World Ocean Day, 4 Hal Ini Yang Bisa Kita Lakukan Pada Lautan Indonesia

oleh Rizal
16:02 PM on Jun 8, 2015

Berbeda dari hari penting lain yang harus harus dirayakan dengan pesta dan bersenang-senang, maka pada World Ocean Day yang jatuh pada hari ini, justru prihatin dan aware yang harus dilakukan. Bagaimana tidak, kondisi lautan benar-benar memprihatinkan saat ini. Mulai dari banyaknya sampah hingga kondisi yang miris di beberapa titik.

World Ocean Day
World Ocean Day

Nah, bertepatan dengan World Ocean Day, seperti pas sekali kalau kita membahas tema kelautan lebih dalam lagi. Khususnya hal-hal apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk wilayah paling mayoritas di bumi itu.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Membersihkan Sampah di Lautan

Wacana ini mungkin terdengar seperti hal yang mustahil untuk dilakukan, mengingat laut yang luasnya tidak terkira itu. Tapi, kita benar-benar bisa melakukannya tanpa harus terjun langsung yang pastinya akan memakan waktu bertahun-tahun. Yup, cukup lakukan hal-hal kecil seperti reuse dan recycle sampah kita.

Bersihkan lautan [Image Source]
Bersihkan lautan [Image Source]
Indonesia sendiri adalah penyumbang sampah lautan paling banyak nomor dua di dunia. Hal ini masuk akal sekali karena sampah produksi penduduk negeri ini memang tak karuan banyaknya. Serta masih belum ada sistem canggih yang bisa mengatur pengelolaan sampah yang baik. That’s why, jangan ditambahi dengan sikap tak peduli dengan membuang sampah seenaknya.

2. Jangan Eksploitasi Berlebihan

Sebanyak apa pun ikan yang ada di lautan, kalau diambilnya intens dalam jumlah banyak, maka bukan mustahil bila suatu saat akan benar-benar habis. Maka dari itu tindakan over fishing harusnya dilarang dan ditindak tegas jika terbukti. Namun, yang terjadi di lapangan sangat berkebalikan.

Penangkapan ikan berlebihan [Image Source]
Penangkapan ikan berlebihan [Image Source]
Hal ini pun juga berakibat terancamnya berbagai spesies langka. Be resposible, laut tidak hanya milik segelintir orang saja.

3. Buat Laut Kembali Alami

Konteks ini masih berhubungan dengan aktivitas over fishing. Seperti yang kamu tahu, kadang para penangkap ikan ini melakukan kegiatan tersebut tanpa memperhatikan hal-hal penting seperti menjaga kelestarian terumbu karang. Penggunaan alat-alat yang tidak ramah lingkungan seperti bom ikan menjadi salah satu penyebabnya.

Aktivitas penanaman koral [Image Source]
Aktivitas penanaman koral [Image Source]
Meskipun banyak sekali lautan yang tidak indah lagi gara-gara habitat alami di dalamnya hancur, masih ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Mulai dari konservasi hingga melakukan hal-hal keren seperti membiakkan terumbu karang meskipun butuh puluhan tahun untuk bisa kembali alami seperti dulu.

4. Jelajahi Lautan untuk Khasanah Keilmuan

Sebenarnya kita masih sedikit sekali mengetahui tentang lautan. Mungkin hanya sekitar 10 persen saja dari seluruhnya yang berhasil diungkapkan para ilmuwan. Sehingga, sangat tidak mengherankan di masa depan nanti bakal banyak banget penemuan baru. Entah spesies atau fenomena alam yang saat ini masih jadi misteri.

Jelajahi lautan [Image Source]
Jelajahi lautan [Image Source]
Bertepatan dengan World Ocean Day, sepertinya sangat pas nih untuk dijadikan momentum agar aktivitas ekplorasi lautan lebih digencarkan lagi, dan siap-siap dikejutkan dengan banyaknya hal unik yang akan ditemukan nanti. Be Part of it, guys!

Sudah seharusnya kita lebih awaire terhadap laut. Penting dan tak tergantikan, tidak terbayangkan bagaimana bumi ini tanpanya. So, di Hari Lautan Sedunia ini yuk tanamkan hal-hal positif seperti menjaga lautan dengan melakukan apa pun yang kita bisa.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA