in

Viral Penjual Nasi Goreng Menggunakan Robot Pengganti Tangan yang Patah Akibat Kecelakaan

Siapa yang tak kenal makanan bernama nasi goreng? Kuliner sederhana namun disukai banyak orang ini, biasanya diolah para pedagang dengan menggunakan kekuatan tangan. Apalagi, jika pembeli sangat banyak, pedagang harus ekstra keras membolak-balikkan nasi agar matang merata.

Berbeda dengan yang dilakukan pedagang nasi goreng bernama Dartadi. Bukannya menggunakan tangan, Dartadi justru mengolah nasi dengan bantuan alat menyerupai robot, yang bergerak bak tangan manusia. Apa alasan Dartadi menggunakan bantuan mesin? Berikut kisah Dartadi sang penjual Nasgor Robot.

Kecelakaan di tahun 2018

Dartadi (60), pria asal Malang yang berjualan nasi goreng di Jalan Muharto Gang 5B, memulai usahanya sejak tahun 2016.  Baru dua tahun berjalan, Dartadi harus merelakan lengan kirinya patah akibat kecelakaan. Peristiwa nahas itu terjadi sepulang berkunjung dari rumah saudaranya di Kabupaten Sampang.

Ilustrasi kecelakaan [sumber gambar]
Kejadian kecelakaan sendiri terjadi di daerah Blega, Kabupaten Bangkalan. Putus asa pernah dialaminya karena tak bisa lagi berjualan nasi goreng dengan normal. Padahal, itu adalah salah satu mata pencaharian untuk menghidupi istri dan tiga anaknya.

Memulai ide berjualan dengan bantuan mesin

Tak mau berlarut-larut dalam kesedihan, Dartadi mencoba mencari karyawan untuk menggantikannya berjualan nasi goreng. Sayang, para pelanggan kurang cocok dengan olahan nasi goreng tersebut. Hingga akhirnya di tahun 2019, ia mulai menciptakan mesin pengaduk masakan. Untuk dapat mesin yang bekerja sempurna, Dartadi melakukan banyak perombakan.

Dartadi saat melayani para pelanggan [sumber gambar]
Di sela-sela waktu pulang jualan dini hari, Dartadi mencoba mengotak-atik kembali mesin ciptaannya. Proses pengerjaan yang tak mudah hingga harus bongkar pasang mesin, membuat Dartadi sempat menyerah. Tapi akhirnya, usaha Dartadi membuahkan hasil di tahun 2021. Mesin tersebut menjadi sempurna dan membuat Dartadi kini dikenal sebagai penjual Nasgor Robot.

Robot yang berasal dari onderdil sepeda motor

Kemampuan Dartadi membuat mesin pengganti pekerjaannya, ia dapatkan dari pengalaman di bidang elektro dan tukang las. Mesin pada rombong nasi goreng milik Dartadi dimodifikasi dari onderdil sepeda motor. Mesin ini posisinya menggantung di atas wajan. Saat akan mengolah nasi, mesin diturunkan. Di bagian ujung terdapat sebuah besi yang bekerja seperti tangan untuk mengaduk nasi.

Mesin yang digunakan Dartadi terbuat dari onderdil sepeda motor [sumber gambar]
Uniknya, mesin tersebut bisa disesuaikan putarannya untuk bergerak lambat dan cepat. Sayangnya, mesin ini tidak berlaku saat pembuatan bakmi, Dartadi tak menggunakan mesin karena dapat membuat mi hancur. Namun, Dartadi mengakui bahwa hal ini membantu dirinya bangkit setelah melewati masa pandemi. Dalam sehari, ia bisa menghabiskan 8-10 kilogram nasi per hari.

Kisahnya viral di media sosial

Dartadi nyatanya tidak pernah berniat memviralkan usahanya tersebut lewat sosial media. Namun, seorang pelanggan bernama Muhammad Soleh, mencoba mengunggah kegiatan Dartadi masak lewat aplikasi TikTok. Ide tersebut pun muncul begitu saja tanpa direncanakan. Yang terjadi justru video itu viral dan sudah ditonton jutaan kali.

Unggahan video TikTok oleh akun @revan.z22 memperlihatkan Dartadi masak [sumber gambar]
Sayangnya, video tersebut sempat ditanggapi kurang baik. Warganet mempertanyakan fungsi robot, karena tangan Dartadi masih menggunakan tangannya untuk bekerja. Ada pula yang menyebut aksi tersebut hanya untuk memviralkan diri saja. Namun, salah seorang warganet menjelaskan hal yang sesungguhnya terjadi pada Dartadi.

BACA JUGA: Pakai Jas hingga Buka Perpustakaan Keliling, Para Penjual Cilok Ini jadi Sorotan Netizen

Dartadi menjadi bukti, bahwa tak ada halangan besar jika kita mau berusaha mewujudkannya. Ia mau berjuang mencari solusi dari permasalahannya dan justru menciptakan inovasi baru di dunia teknologi. Semoga semangat Dartadi bisa menjadi refleksi bagi banyak orang yang di luar sana.

Written by Dessy Humairoh

Cantik Bak Barbie! Intip 10 Potret Mantan Miss Turki Amine Gulse, Istri Tercinta Mesut Ozil

Punya Rapot Merah dan IPK Rendah, Ini Kisah Bagus Muljadi yang Bisa jadi Dosen di Inggris