Seberapa pintar kah pikiran kamu? Parameter untuk mengukur tingkat kepintaran biasanya menggunakan tes IQ. Namun tahukah kamu bahwa pintar itu tidak didapat dari lahir. Langsung pintar begitu saja ketika kamu dewasa adalah suatu hal yang tidak mungkin tanpa proses pembelajaran lebih dahulu.

Artikel Lainnya
Tak Gila Jabatan dan Harta, 4 Pejabat Zaman Dulu Ini Rela Tinggal di Rumah Sangat Sederhana
16 Meme ‘Katanya’ Ini Pas Banget Bikin Baper Orang-orang yang Suka Plin-Plan

Banyak orang yang minder dengan kemampuan dirinya sendiri dan merasa begitu bodoh dan tidak bisa menerima pelajaran atau sukar mengerti jika diberi penjelasan. Hal ini mungkin saja akibat dari gaya hidup, cara pikir dan kebiasaan sehari-hari.

(Baca Juga:Melihat 5 Gerbang Neraka dan Akhirat dari Bumi)

Berikut kebiasaan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari hingga kamu akan bertambah pintar. Simak ulasannya:

1. Pikirkan 10 ide-ide baru setiap hari

Pikirkan 10 ide baru setiap hari meski itu adalah sesuatu yang bodoh seperti mengubah posisi meja kerja atau meja belajar. Anda tidak pernah tahu apa yang mungkin dengan perubahan ini, siapa tau mood bisa lebih baik karena posisinya lebih longgar dan sebagainya.ide baru

Dengan memikirkan 10 ide baru setiap hari merupakan cara yang baik untuk melatih otot-otot otak Anda. Siapa tahu dengan kebiasaan ini suatu saat Anda akan mendapatkan ide bagaimana caranya menjadi kaya dalam seminggu.

Selanjutnya 2. Baca Koran Bisa Membuat Tambah Pintar

2. Baca Koran Bisa Membuat Tambah Pintar

Teknologi berkembang begitu pesat, bahkan sebagian besar tidak sanggup kita beli! Nah sekarang koran pun bisa dibaca via handphone dan tidak melulu soal artikel dalam kertas. Hanya butuh akses internet tanpa perlu membeli korannya.

(Baca Juga:Serem, Gunkanjima, Pulau Hantu Tak Berpenghuni di Jepang)

Tambah Pintar [Source Image:Giphy]

Tetap up to date dengan hal-hal penting di dunia akan membuat Anda tambah pintar karena dijejali dengan informasi terbaru seputar perkembangan dunia. Begitu ada orang lain yang membahas hal yang pernah Anda baca dan ingatan akan dibangkitkan. Yees, Anda nyambung dengan obrolan tersebut dan dapat membuat Anda terlihat lebih pintar

Selanjutnya 3. Buat Opini Yang Berbeda

3. Buat Opini Yang Berbeda

Biasanya orang pintar selalu bilang “thinking out side of the box” atau seperti ungkapan mendiang Steve Jobs si pendiri Apple,inc “Think Different” Ungkapan ini memang tepat karena berpikir atau membuat opini yang berbeda dari pandangan banyak orang pada umumnya, akan memaksa otak kita untuk bekerja lebih keras dan melatih otot-otot otak.think-different-steve-jobs(Baca Juga:Mengenal Lebih jauh! Musa, Bocah Lima Tahun Yang Hafal 29 Juz Al-Quran)

Membuat opini berbeda juga memaksa kita untuk menganalisa sesuatu lebih mendalam daripada orang lain pada umumnya sehingga pada titiknya kita mendapatkan sebuah kesimpulan yang berbeda dengan orang lain. Hal ini juga baik untuk melatih mental. Cara ini juga membantu Anda tetap berpikiran terbuka pada hal baru dan situasi tertentu.

Selanjutnya 4.Baca Buku Minimal 1 Bab Sehari

4.Baca Buku Minimal 1 Bab Sehari

Membaca buku fiksi atau non-fiksi, itu tidak masalah. Membaca adalah ibaratnya seperti latihan kardio(olahraga ringan) untuk otak.

Otak ibarat sebuah pedang, semakin diasah akan semakin tajam. Kebalikannya jika tidak diasah, juga akan tumpul. Apakah alat yang efektif untuk mengasah otak? jawabannya adalah membaca. Menurut Astri Novia (2010) pilihlah satu jenis buku yang Anda sukai, apakah literature klasik, fiksi ilmiah, atau buku pengembangan diri. Dengan cara ini otak akan bertambah kuat.

Baca buku
Kucing Baca buku [source:Tumblr]

Bacalah buku sebanyak mungkin. Menurut para ahli, keuntungan dari membaca buku dapat memberikan dampak yang menyenangkan bagi otak kita. Membaca juga membantu meningkatkan keahlian kognitif dan meningkatkan perbendaharaan kosakata.

Nah lhoh. Mulai sekarang jangan remehkan manfaat membaca walau cuman satu bab sehari.

Selanjutnya 5. Ajari Orang Apa Yang Telah Anda Pelajari

5. Ajari Orang Apa Yang Telah Anda Pelajari

Sekarang waktunya memanfaatkan segala pengetahuan yang Anda miliki yaitu dengan mengajarkannya kembali pada orang lain. Jangan takut, ilmu yang Anda miliki tidak akan hilang dengan mangajarkannya pada orang lain. Justru disinilah letak seninya dari ilmu pengetahuan. Semakin sering mengajarkannya maka akan semakin kuat ingatan kita.mengajar

[Source Image:Giftbay]

Mengajar dan memberitahu orang lain tentang apa yang telah Anda pelajari adalah cara yang bagus untuk memperkuat pengetahuan Anda, jangan ragu untuk berbagi pengetahuan. Selain bermanfaat buat diri sendiri juga bermanfaat bagi orang lain.

Sekarang kita tidak heran kan dengan ingatan guru-guru atau dosen kita. Biasanya mereka kita kagumi karena tampak begitu pintar dihadapan kita, ya itu semua mungkin karena mereka selalu mengajarkan ilmunya setiap hari.

Selanjutnya 6. Bergaul Dengan Orang Pintar

6. Bergaul Dengan Orang Pintar

Pernah dengar sebuah ungkapan “Bergaul dengan penjual parfum maka kita ikut harum dan bergaul dengan penjual bensin maka kita ikut berbau bensin” Ya ungkapan ini saya plesetkan. Namun demikian, Jika Anda bergaul dengan orang pintar setidaknya akan kecipratan kepintaran orang tersebut karena bagaimanapun pergaulan mempengaruhi pola pikir.bergaul dengan orang pintar

[Source image:Tumblr]

Orang pintar akan berpikir cerdas dalam menangani sesuatu dan hal itu akan dipelajari secara tidak langsung olah otak kita ketika bergaul dengan orang macam ini. Selain itu, biasanya orang pintar akan mengajari atau tidak sungkan berbagi ilmu dengan temannya. Namun, yang paling bermanfaat adalah mereka bisa menginspirasi kita untuk terus belajar memperluas pengetahuan

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi cara lain yang bisa membuat semakin pintar, namun hal-hal diatas adalah cara yang cukup mudah dan tidak menghabiskan banyak biaya serta bisa dibuat menjadi kebiasaan sehari-hari.

Jika kamu ingin pintar secara instant, cukup minum tolak angin, karena orang pintar minum tolak angin =)).

Baca Juga: