in

Jangan Tidur Berbantal Lengan Terlalu Sering, Akibatnya Bisa Fatal Bagi Kesehatan

Sering kita lihat kalau banyak orang yang tidur dengan menggunakan lengan sebagai bantalnya. Biasanya pemandangan seperti itu kita lihat di sekolah ataupun kantor. Mereka memakai lengan bukan tanpa alasan, tapi karena tidak adanya bantal pada saat itu. Apalagi kalau lengannya berisi, bisa-bisa tidurnya lebih dari dua jam lamanya.

Namun, walaupun tidur seperti itu sangatlah nyaman tapi ada efek samping di baliknya. Kalau itu dilakukan terus menerus, maka syaraf pada tangan bisa rusak dan ada efek buruk lainnya. Banyak lho yang mengalami kasus ini, ya meskipun belum terjadi di Indonesia.

Tidur menggunakan lengan [Sumber Gambar]
Hal tersebut sudah dialami baru-baru ini oleh Zhang. Wanita asal Harbin, Tiongkok tersebut harus menjalani operasi karena syaraf di lengan kirinya rusak. Ini karena dia tidur lebih dari satu jam dengan posisi lengan kiri sebagai bantalnya. Parahnya lagi, wanita berkulit putih ini hampir setiap hari melakukan metode tidur yang jelas-jelas sangat tidak sehat tersebut.

Awalnya sih Zhang hanya merasakan kesemutan saja pada lengan kirinya. Mungkin yang paling gawat hanyalah sampai mati rasa. Namun, mati rasa itu cuma berlangsung beberapa menit saja dan akan kembali seperti semula. Akan tetapi, setelah ia melakukan hal tersebut selama tiga bulan, Zhang mulai merasakan tangannya tidak bekerja normal seperti biasa. Dia bahkan kesulitan untuk mengambil barang menggunakan tangan kirinya. Setelah diperiksakan ke dokter, ya benar saja kalau syaraf radial pada tangan kiri Zhang telah tersumbat karena mengalami tekanan yang cukup lama.

Zhang yang menderita kerusakan syaraf [Sumber Gambar]

Mungkin kalian bertanya, fungsi dari syaraf radial itu apa. Ya, bagian tubuh tersebut mempunyai tugas untuk mengontrol gerakan pergelangan tangan dan jari. Kalau kita terus melipat lengan untuk digunakan sebagai bantal, maka syaraf itu akan menjadi bengkak dan lama-lama menyebabkan mati rasa. Bahkan, pergelangan tangan akan ikut melemah juga Saboom. Maka dari itu, untuk menyembuhkannya hanya dengan jalan operasi saja.

Nah, itu adalah salah satu contoh fenomena yang terjadi akibat tidur menggunakan lengan. Akan tetapi ada dampak lain lagi yang terjadi akibat tidur dengan gaya seperti itu lho. Efeknya adalah bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Lalu, dampak buruk lainnya yaitu sistem pencernaan mengalami komplikasi dan dapat membatasi aliran darah ke otak. Itu semua disebabkan karena posisi tidur kita yang salah. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan pernah tidur berbantal lengan ya. Jangan sampai kita menjadi korban selanjutnya setelah Zhang.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Nostalgia 5 Produk Wajib yang Mesti Dipakai Anak 90-an Biar Gaul dan Kece, Pernah Punya?

5 Fakta Azzim Aziz, Desainer Terkenal Malaysia di Balik ‘Hijab Pocong’ yang Panen Kritik