Kisah Yuri Gagarin, Kosmonaut Rusia yang Sangat Dihormati Bung Karno

oleh Adi Nugroho
14:03 PM on Nov 26, 2016

Selama ini kita mengenal Neil Amstrong sebagai orang yang bisa keluar angkasa, bahkan menginjakkan kakinya di bulan. Namun, orang pertama yang berhasil terbang keluar angkasa adalah kosmonaut bernama Yuri Gagarin yang berasal dari Rusia. Pria yang lahir pada tahun 1934 itu mampu mengendalikan pesawatnya hingga ke luar angkasa termasuk melewati kawasan Indonesia.

Pencapaian yang besar ini membuat nama dari Yuri Gagarin mencuat bak selebiritis yang sedang naik daun. Semua mata langsung melihat ke arahnya termasuk presiden pertama dari Indonesia, Bung Karno. Berikut kisah tentang Yuri Gagarin yang merupakan pahlawan Rusia yang sangat dihormati oleh Bung Karno selama hidupnya.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Anak Desa yang Menjadi Kosmonaut Hebat

Tidak ada di dalam bayangan Yuri Gagarin kalau hidupnya akan berubah seratus delapan puluh derajat. Sebagai anak dari seorang tukang kayu yang tinggal di desa, Gagarin bermimpi untuk menjadi seorang penerbang yang hebat. Mimpi ini terus diwujudkan oleh pahlawan dari Rusia ini dengan melakukan latihan belajar banyak hal sebelum akhirnya kesempatan untuk menjadi penerbang tiba.

Yuri Gagarin [image source]
Yuri Gagarin [image source]
Dalam tes yang dilakukan oleh pemerintah Uni Soviet (Rusia), Gagarin harus melawan setidaknya 3.000 orang pendaftar. Dengan kemampuan yang dimiliki, Gagarin akhirnya mampu mengalahkan ribuan orang itu dan menyisakan satu pesaing bernama German Titov. Dari diskusi panjang yang dilakukan oleh pihak berwenang, Yuri Gagarin lah yang akhirnya terbang. Dia membawa Rusia menjadi negara pertama yang mengirimkan kosmonautnya ke luar angkasa.

Penerbangan Yuri Gagarin yang Mendunia

Penerbangan yang dilakukan oleh Yuri Gagarin langsung mendapatkan perhatian dunia internasional. Semua media di seluruh dunia mengabadikan momen yang sangat berharga ini. Berita di TV, surat kabar, dan radio membahas Yuri Gagarin yang mampu terbang hingga ke luar angkasa dan akhirnya mendarat lagi dengan kondisi selamat di bumi.

Penerbangan Yuri Gagarin [image source]
Penerbangan Yuri Gagarin [image source]
Berita terbangnya dari Yuri Gagarin juga sampai ke Indonesia. Koran di Indonesia banyak membahas tentang Yuri Gagarin yang berasal dari Rusia itu. Bahkan, Bung Karno yang merupakan Presiden Indonesia kala menyatakan kekagumannya yang mendalam. Beliau bahkan ingin menemui Yuri Gagarin saat melakukan kunjungan ke Rusia.

Bung Karno, Rusia, dan Yuri Gagarin

Pada tahun 1961 di mana Yuri Gagarin terbang keluar angkasa, hubungan Indonesia dengan Rusia sedang hangat-hangatnya. Bung Karno memiliki banyak teman di Rusia termasuk para petinggi yang penting. Dalam kunjungannya ke Rusia, Bung Karno sempat memberi penghargaan tertinggi kedua kepada salah satu pentolan Rusia bernama Leonid Brezhnev.

Bung Karno dan Yuri Gagarin [image source]
Bung Karno dan Yuri Gagarin [image source]
Di saat yang nyaris sama, Bung Karno juga memberikan penghargaan Bintang Adipadana atau Order of the Star 2nd Class. Penghargaan ini diberikan oleh Bung Karno lantaran pemimpin ini kagum dengan sosok Gagarin. Bung Karno secara khusus juga mengajak orang hebat itu untuk mengobrol dan membahas masalah penerbangannya.

Penghargaan Bung Karno Kepada Yuri Gagarin

Selain mendapatkan penghargaan berupa bintang jasa tertinggi kedua dari Indonesia. Gagarin juga mendapatkan sebuah vila yang terletak di kawasan Bogor Indonesia. Bung Karno memberikan tempat itu karena berharap, Gagarin akan datang ke Indonesia meski tidak pernah terlaksana. Hingga akhirnya Gagarin meninggal dunia, begitu pula Bung Karno tutup usia, vila itu masih kosong.

Kehebatan Yuri Gagarin [image source]
Kehebatan Yuri Gagarin [image source]
Meski tidak pernah ditinggali atau didatangi oleh Gagarin, tempat pemberian Bung Karno pernah didatangi kosmonaut rekanan dari Gagarin. Setidaknya ada kosmonaut Rusia yang diundang secara khusus oleh Bung Karno untuk datang ke Indonesia. Datangnya kedua kosmonaut itu juga membuat hubungan Indonesia dan Rusia semakin mesra terutama pada sektor pertahanan dan militer.

Inilah kisah tentang Yuri Gagarin yang merupakan pahlawan Rusia yang sangat dihormati oleh Bung Karno. Terlepas seperti apa hubungan Indonesia dan Rusia sekarang, dua negara ini pernah menjalin kemesraan yang sampai membuat dunia jadi iri dan menaruh banyak curiga.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA