersebut merupakan bagian penting dari negara untuk kesatuan NKRI. Selain itu, menurut Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja, pulau juga memiliki peran tiga peran strategis yakni geografis, politik, dan ekonomi. Berkaca dari hal tersebut tentu mereka yang ada di pinggiran negeri ini akan lebih sejahtera lagi hidupnya.

Berikan sebuah asuransi untuk para nelayan

Memberikan Asuransi [Sumber Gambar]
Selain beberapa hal tadi, aksi sangar dari perempuan 53 tahun ini juga terlihat dalam urusan program asuransi terhadap nelayan. Menurutnya yang dikutip dari laman Kumparan, dengan hal tersebut nelayan tidak akan takut lagi untuk melaut. Pasalnya, Asuransi akan memberikan perlindungan kepada para nelayan berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Haru Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kematian (JKM). Hal ini tentu menjadi sebuah kebijakan yang bagus, lantaran bisa membentengi para pekerja di bidang air dari bahaya dan kemiskinan hari tua yang bisa saja mengancam kehidupan mereka. Bu Susi, sendiri menargetkan akan ada 1 juta nelayan yang akan mendapatkan asuransi.

Membentengi para pekerja sektor perikanan dan kelautan dengan HAM

Bu Susi Warga [Sumber Gambar]
Masih berbicara tentang perlindungan kepada nelayan atau pekerja dalam sektor ini, Susi Pudjiastuti juga mempunyai gebrakan dengan perlindungan HAM. Lewat peraturan pemerintah Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) No 35 Tahun 2015, mereka yang bekerja di sektor kelautan dan perikanan akan dijaga hak asasinya. Kebijakan ini sendiri dibuat lantaran menurut Bu Susi yang dikutip laman Kompas.com, sektor kelautan dan perikanan sangat rentan tindak pelanggaran HAM. Seperti halnya asuransi tadi, aturan ini juga bisa dibilang baik untuk nelayan karena menjaga mereka dari hal-hal buruk.

Aksi hebat yang ditunjukkan oleh Susi Pudjiastuti adalah sedikit gambaran bagaimana hebatnya pejabat Indonesia. Meski bukan sosok yang sempurna, tapi setidaknya banyak kerjanya ditunjukkan untuk kepentingan rakyat. Besar harapan kalau bangsa ini ke depan akan semakin banyak muncul srikandi-srikadi pro rakyat macam Bu Susi.