Unik! Inilah Destinasi Wisata di Indonesia yang Menyuguhkan Kera-Kera Liar

oleh Adi Nugroho
13:04 PM on Aug 9, 2016

Salah satu faktor yang membuat sebuah destinasi wisata jadi sangat ramai adalah keunikan yang dipunyai. Misal pantai dengan pasir putih biasa akan kalah dengan pantai berpasir putih namun memiliki spot hiking di sebelahnya. Sebuah kawasan air terjun akan tampak biasa saja jika dibandingkan dengan air terjun yang di sekitarnya terdapat banyak sekali kera liar yang berkeliaran.

Anyway, ngomong-ngomong masalah kera, ternyata di Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menghadirkan kera liar lho. Di tempat-tempat tersebut, kamu bisa menyaksikan kera berlalu-lalang di sepanjang jalan, bahkan melakukan interaksi dengan manusia yang ada di sekitarnya. Uniknya lagi, destinasi wisata ini justru menjadi sangat ramai dikunjungi banyak orang. Berikut beberapa contoh destinasi yang bisa dijadikan referensi.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Sangeh – Bali

Destinasi pertama yang menyuguhkan banyaknya kera liar adalah Sangeh di Bali. Desa kecil yang masih memiliki hutan yang luas ini dihuni oleh banyak sekali monyet. Konon, monyet ini memiliki pemimpin atau raja yang menguasai beberapa wilayah hutan yang sangat luas. Mereka menempati kawasan pohon hingga ke dua pura yang konon sudah dibangun sejak masa Kerajaan Mengwi.

Sangeh [image source]
Sangeh [image source]
Di dalam kawasan wisata ini, kamu akan menemukan pohon pala yang memiliki keunikan. Pohon dari rempah-rempah ini memiliki bentuk yang menyerupai organ kelamin pria dan wanita. Akhirnya pohon ini dijuluki dengan nama Lanang Wadon. Oh ya, monyet di kawasan ini masih sangat liar. Jadi diharapkan untuk tidak memakai perhiasan yang mencolok atau berlebihan yang akan mengundang monyet untuk mendekat.

Hutan Nepa – Madura

Setelah Bali mari kita meluncur ke Madura. Di salah satu wilayah Kabupaten Sampang, tepatnya di kawasan Hutan Nepa, kamu bisa menemukan banyak sekali kera dengan ekor panjang berkeliaran di sepanjang jalan. Mereka berjalan dengan santai meski banyak wisatawan yang datang untuk melihat atau mengambil gambar mereka karena lucu.

Hutan Nepa wisata kera
Hutan Nepa [image source]
Kawasan hutan Nepa memiliki luas sekitar 1 hektare. Di sini kamu bisa menemukan hutan-hutan bakau yang masih alami terlihat lebih cantik dengan ratusan kera yang turun ke jalanan. Mereka biasanya mengikuti pengunjung yang datang dari berbagai daerah di Indonesia untuk meminta makanan. Setelah diberi makanan mereka akan berlari dan makan di atas pohon dengan lahapnya.

Gua Kreo – Semarang

Semarang ternyata tidak hanya dikenal sebagai kota lumpia saja loh. Tidak jauh dari pusat kota yang berada di pesisir utara ini, kamu akan menemukan sebuah gua yang di sekelilingnya terdapat banyak sekali kera. Di tempat ini kamu bisa bermain dengan kera yang rata-rata sudah mulai jinak dan mampu berinterksi dengan manusia dengan baik.

menuju goa kreo [image source]
menuju goa kreo [image source]
Sebelum menuju kawasan Gua Kreo, kamu diharuskan naik anak tangga yang jumlahnya ada puluhan. Setelah anak tangga terdaki, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan unik di mana kera berjajar sudah seperti layaknya manusia. Mereka melakukan kegiatan sehari-harinya di sini dan menganggap manusia bukan sebagai sebuah ancaman.

Alas Kedaton – Bali

Bali kembali memiliki satu destinasi wisata yang di dalamnya banyak sekali terdapat kera yang berkeliaran dengan liar. Setelah Sangeh, kamu bisa menemukan lagi Alas Kedaton yang memiliki banyak sekali kera liat berkeliaran di jalanan. Di hutan lindung yang memiliki luas sekitar 12 hektare ini, kamu bisa menjelajah, menikmati udara yang sejuk sembari melakukan interaksi dengan kera.

Alas kedaton [image source]
Alas kedaton [image source]
Oh ya, kera di kawasan ini lumayan jinak dan mudah diajak berinteraksi. Meski demikian, diharapkan untuk selalu waspada karena banyak kera yang tertarik dengan benda mencolok seperti perhiasan, jam, bahkan ponsel yang dibawa untuk foto-foto. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu waspada agar hal-hal buruk karena kera tidak terjadi.

Inilah beberapa destinasi wisata di Indonesia yang menyuguhkan kera liar sebagai atraksi menariknya. Jadi, dari destinasi di atas, mana saja yang pernah kamu kunjungi hingga sekarang?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA