in

Aroma, Acara Masak Paling Hits Tahun 2000an yang Nggak Hanya Disukai Emak-emak

Acara tv di jaman dulu emang selalu bikin kangen. Begitu banyak ragam acara yang tayang, bukan sebatas sinetron atau acara reality show saja. Dulu juga ada loh acara masak-masak yang jadi kegemaran keluarga. Masih inget nggak sih kalau dulu ada acara yang super hits, program tersebut bernama ‘Aroma’. Acara masak-masak itu tayang di tv tiap hari Sabtu jam tujuh pagi.

Meski program acara masak-masak biasanya hanya diminati oleh ibu-ibu, nyatanya acara Aroma ini digemari oleh anak-anak loh.  Bagi anak-anak, mungkin yang menarik bukan cara memasaknya, namun hasil jadinya. Dan juga bisa buat referensi menu makanan yang pengen dimasakin sama emak. Siapa yang dulu kayak gitu? Kalau inget sama acara ini, jadi kangen masal lalu ya. Mending nostalgia dulu sama acara ini.

Dipandu Sisca Soewitomo

Sisca Soewitomo [sumber gambar]
Siapa yang masih inget sama Bunda satu ini? Nggak bakal lupa dong. Wajahnya terlalu familier karena Bu Sisca udah belasan tahun tampil di tv di acara Aroma yang dulu selalu kita saksikan. Kalau dulu kita cuma memandang wanita ini sebagai chef yang jago masak, tapi ternyata Bu Sisca ini bukan sekadar chef loh, melainkan pakar kuliner Indonesia. Karena terlahir sebagai anak pertama dari lima bersodara, makanya Bu Sisca sudah terbiasa membantu ibu memasak di dapur. Wah, ternyata kebiasaan itu sangat menunjang karirnya di masa depan. Bahkan, Bu Sischa berhasil mendapat beasiswa dari American Institute of Baking di Manhattan, Kansas, Amerika. Sepulangnya dari pendidikan di luar negeri, Bu Sisca mulai terkenal.

Ada tiga hingga empat menu hidangan tiap acara

Menu makanan [sumber gambar]

Program acara ini memang hanya tayang sekitar 30 menit, tapi waktu tersebut bisa dimanfaatkan buat mempelajari tiga hingga empat menu masakan loh. Untuk pembuka, biasanya Bu Sisca bakal memasak hidangan utama, selanjutnya membuat menu pelengkap dan untuk penutup, bakal menyajikan makanan ringan seperti aneka kue atau hidangan dalam bentuk dessert. Acara ini dulu banyak disenangi karena Bu Sisca selalu memberikan tutorial memasak yang simple dan enak. Terlebih pembawaan Bu Sisca yang lembut dan kalem bikin orang betah banget nyimak acara ini.

Kangen sama acara Bu Sisca? Mending baca bukunya

buku Sisca Soewitomo [sumber gambar]
Pernah nggak sih kalian kangen sama Ibu Koki legendaris ini? Tips masaknya emang paling tok cer ya. Ya memang, koki di Indonesia begitu banyak. Namun posisi Bu Sisca seakan nggak ada seorang pun yang bisa menggantikan. Selain menu yang disajikan lebih tradisional dan terbuat dari bahan yang sederhana, proses memasaknya juga mudah. Kalau kalian kangen dengan trik dan tips masak dari Bu Sisca, rasanya sulit ya mengharap acara Aroma bakal ditayangkan lagi di tv. Tapi, kalian bisa kok membeli buku resep ala Bu Sisca yang tersedia di toko buku terdekat.

Lama nggak kedengaran, gimana kabar Bu Sisca ya?

Sisca [sumber gambar]
Setelah lama nggak ketemu sama chef legendaris satu ini, barangkali kalian juga masih bertanya-tanya, gimana ya kabar ibu koki idola kita saat masih kecil ini? Saat ini, Bu Sisca masih tetap aktif di dunia kuliner meski sudah berusia 69 tahun. Selain memasak, Bu Sisca juga aktif menulis buku-buku masakan. Demi melangsungkan ilmu kuliner yang selama ini beliau kuasai. Meski nggak lagi mengisi program acara tetap seperti Aroma, tapi Bu Sisca sering diundang sebagai bintang tamu di acara masak baik on air maupun off air loh.

Kalau acara masak-masak paling legendaris di Indonesia sih, cuma Bu Sisca Soewitomo yang paling melekat di hati kita ya. Kayaknya bakal seru nih kalau acara semacam ini ditayangkan lagi di TV. Minimal, seminggu sekali gitulah. Setuju nggak?

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

4 Fakta Bus Buatan Indonesia yang Ternyata Laku Ribuan Unit Diborong Negara Lain

Petinggi Go-Jek Serukan Dukungan untuk LGBT, Uninstall Aplikasinya Enggak Nih?