in

Bisa Bikin Celaka, Kenali 5 Penyebab Rantai Motor Kendur yang Sering Dianggap Remeh

Kebanyakan orang tak peduli dengan keadaan rantai motornya yang sudah menjelang tutup usia alias kendur. Asal masih bisa jalan dan merasa dilindungi oleh Tuhan, mereka langsung tancap gas tanpa ragu. Namun, akibatnya ternyata tidak seindah apa yang ia bayangkan. Motor jadi mogok di tengah jalan karena tidak bisa digerakkan. Maju atau mundur saja enggak bisa apalagi digeser ke pinggir jalan, rasanya butuh superman untuk membantu mengangkat motornya.

Nah, itulah salah satu akibat kalau kita ogah memperhatikan rantai kendur. Komponen tersebut bisa putus sewaktu-waktu kalau sudah terlanjur lelah. Mungkin kalian masih banyak yang belum tahu nih tentang penyebab dari kendurnya rantai. Oke, untuk lebih jelasnya kita simak penjelasan berikut ini.

Proses pengencangan rantai yang tidak benar

Hal utama yang membuat rantai cepat kendur adalah cara mengencangkannya tidak benar. Bisa saja karena jarak antara kiri dan kanan arm berbeda. Kalau jaraknya sudah berbeda menyebabkan gir bagian depan dan belakang menjadi tidak center. Akhirnya rantai bergesekan dengan gir dan bisa menghasilkan suara yang tidak enak didengar oleh telinga.

Pemasangan rantai yang tidak benar [Sumber Gambar]
Kemudian kemungkinan kedua adalah pengencangan yang tidak sesuai dengan instruksi dari pabrik. Biasanya pemasangan rantai terlalu kencang sehingga bisa membuat si rantai cepat kendur. Sehingga alangkah lebih baik kalau untuk pemasangan rantai dibawa ke bengkel saja. Jangan nekat untuk memasangnya sendiri jika belum mengerti tentang komponen satu ini.

Rantainya sangat kering kerontang

Mungkin semua sudah tahu kalau rantai butuh untuk dipelumasi. Tapi sayangnya tidak semuanya cepat tanggap kalau si rantai sudah kekeringan. Mereka akan terus membiarkan hal tersebut sampai jadwal servis motor telah tiba. Nah, hal itulah yang bisa mengakibatkan rantai motor kendur.

Kondisi rantai sangat kering [Sumber Gambar]
Padahal, rantai motor sangat perlu untuk diberi oli supaya bisa memperkecil terjadinya gesekan dan dapat lebih mudah berputar. Jadi, kalau rantai sudah terlihat kering harus segera diberi oli ya. Tak perlu khawatir kalau velg dan sekitarnya terciprat, karena itu sebenarnya bukan dari oli. Itu adalah debu yang menempel pada rantai dan akhirnya bercampur dengan oli. Sehingga sebelum kalian memberikan pelumas, rantai harus dibersihkan terlebih dahulu.

Gaya pengendara yang suka jalan dan berhenti secara mendadak

Sikap pengendara ternyata juga berpengaruh terhadap rantai motor Saboom. Kalau si pengemudi mengendarai motornya dengan normal, maka rantai dijamin baik-baik saja. Tapi jika pengendara mengemudikan motornya dengan banyak gaya, misalnya tiba-tiba jalan dan mengerem mendadak ya rantai bisa collapse seketika.

Motor sering jalan dan berhenti mendadak [Sumber Gambar]
Hal ini dikarenakan baut yang longgar dan mulai bergeser dari tempatnya. Jadi lama kelamaan rantai akan mengendur dengan sendirinya. Solusinya adalah harus menggunakan motor dengan hati-hati. Jangan mendadak jalan atau berhenti karena rantai tidak akan kuat semacam rindunya Dilan.

Beban muatan yang terlalu berlebihan

Selain faktor teknis, ada juga penyebab lain yang bisa membuat rantai cepat mengendur. Adalah beban muatan yang ditopang motor terlalu berlebihan. Misalnya saja jika motor dikendarai oleh dua orang, maka rantai lebih cepat mengendur daripada yang sering berkemudi sendirian. Tapi, kalau rantai longgar padahal kalian sering berkendara sendirian, kemungkinan itu karena beban hidup yang sudah terlampau berat.

Beban motor terlalu berlebihan [Sumber Gambar]
Lalu untuk mengatasi hal tersebut yaitu jangan terlalu sering menggunakan motor dengan berboncengan. Namun, jika motor memang harus dikendarai oleh dua orang, rantai harus diperiksa secara berkala. Jangan sampai rantai mengendur dan bisa bikin kalian celaka.

Kondisi jalan juga bisa menyebabkan rantai longgar

Kalau kalian sering melewati jalan yang menanjak atau menurun seperti kehidupan, maka jangan heran jika rantai bisa longgar. Ini disebabkan permukaan jalan yang tidak rata sehingga rantai harus bekerja lebih keras. Jika sudah begini, Saboom harus lebih hati-hati nih.

Kondisi jalan yang rusak [Sumber Gambar]
Bukan hati-hati dalam cara berkendara saja, tapi juga harus lebih memperhatikan keadaan rantai. Komponen itu bisa saja kering ataupun mengendur sewaktu-waktu. Maka dengan sering memeriksa kondisi rantai, kalian bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Tak perlu takut lagi deh dengan kondisi jalan yang cukup amburadul.

Itulah beberapa penyebab dari rantai motor yang cepat mengendur Saboom. Jadi, bisa disimpulkan nih kalau kalian harus rajin memeriksa keadaan salah satu komponen motor tersebut. Karena jika tidak diperiksa secara berkala, maka rantai yang kendur bisa memnahayakan diri sendiri. Jangan hanya ingin memakai saja, tapi motor dan seluruh komponennya juga harus dirawat.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kepoin 5 Fakta Suga BTS, Personil Boyband yang Handal Menciptakan Lirik Lagu

Korban Kian Berjatuhan, Inilah Kandungan Asli dari Miras Oplosan yang Populer di Masyarakat