in

5 Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh yang Bisa Dikonsumsi Anak-Anak dan Dewasa

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang disebabkan oleh serangan virus. Nah, waktu tubuh sedang dalam kondisi yang tak stabil, maka radang tenggorokan ini sangat mudah menyerang. Oleh karena itu, pasti semua orang mencari-cari obat radang tenggorokan paling ampuh agar penyakit ini bisa cepat hilang.

Saat ini banyak obat yang ditawarkan untuk menghilangkan radang tenggorokan. Tapi karena terlalu banyaknya penawar yang dijual di pasaran menyebabkan masyarakat bingung untuk memilih. Di bawah ini ada beberapa obat terbaik yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit radang tenggorokan.

1. Menggunakan permen Strepsils

Permen hisap Strepsils

Permen ini pasti sudah tak asing lagi di telinga kita. Karena ini adalah permen sekaligus obat untuk menyembuhkan radang tenggorokan yang paling sering muncul di TV. Maka dari itu, permen hisap ini sangat mudah ditemukan di apotek atau swalayan terdekat. Strepsils selain untuk menyembuhkan radang tenggorokan juga bisa melegakan pernafasan. Untuk mengonsumsi obat ini dosisnya sebanyak 4-5 kali sehari sesuai dengan kebutuhan. Tapi ingat, Strepsils tidak untuk dikonsumsi untuk jangka panjang.

2. Dengan tablet hisap Degirol

Tablet Degirol

Degirol sama dengan Strepsils. Penawar ini berbentuk tablet hisap yang berfungsi untuk orang yang susah menelan. Jadi bisa dikatakan kalau Degirol bisa digunakan untuk anak-anak dan dewasa. Kelebihan dari Degirol ini adalah selain menyembuhkan radang tenggorokan, juga bisa meredakan sariawan, radang gusi dan infeksi selaput lendir pada mulut. Sedangkan aturan penggunaannya adalah dikonsumsi setiap 3 sampai 4 jam dan tidak boleh melebihi 8 tablet sehari. Degirol juga punya efek samping gatal-gatal, ruam kemerahan dan sesak nafas. Jika efeknya sudah separah itu lebih baik konsultasikan ke dokter.

3. Obat FG Troches Meiji

Tablet FG Troches Meiji

Obat satu ini mungkin belum banyak yang tau. Karena FG Troches Meiji tidak dijual secara bebas dan hanya diberikan di resep dokter. Biasanya FG Troches Meiji disarankan oleh dokter jika mengalami sakit ketika menelan. Penawar ini punya beberapa kelebihan yaitu mengobati radang tenggorokan, sariawan dan berbagai jenis infeksi pada gusi dan mulut. Jika mengonsumsi obat ini aturannya adalah 1-2 tablet untuk dewasa, sedangkan anak-anak mengonsumsi 1 saja. Biasanya FG Troches Meiji diminum 4 atau 5 kali dalam sehari.

4. Efisol Lozenges yang ada vitamin C

Efisol Lozenges

Efisol ini merupakan obat pereda radang tenggorokan yang mudah ditemukan di apotek. Biasanya banyak yang mencari penawar ini karena terdapat vitamin C di dalamnya. Sehingga selain untuk menyembuhkan radang tenggorokan, juga bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika ingin mengonsumsi obat ini, aturan pakainya adalah minum 1 tablet setiap 3 jam sekali. Tapi kalau sudah membaik cukup konsumsi 1 tablet setiap 4 sampai 5 jam sekali.

5. Lemocin yang tak dijual bebas di pasaran

Obat Lemocin

Obat satu ini tidak dijual secara bebas di pasaran. Ini karena Lemocin hanya untuk resep dokter. Kelebihan dari Lemocin tersebut adalah bisa menghilangkan bakteri penyebab radang tenggorokan dengan cepat. Hal itu disebabkan penawar yang satu ini bersifat antibiotik yang dapat membunuh bakteri dari penyakit tersebut. Petunjuk penggunaan harus sesuai dengan resep dokter. Yang perlu diingat adalah obat ini jangan diminum dalam jangka panjang karena bisa menyebabkan ketergantungan.

Lima penawar di atas adalah sebagian dari obat radang tenggorokan paling ampuh yang banyak digunakan oleh masyarakat. Jika mengalami gejala penyakit tersebut maka bisa memilih salah satu obat di atas. Tapi kalau sakit masih berlanjut setelah meminum obat-obat tersebut, langsung konsultasikan saja ke dokter.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

11 Potret Seleb Mama Muda Ketika Gendong Anak Ini Bikin Netizen Salah Fokus Sama Gayanya!

5 Jenis Kenari Paling Bagus Suaranya Cocok untuk Menjadi Pajangan di Rumah