Hal-hal yang Dilakukan Orang yang Bisa Beragam Bahasa Asing

oleh Tetalogi
15:00 PM on Sep 4, 2015

Sekarang ini, kalau mau lebih maju memang dituntut untuk bisa menguasai berbagai macam bahasa asing. Belajar bahasa asing bukan berarti nggak cinta dengan bahasa sendiri atau mau sok kebarat-baratan tapi memang karena banyak hal keren yang bisa kamu lakukan.

Apakah kamu termasuk orang yang pinter cas cis cus pakai bahasa asing? Kalau iya, kamu pasti sering atau setidaknya pernah melakukan hal-hal berikut ini.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Kamu Jadi Kamus Berjalan

Ketika kamu mahir bahasa asing, orang-orang akan selalu mengerubungimu. Secara otomatis, kamu akan menjadi kamus berjalan bagi orang lain. Dengan kemampuanmu berbahasa asing, kamu juga akan kelihatan lebih cerdas dan lebih keren.

kamus [Image Source]
Nggak perlu bawa-bawa kamus sebanyak ini kalau teman dekatmu adalah kamus berjalan [Image Source]
Selain jadi kamus berjalan, kamu akan sering mendapatkan permintaan buat ngajarin bahasa asing. Atau kadang jadi penerjemah dadakan saat temanmu ketemu kata-kata yang nggak mereka mengerti, atau waktu mereka ingin terlihat keren waktu ngirim sms gombal pakai bahasa asing.

2. Nonton Film Nggak Pakai Subtitle

Apa itu subtitle? Nggak usah pakai subtitle juga udah bisa nonton film yang pakai bahasa asing. Nanti kalau ada yang mau ngopi film dari kamu tinggal ngomong, “tapi nggak ada subtitlenya. Aku jarang pake subtitle,” gitu doang udah terlihat keren.

Nonton Film [Image Source]
Nonton film luar negeri nggak perlu pakai subtitle. Keren! [Image Source]
Kadang juga, waktu nonton film dengan subtitle, orang yang mahir bahasa tersebut suka ngomel-ngomel sendiri lantaran terjemahan yang nggak cocok sama konteksnya. Jadi kalau nonton film pakai subtitle emang kadang justru bikin geregetan sendiri.

3. Ngomongin Orang Tanpa Ketahuan

Yang udah mahir ngomong pakai bahasa asing, terutama yang nggak banyak dikenali orang seperti bahasa Inggris pasti paling nggak udah pernah ngomongin orang pakai bahasa asing. Kan seru tuh, mau membuat rencana kenalan dengan orang di depanmu, atau ngomongin betapa bau asem orang yang duduk di sebelahmu, nggak ada yang ngerti dan juga nggak ada yang tersinggung.

Ngomongin orang [Image Source]
Kamu pasti pernah ngomongin orang pakai bahasa yang cuma dimengerti kamu dan temenmu [Image Source]
Tapi kamu perlu hati-hati juga, jangan-jangan orang yang kamu bicarakan sebenarnya ngerti apa yang kalian bicarakan? Kan malu tuh kalau ternyata kamu ngomongin orang dalam bahasa yang mereka ngerti. Kalau perlu kamu belajar bahasa yang Swahili aja sekalian.

4. Nulis Diary Pakai Bahasa Asing

Kalau kamu pinter nulis dalam bahasa asing, lebih keren lagi yang hurufnya nggak pake alfabet umum, dijamin diarymu aman. Tulis aja dengan menggunakan huruf China, Korea, Jepang, Rusia, Thailand, atau huruf lainnya yang lebih sulit dipahami oleh mata awam.

Diary [Image Source]
Nulis diary dengan bahasa asing bisa memberikan kesan misterius juga, lho[Image Source]
Dengan menulis di diary menggunakan huruf dan bahasa asing, nggak perlu kamu sampe nyimpen diarymu di dalam bunker. Kalau ada orang yang baca, mereka juga nggak akan ngerti artinya. Dan kamu dapet cap keren karena bisa nulis pake huruf asing. Oke nggak tuh?

5. Membalas Orang yang Ngomongin Kamu Pakai Bahasa Asing

Ini sebagai balasan dari poin ketiga. Akan ada beberapa orang yang ngomongin orang secara terang-terangan pakai bahasa asing. Idenya sih ya biarpun ngomonginnya keras-keras, kan yang diomongin nggak bakal ngerti maksudnya.

Marah pakai bahasa asing [Image Source]
Ada yang ngomongin kamu pakai bahasa asing? Bilang aja, “aku ngerti kamu ngomong apa.” [Image Source]
Nah, kalau ketemu yang seperti ini, tidak perlu membalas dengan marah-marah. Cukup bilang “aku ngerti lho kalian ngomongin aku. Aku juga bisa bahasa …” pakai bahasa yang mereka gunakan buat ngomongin kamu. Lalu melenggang pergi dengan anggun. Dijamin bikin mereka kapok jadi orang sok!

6. Ngomong Dengan Diri Sendiri Dalam Bahasa Asing

Hayo, ngaku deh. Kamu yang mampu banyak bahasa pasti perna ngobrol dengan diri sendiri pakai bahasa asing. Entah itu berdebat, atau bahkan curhat, rasanya ngomong sendiri pakai bahasa asing itu emang terasa lebih melegakan.

Ngomong sendiri [Image Source]
Berdebat dengan diri sendiri pakai bahasa asing itu seru abis [Image Source]
Tahu kenapa? Karena akan ada beberapa istilah atau ungkapan yang tidak bisa dijelaskan dalam bahasa tertentu. Jadi saat kamu ngomel sendiri, bisa keluar semua deh segalah unek-unek dan ekspresimu dalam bahasa asing tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang sering dilakukan orang-orang yang pinter berbagai macam bahasa. Kalau kamu, apa sih yang sering kamu lakukan dengan keahlian multilingualmu?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA