Siapa yang tidak kenal James Bond, tokoh mata-mata Inggris yang tampan namun ‘mematikan’ ini telah menjadi salah satu icon film dunia. Ia adalah tokoh rekaan ciptaan Ian Flemming, yang memiliki ijin untuk membunuh dan memiliki banyak peralatan untuk membantu menjalankan tugasnya. Peralatan ini pada jamannya dianggap sangat canggih, kemudian peralatan itu malah menjadi kenyataan. Berikut ini adalah contoh peralatan James Bond yang kemudian menjadi peralatan yang sering kita pakai sehari-hari:

1. GPS (Global Positioning System)

Peralatan ini pertama kali muncul di film ‘Goldfinger’di tahun 1964. Ditempatkan di dalam mobil Austin Martin yang dikendarai oleh Bond, ia menggunakan alat ini untuk melacak keberadaan markas musuhnya.

Global Positioning System ala Bond
Global Positioning (GPS) System ala Bond [imagesource]
GPS pertama kali mulai dikembangkan di akhir dekade 60an dan baru selesai pada dekade 90an. Jadi, Bond di jamannya sudah menggunakannya jauh sebelum alat itu ditemukan.

2. Kamera Dalam Air

Di film ‘Thunderbolt’ tahun 1965, Bond menggunakan kamera bawah air untuk mengambil gambar dari markas musuhnya.

Kamera dalam air
Kamera dalam air [imagesource]
Kamera seperti ini belum diproduksi massal, dan di film inilah dunia pertama kali melihat kamera foto dalam air.

3. Mobile Phone

Bond sudah menggunakan telfon mobil di tahun 1963 di film ‘From Russia with Love’, padahal teknologi ini belum ada di jaman itu.

Mobile phone jaman James Bond
Mobile phone jaman James Bond [imagesource]
Pager saja baru muncul di tahun 90an, begitu juga dengan telfon mobil. Kedua hal ini kemudian dikembangkan menjadi handphone seperti yang kita kenal sekarang.

4. Profile Touchscreen

Film ‘Casino Royale’ tahun 2006 memperlihatkan markas MI-6 yang menggunakan meja touchscreen, menampilkan informasi data yang bisa diakses melalui touchscreen.

Profile Touchscreen sudah ada sejak film James Bond
Profile Touchscreen sudah ada sejak film James Bond [imagesource]
Baru-baru ini Microsoft meluncurkan alat yang hampir sama bernama ‘Microsoft-Samsung Pixelsense’.

5. Scanner Sidik Jari

Sekarang ini hampir semua kantor memiliki scanner sidik jari untuk pegawainya.

Mengenal fingerprint dalam film James Bond
Mengenal fingerprint dalam film James Bond [imagesource]
Teknologi ini baru umum dipakai di abad 21, padahal James Bond sudah menggunakannya di tahun 1971 dalam film ‘Diamonds are Forever’.

Tak dapat dipungkiri lagi film-film James Bond memang selalu menampilkan peralatan canggih dan jauh lebih maju di jamannya. Peralatan ini justru memberi inspirasi bagi penemuan peralatan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Peralatan baru apalagi yang akan kita lihat pada film Bond terbaru nanti?