in

Sering Jadi Kebiasaan, Inilah Bahaya di Balik Nyamannya Mengucek Mata Menggunakan Tangan

Ketika mata gatal pasti kalian secara otomatis langsung menggosoknya dengan tangan. Selain praktis, mengusap mata dengan tangan memang sangatlah enak. Bahkan, mengucek mata dengan gaya seperti itu malah membuat orang-orang ketagihan. Lihat saja, banyak orang yang menghabiskan waktu lama untuk menggosok indra penglihatannya dengan tangan karena saking enaknya.

Namun, di balik kenyamanannya ternyata ada dampak buruknya juga lho. Mungkin itu tidak akan bisa terlihat secara langsung, tapi efeknya dalam jangka panjang. Kalau tidak percaya, lihat saja ulasan berikut ini.

Bisa menyebabkan tekanan keras pada mata yang bisa memperburuk penglihatan

Mata akan lebih tertekan [Sumber Gambar]
Mengucek mata menggunakan tangan walaupun nikmatnya tiada tara, tapi ada bahayanya juga lho. Salah satunya adalah bisa membuat mata menjadi tertekan. Bukan tekanan batin, tapi gaya gosokan kita yang terlalu keras bisa membuat indra penglihatan menjadi lebih buruk. Bisa dibilang, bola mata akan mengalami kerusakan apabila mengucek terlalu keras atau melakukannya hampir setiap hari. Dapat dibayangkan, kalau kita melakukannya sehari lebih dari dua kali, maka risiko mata rusak akan menjadi lebih besar.

Dapat mengakibatkan infeksi pada mata

Dapat menyebabkan infeksi mata [Sumber Gambar]
Lalu untuk akibat selanjutnya yang bisa ditimbulkan karena menggosok mata dengan tangan adalah infeksi pada indra penglihatan kita. Infeksi ini dapat muncul karena tangan kita saat bersentuhan dengan mata dipenuhi bakteri atau parasit. Sehingga bakteri bisa dengan mudah berpindah dari tangan menuju mata kita. Hal yang lebih membahayakan lagi adalah kalau kita terus menerus menggunakan tangan untuk mengucek mata, bisa jadi kuman akan menumpuk dan dapat berkembang biak pada indra penglihatan.

Bisa membuat mata menjadi rabun jauh

Bisa membuat mata menderita rabun jauh [Sumber Gambar]
Melanjutkan dari poin pertama tadi kalau mata akan mengalami penekanan jika digosok menggunakan tangan. Nah, penekanan tersebut bisa membuat penglihatan kita menjadi lebih buruk dari sebelumnya. Contohnya adalah miopia atau rabun jauh. Sehingga bisa dikatakan kalau penyakit rabun jauh tidak hanya berasal dari kebiasaan melihat objek dari dekat saja. Tapi juga bisa disebabkan dari kita yang suka mengucek mata menggunakan tangan.

Menimbulkan penyakit glaukoma

Membuat penyakit glaukoma muncul [Sumber Gambar]
Penyakit parah lain yang akan terjadi pada mata adalah glaukoma. Penyakit satu ini dapat muncul bukan hanya karena dari faktor usia saja lho. Namun bisa juga karena kita menggosok mata menggunakan tangan terlalu sering. Tekanan-tekanan yang diberikan ketika kita mengucek mata akan membuat kornea tidak normal dan akhirnya penyakit glaukoma muncul. Lalu kalau glaukoma ini dibiarkan terlalu lama dan tidak segera diperiksakan ke dokter, bisa jadi mata akan mengalami yang namanya kebutaan. Ngeri kan tuh..

Area luar mata menjadi kehitaman

Bisa mengakibatkan mata panda [Sumber Gambar]
Banyak yang mengira kalau kantung mata berwarna kehitaman adalah akibat dari kurang tidur. Padahal, penyebabnya enggak hanya itu saja lho karena ada faktor lainnya. Itu adalah mengusap mata dengan menggunakan tangan yang terlalu sering. Jadi, mulai sekarang hindari deh kebiasaan mengucek mata menggunakan tangan. Supaya warna dari area luar mata tidak semakin bertambah hitam.

Mengucek mata menggunakan tangan memanglah nikmat, tapi akibatnya tak sebanding dengan rasanya. Sehingga untuk kalian yang masih suka menggosok mata menggunakan tangan harus dijauhi mulai sekarang ya. Kalau mata gatal bisa menggunakan tisu atau handuk basah untuk mengusapnya. Akan tetapi kalau masih gatal bisa kok memakai obat tetes mata.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Marsinah, Sosok Wanita yang Tewas Dibunuh Negara Karena Meminta Keadilan Untuk Para Buruh

Siap-siap Bagi yang Mau Melamar, 5 Mahar di Daerah Ini Mahalnya Tak Kalah dari Uang Panai