Penggila Wisata Air? Kepulauan Terbaik di Indonesia Ini Wajib Kamu Jelajahi Luar Dalam

oleh Adi Nugroho
09:55 AM on Aug 25, 2016

Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat mengagumkan. Kamu bisa menjelajahi jalur selatan Jawa dengan beach hopping, atau mendaki ke puncak-puncak tertinggi di Indonesia yang sangat mempesona. Selain dua hal di atas, kamu masih bisa menjelajah kawasan kepulauan eksotis Indonesia yang menyimpan surga-surga tersembunyi.

Di kepulauan yang akan kamu baca di bawah ini, aktivitas-aktivitas menyenangkan seperti diving, snorkeling, permainan air, hingga berenang dengan para hiu pun bisa dilakukan. Nahlo, penasaran kan kepulauan apa saja yang dimiliki oleh Indonesia ini? Yuk, ah simak bersama-sama di bawah ini.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Kepulauan Raja Ampat

Tidak bisa disangkal lagi kalau keindahan dari kepulauan Raja Ampat telah menjadi perhatian dunia. Kawasan perairan yang sangat tenang dengan laut yang biru dan penuh dengan biota laut ini menjadi primadona hingga semua orang ingin bertandang. Kealamian Raja Ampat yang masih terjaga dengan baik membuat tempat ini benar-benar jelmaan surga yang susah untuk dilewatkan.

Raja Ampat [image source]
Raja Ampat [image source]
Oh ya, kamu yang merupakan traveler sejati, setidaknya sekali seumur hidup sempatkan untuk datang ke Raja Ampat. Nikmati semua pemandangan menakjubkan di permukaan dan lukisan terumbu karang nan indah di kedalamannya. Mengunjungi Raja Ampat tidak akan membuatmu menyesal bahkan ingin terus ke sana jika punya kesempatan.

Kepulauan Karimunjawa

Karimun Jawa adalah salah satu primadona yang hingga sekarang masih dijadikan destinasi andalan di kawasan Jawa Tengah. Kalau kamu ingin menikmati indahnya pulau-pulau kecil yang terletak agak jauh di Laut Jawa, datanglah ke Karimunjawa yang dewasa ini sudah dikelola dengan sangat apik oleh pemerintah dan penduduk asli.

Karimunjawa [image source]
Karimunjawa [image source]
Di tempat ini kamu bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti snorkeling, diving, hingga berenang dengan hiu yang sengaja ditangkarkan. Setidaknya ada dua penangkaran hiu yang siap menguji nyalimu untuk berani nyemplung dan menikmati sensasi ngeri-ngeri seru justru bikin kamu ketagihan.

Kepulauan Derawan

Setelah menjelajahi megahnya bumi Papua dan eksotisnya utara Jawa, sekarang mari kita beranjak ke Kalimantan. Pulau yang dimiliki oleh tiga negara itu ternyata memiliki kawasan wisata menakjubkan dengan salah satu yang terkenal adalah Kepulauan Derawan yang terletak di kawasan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Kepulauan Derawan [image source]
Kepulauan Derawan [image source]
Di kepulauan ini setidaknya kamu akan mendapatkan 31 pulau-pulau kecil yang memiliki beragam pesona. Di sana kamu bisa melakukan diving, snorkeling, hingga melihat lumba-lumba yang kadang muncul mengikuti arah perahu yang melaju. Oh ya, di kepulauan ini juga ada Pulau Kakaban yang memiliki danau purba unik. Di dalam air yang payau ini kamu bisa berenang dengan ubur-ubur yang tidak memiliki sengat.

Kepulauan Seribu

Siapa bilang Jakarta hanya berisi macet, panas, dan juragan banjir saja? Di kawasan ini terutama Kepulauan Seribu kamu akan menemukan banyak sekali destinasi wisata yang sangat eksotis dan menyenangkan. Bayangkan, kamu bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti snorkeling, permainan air seperti jetski dan banana boat hingga kamping seru di pulau tak berpenghuni.

Kepulauan Seribu [image source]
Kepulauan Seribu [image source]
Kamu bisa menjelajahi Pulau Pramuka, Pulau Tidung yang memiliki jembatan panjang, Pulau Onrust yang pernah dijadikan tempat buangan, hingga Pulau Bidadari yang dikelola dengan sangat baik. Mengunjungi Kepulauan Seribu akan membuatmu puas menjelajahi banyak tempat baru yang masih alami dan terjaga keasliannya.

Kepulauan Selayar

Sulawesi Selatan ternyata memiliki satu kawasan kepulauan yang memiliki banyak sekali pesona. Di Kepulauan Selayar kamu bisa mendapatkan banyak sekali destinasi wisata seru seperti pantai-pantai menarik di kawasan Desa Bongaiya yang jumlahnya cukup banyak. Selanjutnya di kawasan Desa Bontoborusu juga memiliki pantai dengan air laut biru dan pasir putih yang lembut.

Kepulauan Selayar [image source]
Kepulauan Selayar [image source]
Hampir semua pulau kecil di kawasan Selayar memiliki pantai yang sangat indah. beberapa pulau yang besar sudah dihuni penduduk dan dikelola dengan sederhana, sementara sisanya masih alami dan tidak berpenghuni hingga layak untuk dijelajahi.

Inilah kawasan kepulauan di Indonesia yang layak untuk dijelajahi hingga tuntas. Dari lima destinasi di atas mana saja yang ingin Sobat Boombastis datangi?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA