in

4 Fakta Unik Kuliah di Hamburger University, Kampus Milik McDonald Si Franchise Paling Booming Se-Dunia

Siapa sih yang tidak kenal dengan restoran cepat saji bernama McDonald? Hampir di tiap kota akan selalu dijumpai restoran ini dan bahkan jumlahnya biasanya lebih dari satu. Tiap kali ke McD kita selalu dihadapkan dengan hal-hal menarik. Mulai dari pelayanannya yang ramah dan profesional, sampai deretan menunya yang selalu update serta terjangkau. Nah, ada satu lagi fakta menarik tentang restoran satu ini dan mungkin hanya sedikit yang mengetahuinya.

Pernah mendengar Hamburger University? Ini adalah kampus yang dimiliki oleh McDonald dengan tujuan menciptakan tenaga profesional yang handal. Uniknya lagi, ada jurusan unik yang ditawarkan di sana. Yup, studi tentang hamburger. Apa sih enaknya belajar di sini? Apakah kita bakal dapat hamburger gratis dan banyak tiap pagi? Temukan sendiri lewat ulasan menarik berikut.

1. Jurusan Hamburger, Jadi Sarjana Hamburger

Hamburger University, lelucon apa sih yang bakal muncul ketika membaca nama ini? Pasti jawabannya adalah lulusannya nanti bergelar sarjana hamburger. Ya, percaya atau tidak hal tersebut sama sekali bukan guyonan. Setiap mahasiswa yang belajar di tempat ini nantinya memang akan menyandang gelar tersebut. B.H, atau kepanjangan dari Bachelor of Hamburgerology.

Lulus dari kampus bakal menyandang gelar B.H alias Bachelor of Hamburgerology. Keren, kan? [Image Source]
Lulus dari kampus bakal menyandang gelar B.H alias Bachelor of Hamburgerology. Keren, kan? [Image Source]
Meskipun namanya sangat aneh jika dibandingkan gelar yang lain, namun ada banyak hal yang bisa dibanggakan oleh para alumnus yang bergelar B. H, ini. Mengingat mereka adalah lulusan universitas milik McDonald, maka mereka akan berpeluang lebih besar untuk bekerja di perusahaan franchise ini. Umumnya bukan sebagai kasir atau pelayan, namun setingkat di atasnya.

Belum lagi, latar belakang studinya yang unik ini membuat khasanah keilmuwan yang didapat sangat berbeda dari lainnya. Soal reputasi, para sarjana hamberger juga dikenal bagus dan berprestasi. Intinya, tidak ada yang benar-benar harus dipersoalkan tentang gelar ini. Justru seseorang akan merasa terhormat jika bisa menginjakkan kakinya di kampus unik ini.

2. Tes Masuk Lebih Susah Dari Harvard

Sekilas memang sepele ya mendengar kampus dengan nama unik ini. Persepsi orang-orang yang mendengarnya pertama kali mayoritas adalah meragukan kapasitas kampusnya. Jurusan hamburger butuh keahlian apa sih? Paling asal kuat makan dan punya lidah yang peka sudah lebih dari cukup, begitu ungkap kebanyakan orang. Kenyataannya justru berbalik 180 derajat. Pasalnya, belajar di sini ternyata bukan sesuatu yang mudah.

Harvard yang besar ini ternyata tidak ada apa-apa soal tes masuk jika dibandingkan Hamburger University [Image Source]
Harvard yang besar ini ternyata tidak ada apa-apa soal tes masuk jika dibandingkan Hamburger University [Image Source]
Salah satunya bisa dilihat dari tes masuk pertama kali. Sama seperti universitas kebanyakan, di Hamburger seseorang diwajibkan mengikuti tes masuk. Nah, yang unik katanya di sini jauh lebih sulit daripada Harvard. Ya, Harvard yang notabene adalah salah satu universitas unggulan di dunia itu ternyata tidak seberapa dibandingkan dengan kampus ini soal tes masuk. Dari 100 orang yang mendaftar hanya 1 yang diterima.

Hmm, bagaimana kalau dibandingkan dengan deretan universitas negeri dan swasta? Ya, silahkan menyadari kalau di sini sama sekali tidak ada apa-apanya dibandingkan universitas yang belajar soal hamburger itu.

3. Diminati Banyak Orang di Dunia

Setelah sekilas membaca tentang profil kampusnya, sekarang percayakah kamu jika peminat kampus ini sangat banyak? Ya, memang cukup banyak bahkan bisa dibilang fantastis. Setiap tahunnya, tak kurang dari 5000 mahasiswa baru mendaftar di tempat ini. Tak hanya di kampus pusat yang ada di Amerika, tapi juga cabang-cabang yang ada di Tokyo, London, Sydney, Munich dan Sao Paolo dan masih banyak lagi.

Ada sangat banyak calon mahasiswa yang mendaftar di sini tiap tahunnya. Lulusannya sendiri sudah berjumlah 80 ribuan orang [Image Source]
Ada sangat banyak calon mahasiswa yang mendaftar di sini tiap tahunnya. Lulusannya sendiri sudah berjumlah 80 ribuan orang [Image Source]
Hingga saat ini, tercatat jika Hamburger University sudah menghasilkan sekitar 80 ribu lulusan yang kini sudah bekerja di berbagai departemen penting di McDonald seluruh dunia. Meskipun sangat terkenal saat ini, namun jika dibandingkan dengan masa-masa awal berdirinya kampus ini, keadaannya begitu timpang. Ya, angkatan pertama kampus yang dibangun tahun 1961 tersebut hanya 15 orang saja. Waktu berjalan dan akhirnya kampus ini makin menggila meskipun berbekal nama yang memang aneh.

Fakta unik lain yang harus diketahui tentang kampus ini adalah tentang Jim Skinner. Yup, pria ini sekarang adalah CEO McDonald yang juga merupakan lulusan dari Hamburger University.

4. Fasilitas Unik yang Ditawarkan Kampus

Ujian masuk yang sangat susah, lalu sederet prestasi yang ditorehkan, serta hasil positif lainnya, membuat orang-orang berkhayal yang berlebihan tentang kampus ini. Termasuk salah satunya adalah boleh makan hamburger sepuasnya ketika jadi mahasiswa Hamburger University. Sayangnya, hal tersebut hanyalah bualan belaka. Meskipun namanya Hamburger, tapi kampus ini tidak menawarkan hal aneh-aneh seperti itu.

Salah satu sudut Hamburger University yang menawarkan keindahan ala tempat wisata [Image Source]
Salah satu sudut Hamburger University yang menawarkan keindahan ala tempat wisata [Image Source]
Tapi kalau anggapan berlebihannya adalah tentang pendidikan dan fasilitas, maka lain ceritanya. Kampus utama yang berdiri di area seluas 1,2 hektar ini memang menawarkan banyak. Kalau dari fasilitasnya, kamu akan menjumpai 13 ruang mengajar, 300 kursi model auditorium, 12 ruangan interaktif, 3 labroratorium berupa dapur, serta lab serba guna.

Kalau dilihat dari mata kuliahnya tidak melulu soal makanan. Ada cukup banyak jenis mata kuliah lain yang bisa didapatkan. Mulai dari marketing, kimia, teknik dan masih banyak lagi yang lain. Bisa dibilang Hamburger University memang mampu mencetak lulusan yang handal dengan berbagai kemampuan yang diperlukan. Kalimat yang mirip brosur kampus sih, tapi memang inilah kenyataannya.

Nah, setelah melihat ulasan tentang kampus unik ini, apakah kamu berminat jadi salah satu mahasiswa di sana? Akan ada banyak sekali yang bisa kamu dapatkan nantinya jika bisa masuk. Mulai dari mata kuliah unik, ruang belajar nyaman hingga gelar paling unik yang bikin undangan nikah jadi greget, B.H alias Bachelor of Hamburgerology. Namun, syarat untuk masuk ke tempat itu luar biasa sulit. Ya, seperti yang sudah dijelaskan, bahkan masuk Harvard jauh lebih mudah.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

7 Tempat Wisata Paling Gelap dan Ngeri ini Bisa Menguji Seberapa Besar Keberanianmu!

7 Gunung Menakjubkan ini Ternyata Ada di Luar Angkasa!