5 Tokoh Yahudi Dunia ini Pernah Berjasa Bagi Indonesia

oleh Rizal
07:33 AM on Dec 24, 2015

Tentang konflik Palestina-Israel, sudah sejak zaman Bung Karno Indonesia telah tegas menyatakan dukungan untuk pembebasan Palestina. Hal ini bisa diartikan jika Indonesia tak menyukai Israel. Terlebih lantaran negara ini mayoritas Muslim yang pasti sudah bolak balik terguncang melihat saudara seiman di Palestina diperlakukan seperti itu. Apalagi bangsa Yahudi konon berada di balik banyak peristiwa besar dunia ini menjadikan masyarakat Indonesia makin menjauhkan hormat mereka kepada negara zionis ini.

Ya, beginilah gambaran umum antara Israel yang bisa kita sebut pula Yahudi dengan Indonesia. Meskipun bisa dikatakan tak harmonis, namun sejatinya tetap ada hubungan antara dua pihak ini. Bahkan Yahudi tercatat pernah melakukan hal besar bagi bangsa ini lewat tokoh-tokohnya. Meskipun kadang memang tak secara langsung.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Tak ada larang untuk suka ataupun benci terhadap mereka karena itu adalah opini, namun jangan pernah lupa akan jasa-jasa mereka terhadap bangsa ini.

1. Albert Einstein

Einstein tidak pernah menginjakkan kaki di negara ini untuk mengajar siswa-siswa SMA tentang sains. Ia juga tak pernah terlibat hubungan apa pun dengan pemerintah Indonesia. Lalu apa jasa yang ilmuwan jenius ini untuk kita? Besar, sangat besar.

Gara-gara Einstein Indonesia bisa merdeka [Image Source]
Gara-gara Einstein Indonesia bisa merdeka [Image Source]
Seperti yang kamu tahu, lewat tangan Einstein lah bom atom tercipta. Lalu benda ini akhirnya dipakai oleh Sekutu untuk membombardir Nagasaki dan Hiroshima. Singkatnya, gara-gara Einstein bangsa kita bisa merdeka. Jika saat itu ia tidak menciptakan bom atom dan dipakai oleh Sekutu, mungkin saat ini kita masih pakai karung goni dan berjibaku dengan kerja paksa penjajahan Jepang.

2. George Soros

“Ah, ngawur, Soros itu orang gila yang bikin Indonesia krismon” mungkin begitu reaksi banyak orang ketika melihat nama ini dikatakan sebagai sosok yang berjasa buat Indonesia. Ya, tak dipungkiri memang gara-gara Soros Indonesia mengalami krisis ekonomi. Namun, sebenarnya Soros tak benar-benar ingin menghancurkan bangsa ini. Ia hanya melakukan sedikit manuver yang kebetulan dampaknya sampai ke Indonesia. Lalu, apa jasa pria Yahudi satu ini?

Soros ternyata salah satu donatur sebuah yayasan di Indonesia [Image Source]
Soros ternyata salah satu donatur sebuah yayasan di Indonesia [Image Source]
Tak terlalu banyak, meskipun tak boleh dipandang sebelah mata. Soros, di balik kebengisannya terhadap sistem keungan dunia, ternyata ia adalah salah satu penyumbang aktif di sebuah yayasan di Indonesia. Selain itu, tokoh satu ini juga pernah mampir ke Istana Presiden dan memberikan bocoran-bocoran strategi ekonomi terhadap Pak Jokowi.

3. Mark Zuckerberg

Adanya Facebook bagi orang Indonesia adalah berkah tersendiri. Tak hanya sebagai media komunikasi saja, Facebook juga membantu perekonomian masyarakat kita secara luas. Entah itu lewat grup-grup jualan sampai dengan membantu pendapatan lewat Fanpage yang berkorelasi dengan website dan pageviews. Tak hanya Facebook, kreatornya sendiri juga lumayan berjasa kepada Indonesia.

Facebook dan Mark memberikan manfaat besar bagi Indonesia [Image Source]
Facebook dan Mark memberikan manfaat besar bagi Indonesia [Image Source]
Ya, seperti yang diberitakan, beberapa waktu lalu Mark mampir ke Indonesia dan sempat diajak blusukan Jokowi. Tujuannya kemari adalah ingin memperkenalkan beberapa program bagus. Salah satunya adalah Internet.org. Ini adalah semacam program internet gratis agar orang-orang Indonesia secara luas bisa merasakan derasnya informasi dan juga membantu dalam hal edukasi pula.

4. Larry Page

Apa sih peran Google terhadap orang Indonesia? Sangat banyak tentu saja. Mulai dari mempermudah bisnis, membuka kantor cabang yang mempekerjakan orang Indonesia, dan masih banyak lagi yang lain. Faktanya, Larry Page si kreator Google ini adalah Yahudi tulen.

Google sangat berjasa besar kepada orang Indonesia [Image Source]
Google sangat berjasa besar kepada orang Indonesia [Image Source]
Tak hanya itu, Google juga membuat banyak orang Indonesia jadi lebih mudah meraih mimpi lewat salah satu produk terkenalnya, Youtube. Sudah tak terbilang lagi berapa banyak artis dan penyanyi terkenal yang awalnya adalah seorang Vlogger yang rajin posting video di Youtube. Tak bisa dipungkiri jasa besar ini dan sekali lagi, pemilik semua fasilitas ini adalah seorang Yahudi.

5. Haim Saban

Masa kecil dulu takkan pernah indah kalau Power Ranger tak pernah tayang di televisi kita. Aksi-aksi jagoan warna-warni yang punya robot ini sukses membuai anak-anak di samping menyuntikkan doktrik tentang kebaikan yang bisa dimengerti. Haim Saban adalah pria yang ada di balik ini. Dan sama seperti deretan tokoh di atas, ia merupakan seorang Yahudi.

Gara-gara pria ini kita bisa menikmati kerennya Power Ranger [Image Source]
Gara-gara pria ini kita bisa menikmati kerennya Power Ranger [Image Source]
Produk Power Ranger Saban mungkin tak berpengaruh secara nasional, namun bagi anak-anak, mereka adalah tontonan yang sangat menghibur. Maka tak masalah sepertinya jika kita menganggap tokoh satu ini juga berjasa bagi Indonesia, khususnya anak-anak negeri ini. Tak hanya Power Ranger, masih banyak acara besutannya yang lain dan tak kalah menghibur bagi anak-anak.

Ya, tanpa pernah disadari, ternyata banyak tokoh Yahudi yang sangat berjasa kepada bangsa ini. Hanya saja mungkin karena kebencian kita yang sudah kuat, sehingga seolah melupakan hal-hal ini. Pelajaran yang bisa diambil dari ulasan ini, kita jangan menganggap sebuah kaum itu buruk secara keseluruhan gara-gara apa yang mereka lakukan. Pasti masih ada segelintir dari mereka yang punya hati dan tak segan memberikan bantuannya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA