Gemerlap 3 Wisata Malam di Jawa Timur yang Keindahannya Tak Kalah dari Luar Negeri

Pengen berwisata malam nggak harus melulu jalan ke mal

oleh Nikmatus Solikha
18:00 PM on Jul 14, 2017

Umumnya berwisata memang di siang hari. Tapi, pernah nggak sih kepikiran jalan pas malam-malam? Ya, kita kan kadang boring di waktu malam. Apalagi malam Minggu. Daripada inget mantan terus, mending keluar. Tapi, masalahnya tuh tujuannya terbatas banget. Paling banter ya  jalan-jalan ke mal atau cafe.

Ah, itu sih dulu. Sekarang udah banyak banget lokasi wisata yang beroperasi justru di jam malam. Dan kamu yang ada di kawasan Jatim beruntung banget nih karena beberapa kota di provinsi ini punya wisata malam yang bisa dibilang unik dan lain. Berikut ini adalah lima lokasi wisata malam yang paling direkomendasikan buat kamu yang berada di Jawa Timur.

Baca Juga
12 Foto Bukti Eksotisnya Morotai, Mutiara di Bibir Pasifik yang Digilai Wisatawan dan Kaya Jejak Perang Dunia II
8 Danau Biru yang Indahnya Bikin Mata Hati Adem Ini Jadi Bukti Kalau Indonesia Memang Kepingan Surga

Suroboyo Carnival Night Market ( SCNM)

Sebagai kota tersibuk di Jawa Timur, nggak heran kalau Surabaya punya wisata paling menggoda, salah satunya Suroboyo Carnival Night Market. Meski baru dilaunching pada tahun 2014 lalu, tapi wisata malam ini udah sukses jadi salah satu icon Surabaya lho. Kenapa? Sebab wisata tersebut punya banyak banget wahana yang bisa dinikmati pengunjung. Saking banyaknya, SCNM seolah ngasih hiburan komplit dan bikin semua orang nggak perlu lagi datang ke tempat lain.

Surabaya carnival night market [image source]
Saat pertama menginjakkan kaki di sana, kamu bakal disambut dengan Galeri Suroboyo yang kontennya mirip  museum mini. Di lokasi tersebut, kamu bakal tau segala tentang tetek bengek Surabaya mulai dari replika pahlawan, makanan khas sampai pakaian adat. Setelah melalui museum kecil itu, kamu bisa langsung jajalin banyak wahana yang tersedia di sana.

Surabaya Carnival Night Market [image source]
Tapi sepertinya, nggak bakal cukup waktumu buat nyobain semua wahana. Kenapa? Soalnya banyak banget, mulai dari Bumper Car, 4D Cinema, Rumah Kinclong, Rumah Boneka, Rumah Hantu, Go Kart dan masih banyak lagi. Destinasi wisata ini nggak cuma cocok buat para anak muda lho. Anak-anak dan para orang tua juga bisa banget nikmatin wisata satu ini, karena wahananya beragam dan disesuaikan dengan usia. Ada Kids Play yang memang didedikasikan buat para dedek gemes, ada yang lebih menantang khusus buat kamu yang berdarah muda.

suroboyo carnival [image source]
Kalau buat para lansia, tersedia tiket khusus lho. Kalau kamu jalan-jalan bareng si Mbah, maka beliau cuma dikenakan tiket masuk sebesar Rp.25 ribu saja. Sementara untuk umum sebesar Rp.80 ribu. Untuk jam operasionalnya, SCNM ini buka mulai jam 17.00 – 23.00 pada hari Senin – Kamis. Spesial weekend bakal buka lebih awal, yaitu jam 16.00 – 23.00. Kamu kalau pengen nyobain sensasi wisata malam megah ini, bisa langsung masukin list liburan kamu. Lokasinya juga gampang dicari kok, karena strategis banget, tepatnya beralamat di Jalan Ahmad Yani No. 333 Surabaya – Jawa Timur.

Malang Night Paradise

Sebagai kota wisata, emang nggak lengkap kalau Malang nggak punya hiburan malam. Makanya, pada bulan 19 Juni kemarin, Kota Apel resmi buka Malang Night Paradise sebagai wisata malam yang meriah dan cocok buat segala usia.

Lampion malang night paradise [image source]
Saat membeli tiket masuk, ada dua pilihan tiket yang bisa kamu beli: tiket terusan atau tiket biasa. Kalau misalnya kamu cuma niat jalan-jalan di tengah gemerlapnya lampion dan taman dinosaurus, kamu cuma butuh beli tiket biasa dengan harga Rp.25 ribu di hari biasa, atau Rp.35 ribu di akhir pekan. Tapi, misalnya kamu pengen main semua wahana yang tersedia, kamu boleh pakai tiket terusan dengan harga Rp.45 ribu di hari biasa dan Rp. 65 ribu di akhir pekan. Apa saja yang bakal memanjakan kamu di Malang Night Paradise?

Malang Night Paradise [image source]
Saat pertama kali menginjakkan kaki di sana, mata kamu bakal disambut dengan keindahan lampion yang ukuran dan jumlahnya nggak tanggung-tanggung. Mulai dari flower, Panda, Kincir, Peacock dan masih banyak lagi. Pokoknya, sekali kamu menginjakkan kaki di sana, dijamin nggak pernah bisa berhenti cekrek-cekrek alias selfie. Jadi, itu aja? Tentu enggak! Selesai menjelajahi taman lampion yang luas banget itu, kini giliran kamu belajar soal dinosaurus.

Salah satu replika dinosaurus [image source]
Petualangan selanjutnya adalah taman yang disetting mirip banget sama dunia purba. Sebelumnya, kamu mungkin berbunga-bunga melihat keindahan lampion, setelahnya kamu bakal dibuat deg-deg ser karena replika dinosaurus di sana sangat mirip sama aslinya. Selain mirip, ternyata dinosaurus tersebut juga bisa bergerak dan bersuara, wihhh… bener-bener lokasi wisata yang cocok buat edukasi.

Malang night paradise [image source]
Seperti umumnya wisata malam, Malang Night Paradise juga mulai buka di jam 17.00 – 23.00. Lokasinya juga sangat mudah ditempuh, bertempat di Perum Graha Kencana Raya no.66 yang masih satu kawasan sama Hawaii Water Park. Akses jalan di sana sangat gampang karena berada di tengah kota. Sekali nyalain GPS, kamu nggak bakal dibuat nyasar, kok.

Kawah Ijen Banyuwangi

Kalau kamu rindu sama hiburan malam bernuansa alam, kamu bisa coba jalan-jalan di Kawah Ijen Banyuwangi. Pada bulan Maret 2016 lalu, Kawah Ijen sudah ditetapkan sebagai Cagar Biosfir oleh UNESCO. So, nggak bisa disangkal lagi pesona keindahan Kawah Ijen yang sudah mendunia. Kawah tersebut merupakan danau yang terbentuk di atas Gunung Ijen akibat letusan gunung. Kawah yang dipenuhi dengan air tersebut justru menghasilkan pemandangan yang luar biasa indah.

Kawah Ijen Banyuwangi [image source]
Ukuran kawahnya sendiri sekitar 690 x 600 meter dengan kedalaman sekitar 200 meter. Kamu bakal sulit percaya saat melihat danau tersebut punya warna tosca dan bening banget. Sebenarnya, untuk mengunjungi kawah ini nggak harus malam, sih. Cuma, sebagian besar pengunjung emang lebih terpikat buat datang saat malam hingga menjelang subuh. Sebab, di waktu tersebut akan menyaksikan panorama pemandangan kawah yang paling sempurna.

Indahnya pemandangan perjalanan kawah ijen [image source]
Untuk melihat keindahan itu, sebelumnya kamu musti mendaki setinggi 3 km, dan itu membutuhkan waktu 1,5 jam. Sementara untuk kemiringan pendakian sekitar 25-35 derajat. Memang butuh perjuangan sih, tapi rasa lelah tersebut bakal terbayar setelah kamu sampai di atas. Dan untuk semua keindahan yang ada, kamu cuma perlu membayar tiket masuk senilai Rp. 5000 rupiah saja untuk hari biasa, sementara akhir pekan Rp. 7.500. Sangat murah jika dibandingkan pemandangan indah di kawah ya.

Itulah tiga lokasi wisata malam paling memikat di Jawa Timur. Jalan-jalan malam, nggak harus ke mal atau cafe lagi. Banyak kok yang lebih menawan, contohnya beberapa lokasi wisata malam di atas. Dari tiga tempat di atas, kira-kira mana yang paling bikin kamu tergoda?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA