3 Daerah Wisata Indonesia Favorit Para Bule

oleh Alfry
08:03 AM on Mar 15, 2015

Indonesia memiliki potensi wisata yang lengkap, mulai dari wisata bahari, alam hingga wisata buatan manusia semuanya ada dan tersebar di seluruh wilayahnya. Dari sekian banyak wilayah yang dimiliki Indonesia setidaknya ada tiga daerah yang menjadi ujung tombak pariwisata di negara ini, mereka adalah Bali, Jakarta dan Batam.

Tiga daerah itu menyumbang 90 persen angka kunjungan turis asing yang datang ke Indonesia. Mereka menjadi trisula pariwisata andalan di negeri ini yang sekaligus memiliki peran sebagai pintu gerbang para bule yang berkunjung ke Indonesia.

Baca Juga
Mengintip Keindahan Pantai ‘Perawan’ Sidoasri, Lokasi Alami yang Jarang Terjamah
Mengintip Kemakmuran Majasari di Indramayu, Desa dengan Predikat Terbaik di Indonesia

Ketiga daerah itu memiliki konsep Great, yaitu Great Bali, Great Jakarta, dan Great Batam yang artinya tempat yang menjadi pintu masuk turis asing dan mengarahkan wisatawan untuk menuju daerah sekitarnya sebagai upaya pengembangan pariwisata. Berikut ulasan lengkap trisula pariwisata Indonesia tersebut.

1. Bali

Bali menjadi ujung tombak pariwisata Indonesia di mana daerah tersebut berada di posisi terdepan dalam menggaet wisatawan asing. Tahun 2014 saja Bali mampu mendatangkan hampir 4 juta bule yang rata-rata didominasi traveler Australia, China dan Malaysia.

Saat konsep great diterapkan maka daerah sekitar Bali seperti Lombok dan Banyuwangi juga akan kecipratan kunjungan turis. Pasalnya dalam menerapkan konsep great ini, pelaku wisata di Bali juga harus mengarahkan wisatawan untuk mengunjungi objek wisata di daerah-daerah sekitarnya.

Pemandangan Pedesaan di Bali (c) www.romancetravelconcierge.com
Pemandangan Pedesaan di Bali (c) www.romancetravelconcierge.com

Bali memang memiliki daya pikat paling tinggi dibanding daerah lain di Indonesia. Ini dikarenakan daerah tersebut memiliki segala yang dibutuhkan para traveler. Mulai dari wisata pantai, wisata alam, dan hingga wisata ekstrim. Selain itu infrastruktur dari dan menuju tempat-tempat wisata sudah dibangun dengan lengkap sehingga akses wisatawan menjadi mudah.

Pilihan wisata yang ada di Bali antara lain berupa pantai yang indah seperti Kuta, Pandawa, Dreamland, Padang-padang dan msih banyak lagi. Bali juga memiliki spot melihat atraksi lumba-lumba yang keren, wisatawan bisa datang ke pantai Lovina. Selain pantai, Bali juga memiliki wisata budaya seperti pertunjukan tari kecak dan tari barong.

2. DKI Jakarta

Statusnya sebagai ibukota negara menjadikan Jakarta salah satu daerah di Indonesia yang paling banyak dikenal warga dunia. Ini juga menjadi pintu gerbang bagi turis asing yang ingin menjelajahi Indonesia. Biasanya para bule akan masuk ke negeri ini melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Mereka yang datang melalui bandara ini biasanya tidak akan langsung bereksplorasi ke daerah-daerah yang diinginkan. Untuk beberapa hari mereka akan istirahat di Jakarta sambil berkeliling kota metropolitan ini.

Jakarta (c) famouswonders.com
Jakarta (c) famouswonders.com

Lantas apa saja yang bisa dilakukan di Jakarta? Kota ini terbilang komplit dalam urusan wisatanya. Para turis bisa memulainya dengan berkeliling di Kota Tua Jakarta yang menyuguhkan pemandangan tempo dulu. Di Tempat ini juga terdapat berbagai museum yang asyik untuk dikunjungi. Jika ingin menjauh dari hiruk pikuk kota Jakarta, turis bisa melarikan diri ke Pulau Seribu, di sana pemandangannya masih alami dan tenang, dan masih banyak lagi pilihan wisata di Jakarta.

Sebagai salah satu daerah di Indonesia yang menerapkan sistem great maka sudah menjadi kewajiban pengelola wisata di Jakarta untuk turut mempromosikan tempat-tempat wisata di daerah lain sekitar Jakarta seperti Bogor dan Bandung.

3. Batam

Batam datang sebagai pesaing pariwisata Singapura. Pemerintah sangat serius mengembangkan potensi wisata di salah satu pulau terbesar di Kepulauan Riau ini. Targetnya jelas, mengincar wisatawan domestik maupun mancanegara dan yang menjadi iming-iming adalah konsep low budget traveling atau wisata terjangkau. Ini merupakan salah satu trik untuk membuat wisatawan melirik Batam ketimbang Singapura yang notabene di sana mahal-mahal.

Jembatan Barelang Batam (c) indobeta.com
Jembatan Barelang Batam (c) indobeta.com

Batam merupakan salah satu wilayah di perbatasan Indonesia yang terurus dengan baik. Bahkan jarak Batam ke Singapura lebih dekat ketimbang ke Kepulauan Riau. Ini juga menjadi gerbang masuk wisatawan asing khususnya dari Singapura yang ingin liburan ke Indonesia. Konon Batam memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi seperti Singapura atau bahkan lebih.

Potensi terbesar Batam adalah bidang perikanan, tempat ini menjadi surga bagi pecinta kuliner seafood. Selain itu Batam juga memiliki banyak wisata pantai yang menyuguhkan pemandangan indah yang dilengkapi dengan berbagai water sport yang keren. Tak ketinggalan jika berada di Batam jangan sampai melewatkan kunjungan ke ikon kota ini yaitu Jembatan Barelang.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA