Tak hanya sebagai tempat bernaung, generasi kekinian memaknai rumah sebagai identitas pemiliknya. Tak heran jika setiap tahun bermunculan desain rumah unik di dunia. Rumah-rumah ini nggak melulu mewah lho ya, ada juga yang sederhana tapi didesain dengan bentuk yang unik, manis, hingga bisa dikatakan nyeleneh.

Meski dari awal dibuat bukan untuk tempat wisata, beberapa rumah unik di dunia malah membuat traveler berbondong-bondong datang untuk sekedar menikmati nilai seni yang ada di dalamnya. Gimana, mulai penasaran kan? Yuk intip 10 rumah unik di dunia yang mungkin bisa kamu jadikan inspirasi membangun rumah impianmu kelak.

Rumah Sepatu, Amerika Serikat

Rumah sepatu

Terletak di Hallem, Pennsylvania, Amerika Serikat, rumah unik ini sudah ada sejak tahun 1948. Dibangun oleh Colonel Mahlon Nathaniel, rumah ini adalah wujud raksasa dari sepatu bot tua milik Nathaniel. Tak ingin setengah-setengah, rumah ini juga memiliki furniture pendamping dengan tema sepatu. Ada desain jendela dengan ornament sepatu, kandang anjing, kotak pos, hingga pagarnya pun berbentuk sepatu. Lucu banget yak.

Rumah Terbalik, Polandia

Rumah terbalik

Termasuk satu dari sekian rumah unik di dunia yang cukup populer, rumah ini dibangun oleh seorang arsitek dari Polandia bernama Daniel Czapiewski. Tujuan pembangunan rumah ini adalah ungkapan tumbangnya era komunis di Polandia. Desain terbalik 180 derajat, menggambarkan bahwa kehidupan sosial yang tidak stabil selama masa-masa komunis berlangsung. Karena keunikannya, banyak negara-negara lain yang membuat rumah serupa, termasuk Indonesia.

Rumah Tempurung Keong, Meksiko

Rumah tempurung keong

Mewah dan unik, rumah milik Javier Senosiain ini memiliki tiga tingkat dengan hiasan yang dominan dengan kaca warna-warni. Di siang air, hiasan kaca memunculkan cahaya warna-warni yang indah. Tak main-main, rumah ini di desain oleh arsitektur kondang Arquitectura Organica. Wah, kira-kira berapa ya budget untuk membuat rumah ini?

Rumah Transparan, Jepang

Rumah transparan

Rumah unik di dunia selanjutnya adalah sebuah hunian yang tembus pandang di Tokyo, Jepang. Didesain oleh arsitektur Jepang bernama Sou Fujimoto, rumah ini memiliki keseluruhan luas sekitar 85 meter persegi. Bertujuan agar cahaya matahari mudah masuk, keseluruhan rumah ini transparan dan bisa dilihat semua bagiannya dari luar rumah. Meski begitu, rumah ini sangat kokoh dengan rangka-rangka dari logam. Untuk tetap menjaga privasi, beberapa bagian dipasangi tirai dan gorden.

Rumah Piano dan Biola, China

Rumah piano dan biola

Bertema musik, sebuah rumah di Kota Huainan, China berbentuk piano dan biola raksasa. Berhias kaca-kaca indah, rumah ini termasuk satu dari sekian rumah unik di dunia yang dikagumi masyarakat dunia. Tak hanya itu, rumah piano biola ini juga disanggah tiga kaki beton. Bagian atapnya pun memiliki teras yang membuat siapapun ingin singgah di sana. Dibuat pada tahun 2007 silam, rumah ini adalah karya seorang mahasiswa arsitektur di Hefei University of Technology.

Rumah Batu, Portugal

Rumah batu

Kamu yang pernah nonton serial animasi ‘The Flintstone’, pasti nggak asing deh dengan rumah satu ini. Ya, terinspirasi dari serial tersebut dibangunlah rumah yang bernama Casa do Penedo ini. Meski terlihat jadul dari luar, tapi interior dalam rumah ini lengkap dengan fasilitas kolam renang hingga jendela anti peluru. Tak heran jika kini rumah yang dibangun pada 1972-1974 itu kini dijadikan museum dan menjelma tempat wisata andalan di Portugal.

Holidome, Perancis

Holidome

Selain memiliki desain unik berupa parabola yang memiliki nilai seni tinggi, Holidome memiliki banyak keistimewaan lain. Salah satunya, rumah unik di dunia ini mampu menghemat energi sebab dilengkapi panel surya di seluruh permukaannya. Alhasil, rumah ini tetap dingin di musim panas, sebaliknya menghangat di musim dingin.

Rumah Terkecil, Laos

Rumah terkecil

Rumah unik berikutnya didesain oleh tangan kreatif arsitek Van Bo Le-Mentzal. Hanya memiliki luas 1 meter persegi, rumah ini hanya cukup untuk satu orang saja. Cocok buat jomblo nih #eeh. Nah, karena ukurannya yang sangat mini, rumah dengan berat 45 kg ini terkenal dengan sebutan one sqm house. Meski kecil, keunggulan rumah ini memiliki satu pintu, jendela, dan kursi. Jika ingin tidur di dalamnya, cukup memutarnya 90 derajat guys. Keuntungan rumah ini adalah bisa di bawa ke mana saja. Ini rumah apa perasaan yak, kok bisa dibawa ke mana-mana?

Mirror House, Italia

Mirror House

Bukan sembarang kaca, rumah di Italia ini dibuat dengan cermin cantik yang membuatnya seakan menghilang dan menyatu dengan alam di sekelilingnya. Rumah ini merupakan salah satu rumah di dunia yang antrian sewanya selalu panjang baik untuk acara-acara tertentu maupun liburan.

Habitat 67, Montreal Kanada

Habitat 67

Tak kalah dari desain rumah unik di dunia lainnya, Habitat 67 juga memiliki arsitektur yang menakjubkan. Bangunan yang terdiri dari blok-blok yang disusun bertumpuk ke atas ini membentuk sebuah apartemen unik yang mengagumkan. Siapa sangka, bangunan ini awalnya hanya sebuah tesis. Saat diwujudkan, hasilnya benar-benar melebihi ekspektasi pembuat idenya.

BACA JUGA: Ini Nih Deretan Rumah Dengan Bentuk Paling Unik Dan Nyentrik di Dunia!

Sepuluh rumah di atas memang memiliki desain unik yang mengagumkan ya guys. Nggak cuma itu, cerita di balik berdirinya rumah juga luar biasa menginspirasi. Jadi, dari semua rumah di atas, manakah yang membuatmu paling penasaran dan ingin buru-buru masuk ke dalamnya?