in

Melihat Kura-Kura Kuning, Hewan Langka yang Ditemukan di India dan Sempat Membuat Heboh

Kura-kura merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara. Biasanya disukai oleh anak-anak, karena bentuknya yang unik dan lucu. Jika pada umumnya, kura-kura memiliki warna cenderung hitam atau hijau gelap, namun ada kura-kura yang berwarna jauh lebih terang.

Ada sebuah kejadian yang bikin heboh, di mana ditemukan kura-kura langka albino berwarna kuning. Dalam waktu singkat, jagat maya dihebohkan dengan munculnya kura-kura yang termasuk langka ini. Tidak sedikit yang bertanya-tanya, kura-kura jenis apakah ini? Apa yang menyebabkan berwarna kuning? Penasaran dengan kura-kura langka ini? Yuk simak kisahnya di artikel ini.

Ditemukan oleh seorang petani

Kura-kura tersebut ditemukan di ladang oleh seorang petani bernama Basudev Mahapatra di wilayah Desa Sujanpur, Distrik Balasore Odisha, India. Warnanya yang langka ini, menarik perhatian Mahapatra, sehingga ia segera membawanya pulang. 

Ukuran kura-kura albino tidak terlalu besar [sumber gambar]
Namun ia tidak memelihara kura-kura tersebut, melainkan ingin menyerahkannya ke lembaga konservasi setempat. Lalu kura-kura langka tersebut diterima oleh Hayati Siddharta Pati, Direktur Eksekutif Asosiasi Konservasi Keanekaragaman. Ternyata ia juga mengaku baru kali pertama melihat kura-kura berwarna kuning tersebut. 

Mengapa kura-kura tersebut bisa berwarna kuning?

Pati menjelaskan, warna kuning pada tubuh kura-kura ini disebabkan karena kelainan pigmen atau biasa disebut albinisme atau albino. Bisa saja jumlah pigmen tirosin sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Diketahui jika kura-kura langka tersebut termasuk ke dalam jenis kura-kura flapshell India, yang biasa dijumpai di negara Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, Myanmar, Pakistan, dan India.

Badan Konservasi Hewan setempat memegang kura-kura kuning langka [sumber gambar]
Diperkirakan, usia kura-kura kuning sekitar satu setengah hingga dua tahun. Kura-kura flapshell gemar memangsa berbagai hewan, seperti siput, katak, dan beberapa vegetasi air, sehingga termasuk ke dalam hewan pemakan segala atau omnivora. Kabarnya, kura-kura langka berwarna kuning tersebut telah dilepas ke alam liar di Balasore.

Bagaimana hewan dapat terkena albinisme?

Ternyata albinisme tidak hanya terjadi kepada manusia saja, melainkan hewan juga bisa mengalaminya. Salah satunya adalah kura-kura kuning tersebut. Mungkin kita pernah melihat sebelumnya beberapa hewan yang mengalami albinisme, seperti buaya atau kera. Lalu bagaimana bisa hewan mengalami albinisme?

Kura-kura kuning albino yang unik [sumber gambar]
Albinisme bisa terjadi karena ada sebagian atau bahkan seluruh pigmentasi yang hilang, sehingga warna kulitnya terlihat menjadi lebih pucat. Hewan albino akan mewarisi satu atau lebih gen yang bermutasi dari kedua orang tuanya. Albino tidak hanya menimpa mamalia saja, tapi juga non-mamalia. Namun hewan non-mamalia mampu menghasilkan pigmen lain selain dari melanin.

BACA JUGA: 10 Foto Hewan dengan Bentuk Unik Ini Harus Kamu Lihat Minimal Sekali Seumur Hidup

Hewan yang terkena albinisme akan terlihat lebih unik dibanding hewan normal lainnya, sehingga kasusnya dianggap sangat langka. Sama halnya seperti kura-kura langka kuning yang ditemukan di India. Bagaimana menurutmu, apakah terlihat unik atau malah menakutkan?

Written by Hendra Digital

Mengenal Achmad Tarmizi, Sekda dengan Gelar Terbanyak Kalau Dituliskan Bisa Satu Paragraf

Skateboard hingga Kuda, 4 Ojol Kreatif Ini Pakai Tunggangan Unik yang Nggak Biasa