Kebiasaan bule atau orang asing yang ada di Indonesia, memang masih sering terbawa dari negara aslinya. Seringkali, kita sebagai penduduk lokal kerap dibuat heran dengan hal itu. Ada yang lucu, ada yang nyeleneh dan juga ada yang unik. Bahkan ada juga yang malah kita ikuti.

Baca Juga: 5 Kisah Orang yang Dikubur Hidup-Hidup Ini Bikin Merinding

Keberagaman budaya dan gaya hidup memang menjadi salah satu hal yang menarik untuk ditelusuri. Kali ini, kita akan melihat kebiasaan apa saja dari si bule yang seringkali membuat kita geleng-geleng kepala. Lucunya, beberapa di antaranya masih ada yang sering kita tiru. Yuk, simak beberapa ulasan kami di bawah ini.

1. Jarang Mandi

Kebiasaan mandi orang Indonesia rata-rata 1-2 kali sehari. Maklum saja, kita tinggal di tempat dengan iklim yang cukup hangat dan mudah sekali berkeringat hingga berminyak. Sementara bule lebih sering mencuci wajah saja dan merasa itu sudah cukup untuk modal keluar rumah.

Artikel Lainnya
Salut! 3 Orang Ini Berani Lawan Begal Meskipun Nyawa Jadi Taruhannya
Kimberly Ryder Akan Menikah dengan Keponakan Tamara Bleszinsky, Netizen: Potek Hati Abang Dek
Bule jarang mandi via brandpointcontent
Bule jarang mandi via brandpointcontent

Tak heran, beberapa orang lokal yang bertemu bule mengaku kalau kerap kali mencium bau badan. Perbedaan iklim dan cuaca memang bisa mempengaruhi gaya hidup, di antaranya kebiasaan mandi. Meski begitu, masih ada kok bule yang rajin mandi dan baunya wangi.

Selanjutnya: Cebok dengan Tisu

2. Cebok Dengan Tisu

Cebok atau membersihkan diri setelah buang air di Indonesia masih sering menggunakan metode konvensional. Di antaranya adalah dengan air menggunakan gayung maupun kran dan selang khusus. Sementara itu, bagi bule, tisu sudah cukup digunakan untuk membersihkan diri setelah buang air.

Cebok dengan tisu via sparklesandstretchmarks
Cebok dengan tisu via sparklesandstretchmarks

Untuk kita yang biasa menggunakan air dan cebok hingga bersih, tisu saja rasanya tidak cukup. Bahkan butuh air beberapa gayung untuk melakukannya. Namun kebiasaan bule yang satu ini banyak mereka lakukan karena praktis dan konon mencegah global warming dengan mengurangi penggunaan air.

Selanjutnya: Ingin Menggelapkan Kulit

3. Ingin Menggelapkan Kulit

Orang bule banyak yang datang ke Indonesia untuk menikmati paparan sinar matahari. Tujuannya adalah ingin menggelapkan kulit agar lebih eksotis dan konon memang kebiasaan ini lebih sehat. Karena itu, orang bule seringkali tidak ada yang takut terkena panas matahari. Paling simple, mereka menggunakan kacamata hitam atau topi. Selebihnya, mereka sangat menikmati berada di bawah matahari.

Bule berjemur via mrwallpaper
Bule berjemur via mrwallpaper

Sementara itu, banyak orang Indonesia, khususnya wanita, yang ingin kulitnya lebih putih. Padahal, orang bule ingin sekali mendapatkan kulit sawo matang karena menurut mereka tampak cantik. Well, rumput tetangga memang sering kelihatan lebih hijau ya.

Nah, itulah beberapa keunikan dari kebiasaan aneh bule yang seringkali berlawanan dengan orang Indonesia. Yah, namanya juga keberagaman dari seluruh dunia. Bukan sebagai pembeda, namun membuka mata tentang wawasan sosial dan membuat kita lebih menghargai perbedaan itu sendiri.

Selanjutnya: Roti Pengganti Nasi

4. Roti Pengganti Nasi

Di saat orang Indonesia terbiasa makan ayam goreng, mie hingga lasagna dengan nasi putih yang pulen dan kenyal, orang bule lebih kenyang saat makan roti. Apapun dilahap dengan roti. Misalnya telur, sayuran atau perpaduan keduanya yang disebut dengan sandwich.

roti-vs-nasi
roti-vs-nasi

Bule meyakini, makan roti lebih sehat dibandingkan dengan nasi yang meningkatkan potensi obesitas. Kebiasaan makan roti pun mulai diikuti beberapa kalangan di Indonesia, konon juga merupakan peninggalan jaman penjajahan Belanda dulu. Tapi, kalau dasarnya memang perut lokal, biasanya lebih suka makan nasi ya? Lebih kenyang sih.

Selanjutnya: Pakai Singlet Saat Jalan-Jalan

5. Pakai Singlet/Tanktop Saat Jalan-Jalan

Kebiasaan berpakaian masih tergolong ketat di Asia, terutama Indonesia. Di sini, menggunakan pakaian sejenis tanktop atau singlet, bisa jadi menarik perhatian. Apalagi kalau yang menggunakannya adalah seorang wanita.

tanktop
tanktop

Namun saat mengunjungi negara dengan iklim tropis di Indonesia, lebih banyak bule yang memilih menggunakan pakaian tanktop atau singlet. Selain gerah, mereka juga lebih nyaman dan hal itu sudah jadi kebiasaan di negaranya. Meski kadang ada ‘pemandangan aset tubuh’ yang sedikit terkuak dari balik pakaian itu, para bule tidak keberatan karena memang mereka berusaha berpakaian senyaman mungkin. Lagipula, tujuan mereka adalah menikmati liburan dan pemandangan yang ada di Indonesia.

Baca Juga: 7 Kisah Rahasia Seputar ISIS yang Jarang Diketahui Dunia