Sejarah pernah mencatat, fakta Bill Gates yang merupakan orang terkaya sejagad ternyata benar adanya. Bahkan, namanya tak pernah absen dari peringkat 5 besar sebagai orang terkaya di dunia. Menurut data yang dirilis oleh Forbes pada tahun 2018, Bill Gates menempati urutan kedua dengan total kekayaan sebesar $ 90 Miliar.

Tak hanya kaya raya, Bill Gates juga dikenal sebagai seorang dermawan yang banyak menyumbangkan hartanya untuk kepentingan umum. Bahkan, ia pernah menyisihkan sebagian hartanya untuk melunasi hutang sebuah negara di kawasan Afrika. Namun, di balik sosoknya yang baik hati tersebut, tersimpan sebuah fakta mengejutkan yang jarang terungkap ke ruang publik, Seperti apa kisahnya? Simak ulasan berikut.

Si jenius teknologi yang merasa bodoh soal bahasa asing

Tak pandai berbahasa asing

Kekayaan Bill Gates per detik yang jumlahnya jutaan tersebut, seakan menegaskan betapa pintarnya ia mencetak uang. Namun di sisi lain, ia merasa sangat kurang dalam pemahaman kosa kata, terutama bahasa asing. Bill Gates ternyata mengaku sangat kesulitan dalam berbicara dengan bahasa asing. Pengakuan tersebut terkuak setelah ia mendapat pertanyaan dari sebuah forum online ‘Ask me Anything’. Bahkan, ia mengaku sangat iri kepada pendiri Facebook, Mark Zuckerberg yang mampu berbicara dengan bahasa Mandarin.

Sumbang uang 50 juta Dollar untuk perangi virus Ebola

Donasi terbesar untuk kemanusiaan

Jika menghitung kekayaan Bill Gates dalam rupiah, tentu jumlahnya akan sangat besar sekali. Kekayaan tersebut, diperolehnya dari Microsoft yang ia rintis beberapa waktu silam. Tak hanya dikenal kaya dan jenius, Bil Gates juga perah menyumbangkan uang sebesar $ 50 juta melalui yayasan miliknya. Bahkan, jumlah tersebut merupakan sumbangan terbesar yang pernah ia alokasikan untuk kegiatan kemanusiaan.

Terancam dipecat dari perusahaannya sendiri

Bakal dipecat karena jula saham

Kekayaan yang berasal dari saham Microsfot, menjadi Fakta Bill Gates yang tak terbantahkan. Tercatat, ia menguasai 49 persen saham Microsoft dalam penawaran umum yang diselenggarakan di tahun 1986. Namun sayang, kebiasaannya menjual saham terus menerus, membuat karirnya terancam di Microsoft. Saat ini, Bill Gates memiliki 330 juta saham. lebih rendah dari rekannya, Steve Ballmer yang memiliki 333 juta saham. Meski dikeluarkan dari Microsoft, Bill Gates akan tetap menjadi orang terkaya di dunia. Setuju gak Saboom?

Miliki koleksi barang kuno dengan harga miliaran

Koleksi barang kuno

Dengan nilai kekayaannya yang fantastis, fakta rumah Bill Gates menjadi sesuatu yang menarik untuk disimak. Di dalam rumah pribadinya yang penuh dengan teknologi canggih, Bill Gates menyimpan sebuah mahakarya kuno dengan harga yang fantastis. Ia menyimpan manuskrip asli milik Leonardo Da Vinci dari abad ke-16 yang disebut Codex Leicester senilai $ 30 juta atau setara Rp 400 Miliar. Benda tersebut didapatkannya dari sebuah acara pelelangan pada tahun 1994.

Kebiasaan unik yang membuatnya sukses

Hobi unik yang membuatnya sukses

Selain aset Bill Gates yang terbilang mewah, ia juga dikenal mempunyai cara yang unik dalam memantau karyawannya. Ia mengaku sangat hapal dengan plat nomor kendaraan dari bawahnya tersebut. Alhasil, ia mengetahui dengan mudah siapa saja yang kedapatan keluar saat jam bekerja. Selain itu, Bill Gates juga merupakan seorang kutu buku ulung. Hal ini terlihat dari rumahnya yang penuh dengan buku di perpustakaan pribadinya.

Fakta Bill Gates di atas, menjadi sebuah pelajaran penting yang bisa diambil manfaatnya. Meskipun bergelimang harta, Bill Gates tetap rendah hati dan menjadi sosok yang dermawan. Alih-alih menghabiskan hartanya dengan pemborosan, ia justru menyumbangkan uangnya untuk kepentingan kemanusaian. Patut ditiru ya Saboom!