in

Apakah Islam Adalah Agama ‘Nggak Boleh Ini-Itu’?

4. Pakaian

Nah, bagaimana dengan pakaian? Islam sering dituduh dengan adanya pembatasan cara berpakaian. Tetapi cara berpakaian memang merupakan simbol budaya dan peradaban. Telanjang adalah milik kaum jaman batu. Jika orang modern berpikir pakaian minim adalah simbol modernitas, maka mereka sesungguhnya sama terbelakangnya dengan kaum jaman batu.

Pakaian (c) tokopedia
Pakaian (c) tokopedia

Jika kita lihat gambar-gambar figur agama lain, seperti halnya bunda Maria di dalam Kristen, beliau selalu digambarkan berbusana tertutup dan berkerudung pula. Saya secara pribadi belum pernah menemukan gambar Bunda Maria yang diilustrasikan dengan busana macam-macam. Ini menandakan, busana yang tertutup memang melambangkan kesopanan, kehormatan, dan kerendahan hati.

Mengenai larangan berpakaian ini dan itu, sebenarnya negara-negara maju di Eropa seperti Perancis pernah menerapkan aturan berpakaian juga loh. Ada aturan yang melarang wanita menggunakan celana panjang di Paris. Dan aturan yang sudah berusia 200 tahun lebih ini baru dihapus pada tahun 2013!

Rasulallah SAW sendiri sebagai panutan umat Islam sedunia, konon adalah orang yang paling sering berkata ‘YA’ untuk berbagai macam hal dan permintaan. Beliau mengiyakan pengampunan saat syariat menetapkan hukuman. Beliau mengiyakan diplomasi saat perang bisa menjadi pilihan. Beliau bahkan membiarkan orang beragama lain untuk beribadah menurut ajaran mereka, saat Islam menjadi penguasa di jazirah Arab.

Konon beliau membiarkan saja praktik ibadah yang dilakukan oleh agama lain meskipun ibadah itu bertentangan dengan nilai-nilai yang dipegang Islam. Ambil contoh, konon menurut Ibnu Qayyim, Rasulallah membiarkan (tidak mengutuk) saja praktek incest (menikah anggota keluarga sendiri seperti adik, kakak, atau ibu) yang dilakukan penganut agama Zoroaster pada masa beliau. Juga Rasulallah SAW membiarkan saja penganut agama lain untuk melakukan apa yang mereka mau (yang diharamkan dalam Islam) di rumah-rumah mereka, selama tidak melakukannya di depan umum. Betapa toleran dan bijaksananya beliau!

Baca Juga : 5 Guyonan Yang Bikin Masuk Penjara

Jadi kesimpulannya, sebagai muslim kita harus bersyukur bahwa Allah SWT telah melimpahkan banyak rahmat yang tidak mungkin kita hitung. Yang Allah SWT haramkan justru dapat kita hitung dengan mudah. Islam adalah agama yang mudah, dimudahkan, dan dapat dibuat mudah, selama kita mau berpikir dan membuka hati serta akal kita. Yuk, berpikir! “Maka nikmat Allah mana lagikah yang kau dustakan?” (QS. Ar-Rahman 13)

Written by Norman Duarte

Leave a Reply

5 Kisah Mengharukan Antara Muslim dan Yahudi

Bayi Itu Terlepas Dari Genggaman Sang Ayah - (c)oddee.com

7 Kisah Bayi Jatuh Dari Ketinggian, Tapi Selamat Karena Mukjizat