Satu Gram Saja dari 7 Zat Kimia Ini Bisa Membunuh Ribuan Orang!

oleh Tetalogi
16:42 PM on Jan 17, 2016

Pada umumnya zat kimia memang dianggap berbahaya, tapi hanya jika digunakan dalam jumlah yang banyak atau ketika bereaksi dengan zat tertentu. Karena itulah dalam kehidupan sehari-hari, zat kimia terkadang memang masih banyak digunakan untuk keperluan tertentu.

Meski begitu, ada banyak zat kimia yang tidak banyak diketahui orang. Namun, zat kimia ini sangat mematikan sehingga hanya satu gram saja bisa membunuh ribuan orang atau bisa meledak kapan saja.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Karena itu, berhati-hatilah dengan zat-zat kimia berbahaya berikut ini.

1. Chlorine Trifluoride

Bahkan abu juga tetap terbakar [Image Source]
Bahkan abu juga tetap terbakar [Image Source]
Chlorine Trifluoride ditemukan pertama kali pada tahun 1930an dan merupakan zat kimia yang sangat mudah bereaksi dan meledak. Zat ini bahkan mampu membakar sisa benda yang sudah terbakar seperti abu dan arang.

2. Azidoazide Azide

Ilustrasi ledakan [Image Source]
Ilustrasi ledakan [Image Source]
Azidoazide Azide adalah zat yang sangat mudah meledak dalam kondisi apapun. Zat kimia ini akan meledak saat kamu menggerakkannya, menyentuhnya, melarutkannya, terpapar sinar-x, terkena cahaya, atau bahkan ketika kamu tidak melakukan apapun terhadap zat ini.

3. Fluoroantimonic Acid

Ilustrasi asam yang membakar dinding [Image Source]
Ilustrasi asam yang membakar dinding [Image Source]
Benda ini bersifat sangat asam dan bahkan 10 ribu triliun kali lebih asam dari asam sulfur. Zat ini mampu melelehkan plastik, kaca, serta bisa meledak ketika bereaksi dengan air.

4. Sianida

Sianida yang beracun [Image Source]
Sianida yang beracun [Image Source]
Zat ini bisa berakibat sangat fatal bahkan meski cuma seujung kecil sendok teh. Zat ini sangat beracun bagi manusia karena mampu menghentikan aliran oksigen dan menyebabkan masalah medis serius hingga akhirnya kematian.

5. Ricin

Biji jarak secara alami mengandung ricin [Image Source]
Biji jarak secara alami mengandung ricin [Image Source]
Dalam tubuh manusia, zat ini akan masuk ke sel tubuh dan mencegah produksi protein yang dibutuhkan tubuh. Tanpa protein, sel akan mati, dan akhirnya orang tersebut juga akan mati. Belum ada penawar yang bisa menyelamatkan seseorang yang keracunan ricin.

6. Dimethylcadmium

Ilustrasi zat kimia [Image Source]
Ilustrasi zat kimia [Image Source]
Sebuah zat kimia yang sangat berbahaya dan mampu meracuni organ tubuh. Zat ini akan mengganggu fungsi paru-paru, hati, ginjal, otak, hingga sistem syaraf. Dimethylcadmium juga bersifat karsinogen yang artinya meski selamat dari paparan awal dengan zat ini, pada akhirnya korban akan menderita kanker.

7. Pantaerythritol tetranitrate

Bahan peledak menggunakan Pantaerythritol tetranitrate [Image Source]
Bahan peledak menggunakan Pantaerythritol tetranitrate [Image Source]
Zat yang juga disebut dengan PETN ini adalah salah satu materi peledak yang sangat kuat. Karena bersifat sangat sensitif terhadap getaran dan gesekan, zat ini digunakan dalam pembuatan bom nuklir.

Zat kimia memang bukanlah zat yang bisa diperlakukan sembarangan. Tanpa pengetahuan atau dasar pendidikan yang cukup, maka memang sebaiknya seseorang tidak diperbolehkan untuk mendapatkan zat ini. Pasalnya hanya dengan sedikit saja kesalahan bisa berakibat fatal.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA