Aksi Presiden Jokowi Mendongeng ‘Lutung Kasarung’ untuk Anak Sekolah di Istana Ini Tuai Pujian

Aksi Jokowi kali ini memang patut diacungi jempol, kapan lagi anak-anak bisa datang ke istana untuk mengengarkan presiden mendongeng

oleh Faradina
12:00 PM on May 18, 2017

Memang benar sepertinya bila banyak pendapat menyatakan bahwa presiden Indonesia kali ini merupakan sosok yang amat dekat dengan masyarakat. Selain karena seringnya beliau mengadakan kunjungan ke daerah-daerah, ataupun unggahan vlognya agar lebih dekat dengan anak muda, masih banyak lagi bentuk interaksi sang presiden dengan masyarakat. Contoh lainnya adalah saat beliau membacakan dongeng untuk anak-anak di Istana.

Kalau sebelumnya mungkin belum ada kegiatan yang melibatkan anak-anak dalam perayaan Hari Buku Nasional di setiap tahunnya, nampaknya 2017 ini adalah momen yang berbeda. Pada Hari Buku Nasional tahun ini orang nomer satu di Indonesia ternyata sudah menyiapkan acara seru bersama anak-anak sekolah di Istana Kepresidenan. Bahkan sang presiden tampak tak canggung mendongeng untuk anak-anak lho.

Baca Juga
Inilah 10 Meme, “Yang, di Rumah Lagi Sepi” Dijamin Bikin Kamu Ngakak Sekaligus Gagal Fokus
Inilah Kabar 5 Personel Westlife, Boyband Berkualitas yang Pernah Digilai Kids Zaman Old

Presiden mengundang ratusan anak sekolah ke istana

Ada sesuatu yang berbeda nampak di halaman Istana Kepresidenan pada perayaan hari buku kemarin. Pasalnya ada banyak sekali anak sekolah yang berduyun-duyun datang dan berkumpul di sana. Ternyata mereka berkunjung ke istana bukan untuk acara study tour, melainkan memenuhi undangan Presiden Jokowi. Ada sekitar 500 siswa SD dan SMP dikumpulkan di halaman antara Istana Negara dan Istana Merdeka untuk bersama memperingati Hari Buku Nasional.

Mengundang ratusan anak [image source]
Acara yang dibawakan Najwa Shihab selaku Duta Baca Indonesia ini tampak meriah dengan kehadiran beberapa menteri dari kabinet Jokowi. Dan ternyata agenda perayaan yang melibatkan presiden beserta anak-anak ini memang baru perdana diadakan di istana. Jadi anak-anak yang berasal dari beberapa sekolah di Jakarta itu patut berbangga karena bisa menghadiri acara sederhana nan akrab tersebut.

Dari banyaknya penampilan, tak lupa sang presiden turut mendongeng di sana

Acara tersebut terlihat sangat meriah dengan adanya beberapa pertunjukan untuk menghibur anak-anak. Mulai dari permainan sulap yang memecahkan tawa anak-anak, sampai pembacaan dongeng dari Joko tentang Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Eits, Joko di sini bukan Presiden Jokowi ya melainkan salah satu pendongeng di Indonesia. Baru setelah itu Najwa Shihab mempersilakan Presiden Jokowi duduk mendekati anak-anak untuk juga membacakan dongeng.

Dongeng presiden [image source]
Cerita yang dipilih Jokowi saat itu adalah kisah Lutung Kasarung. Dongeng dari Presiden terbukti berhasil menyihir anak-anak yang mendengarkannya. Tidak jarang orang nomer satu di Indonesia ini membubuhkan celetukan-celetukan kocak yang memecahkan tawa anak-anak. Sang presiden sendiri sempat mengakui bahwa dia tak begitu ahli dalam mendongeng namun saat kecil kakeknya sering membacakan beliau cerita-cerita rakyat. Terlepas dari pengakuan tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menuturkan bahwa aksi dongeng sang presiden sama sekali tak kalah dengan pendongeng profesional. Dan ya memang bisa dilihat bahwa sang presiden sangat piawai dan tidak ada raut keraguan ketika beraksi.

Ada harapan yang terselip dari acara tersebut

Acara yang berlangsung dengan sangat ceria dan hangat itu tentunya juga menyimpan pesan tersendiri dari sang presiden. Menurut beliau, Indonesia ini merupakan negara yang kaya akan dongeng ataupun cerita rakyat. Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai cerita rakyat masing-masing, mulai dari Malin Kundang sampai Raja Ampat. Oleh karena itu beliau mengungkapkan bahwa cerita yang semacam itulah harusnya dikenalkan pada anak-anak salah satunya agar minat baca mereka makin bertambah juga.

Harapan presiden [image source]
Tak lupa pula presiden meminta pada Pak Muhadjir untuk menyebarkan dan menyampaikan cerita-cerita Nusantara kepada anak-anak sedini mungkin. Hal tersebut tak lain supaya anak-anak bisa mempelajari tentang nilai moral, etika, kesantunan, kejujuran, dan keberanian dari cerita-cerita tersebut. Memang benar apa yang dibicarakan presiden, bahwa cerita rakyat Indonesia syarat akan berbagai pesan positif yang sangat cocok dibaca oleh anak-anak.

Makna di balik dongeng yang dibacakan Jokowi

Tidak hanya sekedar membacakan dongeng, Pak Jokowi juga menyampaikan apa makna dari cerita Lutung Kasarung pada anak-anak. Layaknya seorang bapak yang sedang menasihati anak-anaknya, pak presiden berkata agar anak-anak berkerja keras dalam mengejar cita-cita mereka. Tak lupa juga mereka harus rajin belajar dan tidak berbuat curang. Sebagai sesama manusia kita juga tidak sepantasnya menghina orang lain dan menjelek-jelekkan teman. Dan tentu saja harus saling membantu sesama teman.

Setelah menyampaikan pesan dari dongeng, sang presiden tentu saja tidak lupa menjalankan agenda rutin yaitu membagikan sepeda. Pertama Jokowi meminta dua siswa maju untuk membaca dongeng di hadapan semua undangan, setelah itu ada pula beberapa pelajar yang diberi tantangan untuk menjawab pertanyaan agar bisa membawa pulang sepeda. Total ada enam sepeda yang dibagikan Presiden Jokowi pada kesempatan kali itu.

Tindakan orang nomer satu di Indonesia saat perayaan Hari Buku Nasional kemarin memang patut diacungi jempol. Pasalnya kapan lagi para pelajar punya kesempatan mendengarkan dongeng langsung dari presiden di Istana Kenegaraan, ya kan? Meskipun Pak Jokowi mengaku kurang percaya diri dengan kemampuan mendongengnya tapi apa yang beliau lakukan benar-benar menuai pujian dari sang menteri pendidikan maupun masyarakat luas. Ditunggu edisi mendongeng selanjutnya Pak Jokowi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam
BACA JUGA