Menyambangi “Zona Diam” di Meksiko, Let’s Get Lost!

oleh Alfry
08:49 AM on Mar 19, 2015

Ada satu tempat di dunia yang bisa membuat setiap traveler yang masuk ke sana tersesat dan bingung mencari jalan pulang. Tempat ini memiliki keadaan yang sangat aneh dimana kompas tidak akan berfungsi dan sinyal ponsel juga tidak ada. Anda benar-benar akan masuk ke dunia antah berantah saat berada di sana. Di mana tempat itu?

Sebuah padang pasir di Meksiko utara tepatnya ada di antara dua negara bagian Durango dan Coahuila dikenal sebagai zona del silencio atau zona diam. Daerah ini berada di dekat kota Mapimi sehingga disebut juga dengan daerah sunyi Mapimi.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

Zona Diam Mapimi via algorhythym
Zona Diam Mapimi via algorhythym

Menurut legenda, transmisi elektromagnetik tidak bisa diterima di seluruh wilayah itu, sinyal radio tidak bekerja, kompas tidak menunjuk arah seharusnya bahkan flora dan fauna yang tumbuh di sana mengalami mutasi genetik yang tidak normal.

Selama bertahun-tahun daerah tersebut diselimuti dengan aneka cerita mistis mulai dari tempat bekas pendaratan alien sampai berbagai macam kegiatan paranormal. Cerita-cerita ini akhirnya mendorong banyak turis yang penasaran untuk datang menyambangi langsung daerah misterius tersebut.

Zona del Silencio via Flickr
Zona del Silencio via Flickr

Mitos akan misteriusnya daerah tersebut dimulai pada bulan Juli 1970, ketika pangkalan militer Amerika yang ada di dekat Sungai Green, Utah melakukan uji coba penembakan rudal Athena dengan target White Sands Missile Range. Namun rudal meleset dari target dan malah terus meluncur sejauh 250 kilometer ke arah selatan dan jatuh di kawasan Mapimi Desert. Rudal nyasar tersebut baru ditemukan tiga minggu kemudian.

Tapal batas zona diam via Panoramio
Tapal batas zona diam via Panoramio

Cerita tentang mitos misterius terus berkembang yang akhirnya menumbuhkan minat wisatawan yang penasaran untuk datang ke sana buat membuktikannnya langsung. Cerita-cerita misteri nampaknya menjadi jurus yang ampuh untuk mengiklankan tempat tersebut.

Terlepas dari mitos-mitos tersebut terbukti atau tidak namun beberapa turis yang datang mengaku bahwa saat di zona diam itu ponsel dan kompasnya berfungsi dan tidak ada kejadian aneh apapun selama penelusurannya di gurun tersebut. Penasaran ingin membuktikannya langsung?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA