in

Menghujat Hingga Buka Lapak, Begini 8 Tipe Mulut Netizen Saat Berkomentar di Media Sosial

Sejak masyarakat melek teknologi dan punya smartphone, berbagai platform media social juga berebut ingin ambil peluang. Sebut saja seperti Instagram, facebook, twitter, dan sejenisnya. Uniknya, penggiat dunia maya yang menyebut diri mereka sebagai netizen juga memiliki kelakuan yang luar biasa unik, dari yang sok bijak sampai menyebalkan.

Well, kita fokus ke Indonesia saja ya Saboom. Bisa dibilang kalau netizen Indonesia adalah abdi media yang paling aktif. Buktinya saja, beberapa fenomena seperti ‘om telolet om’ bisa sampai booming ke mana-mana. Selain itu, di setiap postingan media manapun, mustahil bin tidak mungkin sekali jika tidak menemukan komentar orang Indonesia. Nah, daripada lama-lama, langsung saja simak seperti apa mereka.

Tipe netizen yang meninggalkan hujatan di mana-mana

Netizen tukang hujat [Sumber gambar]
Di manapun mampir, tak akan lupa meninggalkan komentar nyinyir. Ini adalah tipe pertama yang paling banyak ditemukan. Biasanya mereka suka mampir di lapak akun gosip favorit yang tak pernah ketinggalan update berita artis terbaru. Tugas netizen nyinyir ini apalagi kalau bukan menghujat setiap postingan foto yang tak sesuai kehendak hatinya. Hujatan yang dilempar pun beragam, dari memaki sampai memberi komentar yang berisi hinaan dan kata kasar.

Netizen yang mengajak kepada kebaikan di media social

Netizen dakwah [Sumber gambar]
Tipe kedua adalah kebalikan dari yang pertama. Mereka sebenarnya sangat peka dan ingin mengajak orang lain berbuat baik, tapi mungkin kadang membuat jengkel juga. Netizen seperti ini juga sukanya nongkrong di lapak artis. Di foto yang memakai pakaian seksi, mesra-mesraan dengan pacar mereka, foto dengan baju renang dan sebagainya. Ya, bisa ditebak akan seperti apa komentar mereka. ‘Aurat tidak boleh diumbar neng’, ‘semoga segera diberi hidayah’ atau ‘daripada lihat yang beginian mending mengaji dan mendengarkan ceramah’. Yap, komentar seperti ini terkadang membuat si empunya foto ikut sumbang komentar dan buka suara.

Si tukang debat

Perang alanetizen [Sumber gambar]
Pernah melihat ada orang berbalas komentar untuk hal yang sebenarnya enggak penting-penting amat? Ya, tipe seperti ini biasanya memang membanjiri kolom komentar para junjungan dan idola mereka, kalau istilah sekarangnya ‘war’ alias perang. Kesukaannya apalagi kalau bukan beradu argument dan saling hujat dengan netizen lain. Makanya tak heran, komentar netizen seperti ini sama sekali tak berbobot.

Curhat dan mention teman senasib

Jangan lupa ya tag teman kamu [Sumber gambar]
Hal seperti ini banyak sekali terjadi di Instagram. Biasanya pada saat melihat postingan lucu, foto bayi-bayi menggemaskan, binatang peliharaan, quotes yang bikin baper, serta mungkin pasangan yang mendapat julukan relationship goals. Dengan postingan di atas, terjadilah berbagai curahan hati dan berbagai macam harapan ‘andai ini, andai aku, dan andai-andai yang lain’. Tipe postingan seperti ini biasnya dilengkapi dengan mention dan hashtag teman senasib.

Buka lapak alias promosi jualan

Melapak gratis [Sumber gambar]
Dalam postingan yang banyak like, komentar, hal ini membuka peluang untuk para pemilik jualan ambil kesempatan. Masa bodo orang sedang membicarakan apa, yang penting dirinya ikut masuk dan melapak. Segala macam jenis dagangan dikeluarkan, dari pakaian murah meriah, pelangsing, peninggi badan, perapih gigi, hingga yang berhubungan dengan kesehatan organ vital semuanya diposting.

Netizen enggak nyambung dan salah fokus

Komentar netizen gagal fokus [Sumber gambar]
Kedua jenis ini kita bahas sekali saja ya Saboom. Netizen tipe ini sukanya Out of Topic (OOT), yang banyak diomongin apa, yang mereka perhatikan apa. Simplenya, kamu pasti pernah menemukan komentar salah fokus yang sama sekali tak ada kaitannya sama yang diposting si empunya foto atau status. Apakah postinganmu pernah disinggahi netizen jenis ini?

Belum juga baca sudah komentar

Netizen yang baca judul aja [Sumber gambar]
Indonesia memang penduduknya darurat membaca. Tak hanya buku, postingan yang beredar di facebook dan media lain kadang juga tak dicerna dengan baik, tapi langsung dikomentari. Dilihat judulnya sekilas, lalu mulai deh mengeluarkan berbagai macam kata yang kagak nyambung. Benarlah kata pepatah yang menganjurkan untuk ‘don’t judge the book just by its cover’ karena tak semua isi sesuatu persis seperti sampulnya. Be wise!

Netizen santai kayak di pantai

Netizen santai [Sumber gambar]
Ilmu pengetahuan netizen itu sudah melebihi ensiklopedia yang tahu segala hal. Berbeda dari semua tipe di atas, kali ini mereka adalah orang yang tak ambil pusing dengan segala hal yang terjadi di media social. Saat yang lain ribut, perang, dia hanya santai dan kalem. Mereka paling maksimal hanya scrolling dan memberi jempol ke sesuatu yang disukai, selebihnya komentar baru akan keluar setelah ada kejadian yang sangat mengharuskan buka mulut.

Netizen memang maha benar, pengetahuan mereka bisa saja menyaingi ensiklopedia paling lengkap sekalipun. Tapi, kadang kelakuan yang ada-ada saja di media social juga bikin kesal dan jengkel kan? Nah, dari tipe di atas, kamu masuk golongan yang mana Saboom?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Terkenal Jadi Musuh Bebuyutan, Inilah Deretan Pemain Persib dan Persija yang Tak Canggung Berkostum Rival

Dilarang Memotong Obat Sembarangan Kalau Tidak Ingin Hal Buruk Ini Terjadi Padamu