Wicca, Agama Beraliran Sihir Tertua di Dunia yang Diyakini Masih Ada Hingga Kini

Meski gaungnya tak banyak terdengar, namun eksistensi Wicca diyakini masih ada

oleh Aini Boom
11:00 AM on Apr 7, 2017

Berbicara tentang berbagai kepercayaan, tentu eksistensinya sudah ada sejak manusia pertama di bumi ada. Sejak zaman dulu, dalam kehidupan manusia sudah dipenuhi hasrat untuk mengangungkan sesuatu yang lebih kuat, sang pencipta. Hingga tiba kepercayaan seperti animisme, dinamisme, sampai agama-agama yang dilegalkan oleh suatu negara. Pun setelahnya, ada juga beberapa orang yang masih mengaku punya kepercayaan atau agama baru setelah agama-agama besar muncul.

Dari sekian banyak kepercayaan dan agama yang ada di dunia, Wicca diyakini sebagai aliran spiritual dan agama tertua yang ada. Konon, yang membuat pro kontra keberadaan Wicca adalah penggunaan kekuatan sihir di dalamnya.

Baca Juga
Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam
Chatting Kocak Anak Ingusan Main Online Shop Ini Endingnya Bikin Melongo

Jejak Sejarah Agama Wicca

Menurut penelitian yang dilakukan Dr. Margaret Murry, seorang yang menelusuri asal usul sihir dari zaman Paleolitik sekitar 25.000 tahun lalu, didapat bahwa Wicca bisa dikatakan sebbagai kepercayaan pertama manusia di bumi. Menurut Murry, manusia yang hidup pada zaman tanpa teknologi selalu bergantung pada hewan dan tumbuhan di sekitar mereka. Alam termasuk di dalamnya lautan, pegunungan, hewan, dan lain sebagainya diyakini orang pada zaman itu dikendalikan dewa-dewi atau roh.

Simbol-simbol dalam Wicca [image: source]
Adapun Wicca, ditemukan sebagai aliran spiritual asal Inggris yang mengakui unsur feminin dan maskulin terkait dengan dewa-dewi. Bagi penganutnya, alam diagungkan sebagai tempat suci yang harus dilindungi. Dan konon, berbagai genre film yang di dalamnya menggunakan sapu terbang, tongkat sihir, adalah karya yang terinspirasi kehidupan penganut sihir agama Wicca yang digunakan sejak jaman batu hingga kini.

Ideologi Penganut Wicca

Para penganut Wicca dikatakan dapat berhubungan dengan roh-roh yang ada di alam semesta melalui perayaan yang tertera dalam kalender Wicca. Secara universal, tidak ada larangan terkait makanan, seks, penguburan, dan hal lain yang biasa di atur dalam agama-agama lainnya. Bisa dibilang, Wicca tidak mempunyai ideologi tetap dalam keyakinan yang bervariasi.

Ritual Wicca [image: source]
Uniknya, penganut Wicca bisa juga menjadi seorang Kristen, Yahudi, Muslim, Buddha, atau agama lain. Karena dalam Wicca tidak ada larangan tentang hal itu. Namun pada kenyataannya, tentu agama lain yang dianut seorang Wicca tidak membenarkan dualitas keyakinan yang dijalankan pada satu waktu. Kecuali, hal ini disembunyikan rapat-rapat tanpa ada yang mengetahui.

Tradisi Perhiasan Spiritual dan Sihir Dalam Agama Wicca

Penganut Wicca memiliki seni tersendiri dalam berhias dan memakai perhiasan, di antaranya menggunakan kekutan tanaman (khususnya untuk wewangian mereka). Mereka juga menggunakan kristal sebagai perawatan kecantikan alami dan juga untuk kekuatan spiritual. Tak heran jika anting, liontin, dan kalung yang mereka pakai bukanlah benda sembarangan. Namun berbahan dasar batu mulia dengan makna tertentu dalam simbol agama Wicca. Kristal sendiri diyakini sebagai lambang kekuasaan pemakainya.

Ilustrasi sapu sebagai alat sihir [image: source]
Bermula pada tahun 1951, saat Inggris membatalkan undang-undang sihir. Maka, pria bernama Gerald Gardner muncul di mata publik sebagai orang pertama yang menyebut dirinya penyihir modern. Selanjutnya, Gardner mengawali munculnya tradisi Gardnerian Wicca yang disusul dengan tradisi Alexandria dan sejumlah tradisi Wicca lain yang jumlahnya hingga mencapai ratusan. Aidan Kelly, seorang pengamat meyakini bahwa sosok Gerald Gardner, Margaret Murray, dan Charles Leland adalah orang-orang yang mempersatukan Wicca modern.

Peralatan Untuk Ritual Pemujaan

Peralatan ritual dalam pemujaan di agama Wicca adalah athame (pisau ritual) dan piala yang merupakan gelas ritual. Ada juga beberapa tradisi Wicca yang menggunakan sapu, perhiasan, bel, pentakel, tongkat, drum, piring khusus, dupa, kuali,pedang, lilin, tongkat sihir, dan lilin. Penggunaan dan pembuatan peralatan masing-masing memiliki arti berbeda.

Peralatan untuk ritual Wicca [image: source]
Dalam ritual agama Wicca, biasanya melibatkan ruangan berbentuk lingkaran (ruangan suci), tarian, lagu-lagu yang dinyanyikan, makanan atau anggur, doa dari keuatan dewa dan ucapan syukur dalam penutupan upacara. Beberapa upacara yang dilalukan Wicca “Sabbats” atau “Esbats” untuk mengawali transisi kehidupan baru seperti pernikahan, penyembuhan, kematian, dan kelahiran seorang anak.

Begitulah Wicca, yang diyakini sebagai kepercayaan pertama di dunia. Meski keberadaannya menimbulkan pro dan kontra di masyarakat, namun hingga kini eksistensi Wicca dikatakan masih ada. Kendati, gaungnya tak sekeras di tahun-tahun kejayaannya dulu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada
BACA JUGA