Kamu Pecinta Horror? Wajib Berkunjung ke 6 Tempat Wisata Keren Ini!

oleh Tetalogi
07:00 AM on Jul 10, 2016

Kalau kamu termasuk seorang pecinta horror, berkunjung ke tempat-tempat yang konon berhantu bisa memberikan kesan dan sensasi tersendiri. Nggak cuma itu saja, pemandangan yang cantik dengan sejarah dan cerita-cerita mistis yang mengikutinya akan membuat liburanmu terasa makin menantang.

Nah, Indonesia ternyata juga punya banyak tempat wisata dengan cerita-cerita seram di baliknya, lho. Yuk intip tempat wisata mana saja sih yang seru dan punya cerita mistis.

Baca Juga
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah sebuah bangunan kuno yang dibangun pada tahun 1904. Bangunan tua ini memiliki banyak jendela-jendela tinggi sehingga menyerupai pintu. Itulah mengapa masyarakat menyebut bangunan ini sebagai lawang sewu. Lawang sewu ini memiliki 2 lantai dan 1 lantai tambahan di bawah tanah.

Lawang Sewu [Image Source]
Lawang Sewu [Image Source]
Masuk ke gedung ini, kamu akan merasakan sensasi mistis yang kental dan menyeramkan. Kalau punya nyali, kamu juga bisa berkunjung ke lorong bawah tanah yang dulunya pernah digunakan sebagai penjara yang sadis. Konon saat malam hari, di sini sering lewat penampakan noni-noni Belanda yang bergentayangan menghantui Lawang Sewu.

2. Gunung Lawu

Di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, terdapat Gunung Lawu yang tampak hijau dan indah. Tapi di balik keindahan tersebut, ada misteri yang sering kali membuat banyak orang ketakutan yaitu cerita tentang adanya pasar setan.

Gunung Lawu [Image Source]
Gunung Lawu [Image Source]
Sesuai namanya, pasar gaib ini memang nggak akan terlihat oleh mata biasa, tapi suara keramaiannya akan terdengar. Bukan cuma keberadaan pasarnya saja, di tempat ini juga terdapat areal sakral yang dulunya merupakan tempat petilasan Raden Brawijaya. Ada pertapaan, dan cengkup (rumah kecil dengan kuburan di tengahnya) yang konon merupakan petilasan Prabu Brawijaya, mantan Raja Majapahit.

3. Museum Taman Prasasti

Di Jakarta terdapat sebuah museum unik yang menyimpan macam-macam nisan kuno. Selain itu, kamu juga akan menemukan deretan patung-patung berbentuk malaikat. Namun, sebelum menjadi museum, Taman Prasasti dulunya adalah pemakaman umum bernama Kebuh Jahe Kober.

Museum Taman Prasasti [Image Source]
Museum Taman Prasasti [Image Source]
Sejak tahun 1977, makam ini kemudian berubah menjadi museum. Mungkin karena tempatnya yang terkesan seram, museum ini cenderung sepi. Karena menyimpan nisan-nisan dan merupakan bekas pemakaman, mungkin itulah yang membuat kebanyakan orang nggak berani datang ke sini. Tapi kalau kamu punya nyali bisa mencoba datang ke sini di sore hari.

4. Goa Kontilola, Papua

Di Papua terdapat sebuah goa berbentuk horizontal yang disebut dengan goa Kontilola. Di dalam goa yang terdapat di Kota Wamena ini, ada sebuah aula utama dengan pemandangan yang aneh. Pasalnya, di dinding aula tersebut ada sebuah lukisan besar dengan lebar 3 meter.

Goa Kontilola [Image Source]
Goa Kontilola [Image Source]
Di dalam lukisan tersebut, ada sebuah gambar orang tapi wujudnya sangat nggak beraturan. Mungkin kamu yang datang ke goa akan merasa bahwa itu adalah gambar alien. Sampai saat ini, nggak ada yang tahu gambar apa sebenarnya yang ada di dinding goa tersebut dan mengapa para leluhur menggambarnya.

5. Pulau Kumala

Terletak di delta Sungai Mahakam, terdapat Pulau Kumala yang terletak di Kalimantan Timur. Dulunya, tempat ini adalah dataran kosong yang penuh dengan semak belukar. Tapi, kini sudah berubah menjadi tempat wisata yang cukup populer.

Pulau Kemala [Image Source]
Pulau Kemala [Image Source]
Meski banyak didatangi wisatawan, tempat ini ternyata juga terkenal misterius dan punya banyak cerita mistis. Konon sering muncul penampakan makhluk-makhluk misterius di tempat ini. Kadang ada yang berwujud genderuwo, nggak jarang juga sosok wanita yang tiba-tiba muncul dan hilang begitu saja.

6. Pantai Selatan

Wilayah Pantai Selatan di Pulau Jawa sering dikaitkan dengan sosok mistis Ratu Pantai Selatan alias Nyi Roro Kidul. Pantai-pantai berombak besar ini memang indah dan cantik, tapi juga punya banyak nuansa mistis. Ada beberapa larangan yang beredar di antara masyarakat ketika kamu berkunjung ke tempat ini.

Pantai Selatan [Image Source]
Pantai Selatan [Image Source]
Beberapa larangan tersebut antara lain seperti dilarang memakai baju berwarna hijau, nggak boleh berkata kasar, selalu menjaga kebersihan, dan jangan berkunjung saat malam atau menjelang maghrib. Belum lagi dengan adanya kisah-kisah orang hilang yang konon terseret arus di kawasan pantai ini yang membuat kisahnya terasa makin menyeramkan.

Itulah tadi beberapa tempat wisata bernuansa mistis yang ada di Indonesia. Percaya ngga percaya sih, tapi ada beberapa orang juga yang mengaku pernah mengalami kejadian mistis di tempat-tempat tersebut. Bagaimana, apa kamu mau mencobanya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA