Saat ingin mulai membangun usaha sendiri, yang nyangkut di kepala kita pasti dua hal ‘usaha apa’ dan ‘modal berapa’. Pastinya kebanyakan orang ingin usaha yang cepat menghasilkan dengan budget murah dan jenis produk usaha yang mudah dijangkau. Apalagi buat yang baru-mau-akan mencoba, ya tho?

Nah, soal bisnis, ada istilah yang bilang kalau kesuksesan itu tidak semudah mungut daun di jalan. Ungkapan ini memang benar tapi tidak selalu seperti itu. Faktanya, beneran ada sosok yang bisa memanfaatkan daun doang dan bisa dijual. Perkenalkan dia adalah Agus Cuguy. Tak hanya jualan daun saja, tapi ia berhasil membuat benda remeh tersebut jadi rebutan pelanggan. Seperti apa ceritanya? Mari simak.

Jual daun goreng dalam 4 jam ludes, raup 2,5 juta

Agus Cuguy tinggal di daerah Jawa Barat yang masih sangat subur dan potensial untuk ditanami singkong, ubi, pisang, bayam dan sebagainya. Kesemuanya itu mungkin cuma kita anggap tanaman, namun di mata Agus, setiap helainya bisa jadi duit. Tapi Agus tak mau sukses sendiri. Lewat vlognya di channel Youtube Agus Cuguy, ia tidak pelit membuka rahasia dapur membuat keripik daun ubi goreng  dari awal sampai jadi.

Keripik daun Sintrong karya Agus

“1 kilo saya jual 80ribu ya, lumayan. 4 kilo jadi 320ribu. Lumayan banget untungnya,” ujar Agus. Ini masih keripik daun sintrong aja lho gaiss, sementara di lapak Agus tampak pula keripik tempe dan beragam gorengan lainnya.  Tak mau dianggap tipu-tipu, Agus pun merekam detik-detik ia berjualan keripik daun tersebut hingga ludes dikerubuti para emak solehah dan memperlihatkan uang hasil dagangannya hari itu. Pas Rp 2,5 juta hasilnya.

Berprinsip ‘modal dikit, untung selangit’

Agus Cuguy rajin berbagi ide bisnis sejak 3 tahun lalu melalui channel Youtubenya. Dan yang paling laris ditonton warganet adalah konten ide bisnisnya yang bisa mencapai puluhan ribu views. Kebanyakan videonya memberikan ide bisnis makanan ringan yang modalnya murah, terutama dari hasil budidaya alam yang ternyata ada di sekitar kita. Lebih tepatnya yang bahkan tidak kepikiran oleh kepala kita.

Modal Agus cuma sedikit

Sebut saja daun singkong yang mirip semak-semak liar, daun pepaya, talas liar, tempe bayam dan masih banyak lagi. Ternyata, kalau dijual hasilnya bisa bikin kaya mendadak..!! Ini memang menjadi salah satu keahlian dan juga tujuan Agus Cuguy. Di setiap videonya, Agus menekankan usaha dengan modal murah tapi hasilnya bisa besar. Sangat cocok buat masyarakat kelas menengah ke bawah atau siapapun yang ingin buka usaha tapi kepepet oleh modal.

Tips Agus Cuguy untuk kejar target jualan sampai jutaan

Dilihat dari caranya mensosialisasikan ide bisnisnya lewat vlog Youtube, Agus Cuguy tergolong update teknologi. Termasuk bagaimana ia mengajarkan pada followersnya bagaimana supaya bisa meraih omset jutaan. Misalnya dengan memilih tempat strategis di mana banyak calon pembeli dan anjuran menjual secara online seperti medsos atau WhatsApp Group. Dengan kata lain, Agus menyarankan agar tidak mengandalkan pembeli yang ada di sekitar kita saja, karena konsumen dan keuntungan hanya akan berputar di situ-situ saja.

Agus Cuguy kejar target jutaan [Sumber Gambar]
Selain itu, Agus membagi penjualannya per ons atau per 250 gram. Bila kita menjual langsung per kilo, maka konsumen akan berpikir dua kali untuk membelinya. Sedangkan bisa dijual secara pecahan seperti ini, calon pembeli malah ingin membeli lebih banyak.

Oh iya, soal WhatsApp grup kamu bisa lho join Belajar Bisnis ala Tokped. Di sini kamu bakal mendapatkan banyak pencerahan soal mengelola bisnis. Mentornya pun juga orang sudah berpengalaman di bidangnya.

Tentu tidak hanya daun saja

Daun memang jadi bahan utama, tapi seperti yang dituturkan Agus, ia juga mempersiapkan bahan-bahan pendukung lainnya. Mulai dari tepung, minyak goreng, dan lain sebagainya. Nah, jika kamu ingin mengikuti jejak Agus, bisa mulai dengan cara berbelanja di tempat barang-barang kebutuhan dijual lebih murah. Salah satunya adalah di Mitra Tokopedia.

Di sini kamu bisa membeli barang-barang kebutuhan untuk usaha dan bisa grosir pula. Untuk harganya tak perlu khawatir karena dijamin lebih murah, bahkan kamu bisa dapat bonus. Tak hanya membeli barang-barang, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membuka usaha PPOB sampai top up pulsa dan voucher game. Harganya pun juga murah sehingga keuntungan pun makin banyak.

Mudah diikuti dan disukai netizen

Banyak orang yang menonton video Agus langsung auto langganan ke channel Youtubenya, bahkan mengikuti hingga ke akun Instagramnya. Tips usaha dan jualan ala Agus ini memang sangat mudah dipahami dan diterapkan. Tak sedikit netizen yang pada akhirnya mencoba jualan dengan resep Agus dan memberikan testimoni bahwa dagangannya laris manis.

Secara penampilan, Agus tidak neko-neko dan seperti orang kebanyakan. Cara menyampaikan ilmunya juga tidak secakap mentor-mentor bisnis, namun memang sosoknya punya aura merakyat. Belum lagi Agus menjalani sendiri apa yang diajarkannya pada warganet dan tidak pakai rahasia-rahasiaan. Hampir 95% komentar netizen menanggapi dengan positif.

Meskipun seolah mustahil, namun Agus membuktikan bahwa dari barang yang remeh pun kalau serius dan tahu tekniknya bisa mendatangkan keuntungan luar biasa. Nah, kalau kamu ingin seperti pria ini atau setidaknya mendapatkan nasihat-nasihat soal bisnis, bisa nih bergabung dengan grup WhatsApp Belajar Bisnis ala Tokped. Di sini kamu akan disuguhkan rahasia dan tips bagaimana memulai dan menjalankan sebuah bisnis.