Bagi penggemar serial game ponsel Android yang memiliki PC dengan spek rendah, emulator Android paling ringan dan cepat bisa menjadi pilihan terbaik untuk dimainkan pada komputer. Selain kompatibel, emulator tersebut juga bisa dijalankan dengan baik, meski komputer tersebut mempunyi spesifikasi yang rendah. Tidak hanya itu, bahkan platform PC sekelas netbook pun bisa menjalankan emulator tersebut dengan baik.

Masing-masing emulator terbaru yang populer saat ini, tak jarang mensyaratkan spesifikasi khusus untuk sebuah PC agar bisa berjalan dengan baik. Masalahnya, ternyata masih ada banyak beberapa komputer dengan spek rendah, tidak bisa digunakan untuk menjalankan emulator tersebut. Sebagai solusi, ada beberapa emulator android untuk pc spek rendah yang bisa digunakan di bawah ini.

Leapdroid

Leapdroid menjadi salah satu emulator pilihan terbaik bagi mereka yang mempunyai PC dengan spesifikasi minim. Dengan ukuran hanya berkisar 271,2 MB, Konon, software ini merupakan emulator Android paling ringan yang pernah dibuat. Bahkan, raksasa teknologi sekelas Google pun dikabarkan pernah merekrut para developer yang berada di balik pembuatan emulator tersebut. Selain harganya yang gratis, emulatot ini mempunyai desain tampilan yang mewah dan elegan. Tak salah jika para gamers menjadkan emulator ini sebagai solusi bagi mereka yang mempunyai PC dengan spesifikasi yang rendah.

Artikel Lainnya
Ajaib! Tak Banyak Menyentuh Bola Kesebelasan Ini Sukses Menjadi Juara
Minum Air Zamzam dengan Bangga, Asli Atau Palsu Tuh?
Emulator yang pas untuk PC dengan spek minim

Menggunakan sistem Android Kitkat yang sangat stabil, emulator Android ini bisa dijalankan dengan baik pada komputer yang menggunakan Intel Dual Core maupun AMD Dual Core. Leapdroid  yang juga emulator android ringan untuk netbook, bisa digunakan pada komputer dengan arsitektur 32 bit maupun 64 bit. Emulator ini juga mendukung game-game populer seperti Clas 0f  Clan ,Clash Royale maupun aplikasi lainnya.

Windroye

Jika ingin memainkan game Android pada kompter jadul, tak ada salahnya jika mencoba Windroye. Emulator Android buatan republik Tiongkok ini, tergolong sangat handal dan cukup stabil jika dijalankan pada komputer dengan spek yang rendah. Pada beberapa percobaan, emulator ini cenderung stabil pada angka 50 fps dengan komposisi setting komputer menggunakan single core dan 2GB RAM (20148 MB).

Alternatif emulator untuk pc kels menengah dan rendah

Selain itu, nilai plus dari perangkat  ini adalah memberikan keluasaan pada pengguna untuk mencoba aplikasi lain yang lebih kompleks seperti Nova Launcher dan Lspeed. Emulator ini juga telah menyediakan sistem Android penuh dengan Launcher Default. Selain itu, Windroye juga bisa digunakan secara cuma-cuma alias gratis dan tanpa iklan dibanding emulator – emulator populer saat ini.

MEmu

Performa Framerate yang stabil dan konektivitas bagus, menjadikan MEmu sebagai emulator game android terbaik untuk PC dengan spek rendah. Dengan bermodalkan komputer Intel atau AMD dengan besaran RAM 2GB, MEmu bisa memjadi alternatif yang tepat untuk para gamers yang ingin mencoba emulator pada PC dengan spek minim.

Emulator Android paling ringan dan cepat untuk PC

MEmu terdiri dari dua versi OS yang berbeda, yaitu Kitkat dan Lolipop. Sayangnya, emulator ini masih terdapat banyak bug pada seri Lolipop sehinngga pengguna lebih dominan menggunakan OS Kitkat. MEmu yang telah dilengkapi dengan fitur manajemen RAM dan File Explorer, juga sangat stabil dengan tingkat Force Close yang minim. Meski tampilannya sangat sederhana, MEmu bisa menjadi alternatif bagi para gamers yang ingin bermain game pada PC dengan spek yang rendah.

Droid 4x

Salah satu emulator paling handal pada komputer dengan spek minim ini adalah Droid 4x. Selain tingkat Force Close program yang rendah, emulator Android ini juga sangat stabil saat digunakan, khususnya pada game-game yang mempunyai grafis cukup berat. Tidak hanya itu, Droid 4x juga dinilai lebih ringan dan cepat disamping emulator lainnya seperti Genymotion, BlueStacks, Andyroid maupun NOX.

Emulator Android terbaik 2017

Selain itu, kelebihan dari Droid 4x adalah koneksinya yang sangat cepat dibanding emulator yang sejenis. Meski didesain untuk PC dengan spesifikai yang rendah, Droid 4x juga terbilang handal pada kisaran 40 hingga 60 fps. Yang menarik, ketika proses instalasi, Droid 4x tidak menyertakan program tambahan lainnya untuk dipasang seperti emulator kebanyakan. Selain itu, Droid x4 yang termasuk emulator android paling ringan dan cepat ini,  juga telah mendukung pilihan untuk resolusi layar yang bisa disesuaikan.

KoPlayer

Dilengkapi fitur yang banyak dan ukurannya yang ringan, membuat KoPlayer menjadi emulator game android terbaik yang bisa digunakan pada PC kelas rendah. Emulator yang satu menawarkan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna bisa membuka beberapa games sekaligus dalam satu layar.

Emulator yang ringan untuk PC dengan spesifikasi rendah

Selain itu, tambahan fitur berupa mode rekam video saat bermain game, membuat emulator ini pilihan yang baik jika ingin melihat hasil permainan sebelumnya. Emulator ini juga telah mendukung akses root secara default, sehingga pengguna tak perlu repot untuk melakukan root secara manual. Untuk menjalankan emulator ini, dibutuhkan minimal 512 MB RAM yang mendukung prosesor Intel maupun AMD.

Meski bermodalkan komputer jadul dengan spek yang rendah, ada beberapa emulator Android paling ringan dan cepat yang bisa dipiih untuk menjalankan game Android. Meski beberapa perangkat tersebut tergolong sebagai emulator android terbaik 2017,  kita juga harus jeli dalam memilih emulator yang cocok dengan spesifikasi komputer kita. Jangan sampai memilih sebuah emulator yang justru dapat menghambat aktivitas bermain atau bahkan dapat merusak komputer kita.