20.000 Umat Buddha Hadiri Perayaan Tri Suci Waisak 2015 Di Borobudur

oleh Adys Disty
06:38 AM on Jun 3, 2015
Candi Borobudur via cnn
Candi Borobudur via cnn

Perayaan Tri Suci Waisak 2015 di Candi Agung Borobudur akan dihadiri setidaknya 20.000 umat Buddha dari berbagai daerah di Indonesia, Selasa (2/6). Umat Buddha dari 18 negara sahabat seperti Tibet, Thailand, Hongkong, dan China juga dikabarkan ikut meramaikan hari sakral bagi umat Buddha tersebut.

“Umat Buddha yang hadir sekitar 20.000 orang, ada juga umat dari 18 negara yang sudah konfirmasi akan hadir, seperti Thailand, Singapura, Tiongkok, Tibet dan sebagainya. Ribuan umat yang hadir akan mengikuti seluruh rangkaian prosesi Tri Suci Waisak yang dimulai dari Candi Mendut, Candi Pawon dan Candi Agung Borobudur,” jelas Ketua Dewan Penyantun Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Murdaya W Po, Selasa (2/6).

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri upacara pembukaan detik-detik peringatan Waisak yang diselenggarakan di altar candi warisan wangsa Syailendra itu pada sekitar pukul 19.00 WIB. Sedangkan detik-detik Waisak sendiri akan dilaksanakan menjelang pergantian hari sekitar pada pukul 23.18 WIB dengan ditandai penerbangan ribuan lampion ke langit Borobudur oleh umat Buddha.

Menjelang peringatan Tri Suci Waisak, air suci dan api dharma telah disemayamkan di Candi Mendut, Magelang. Setelah itu, air suci dan api dharma akan dibawa menuju Altar Utama di Candi Borobudur. Prosesi pengambilan air suci dilakukan di Umbul Jumprit, Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, Minggu (31/5). Pada hari ini, api dharma diambil dari api abadi di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.

Saat api dharma tiba, para pimpinan sangha dan majelis agama Budha langsung menyambut kedatangannya. Mereka akan langsung membacakan doa yang dipimpin oleh Bhante Wong Sin Labhikho Mahathera. Doa bersama umat Budha tersebut dilakukan di tenda altar yang telah dipersiapkan panitia.

Inti dari doa tersebut adalah memohon keselamatan umat, keharmonisan dan kedamaian dunia serta kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia. Setelah doa bersama dilanjutkan dengan prosesi pradaksina yang berjalan kaki mengelilingi Candi Mendut searah jarum jam sambil membawa membawa api dharma.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA