in

8 Lokasi Wisata GRATIS di Kota Malang ini Cocok Buat Tempat ‘Refresing’ Kamu yang Lagi Bokek

Bukan rahasia lagi kalau Malang emang gudangnya pariwisata. Dalam sebulan, belum tentu waktumu cukup buat mengelilingi semua wisata yang ada di kota adem tersebut. Ya memang, harga tiket masuk wisata beragam, ada yang murah, ada juga yang mencapai ratusan ribu. Pilihan yang ada bisa disesuaikan sama isi dompet kamu.

Tapi, gimana kalau pas lagi nggak ada dana sama sekali alias bokek? Haruskah diem doang di rumah sambil menghayati isi dompet yang nggak nambah-nambah? Yah, nggak segitunya juga kali. Toh, di Malang masih begitu banyak lokasi wisata yang nggak mungut biaya. He? Di dunia ini mana ada yang gratis? Masih ada kok. Kalau kamu ke Malang, bisa deh cobain beberapa lokasi wisata gratis ini.

Alun-Alun Kota Malang

Alun alun Malang [image source]
Berada di pusat kota Malang, tepatnya di Jalan Merdeka Malang. Saat ini, tempatnya nyaman banget buat menghabiskan waktu bersama teman. Di sana, cocok banget buat selfie karena pemandangan pepohonan dan beragam bunga yang pas banget menjadi background.  Penataannya indah, terlebih ada air mancur warna-warni yang bakal luar biasa indah kalau dilihat saat malam hari. Bagusnya lagi, lokasi tersebut saat ini sudah tertib banget, nggak ada penjajah makanan liar karena pengawas setempat rajin melakukan penertiban.

Taman Balaikota Malang

Alun alun tugu Malang [image source]
Taman Balai Kota atau biasa disebut Alun-Alun Tugu Balaikota Malang ini terletak di Jalan Tugu nomor 1 Malang. Sama seperti Alun-Alun Kota Malang, Taman Balai Kota juga punya penataan yang super cantik. Ada juga air mancur penuh lampu hias yang terlihat indah di malam hari. Selain ragam bunga yang di tanam di sekitar taman, di kolam juga banyak sekali bunga teratai yang mengelilingi tugu. Nggak heran kalau begitu banyak wisatawan lokal hingga turis asing yang suka mengambil foto selfie di lokasi ini. Emang bagus banget pemandangannya.

Bisa juga berwisata naik bus tingkat gratis

Macito keliling Kota Malang [image source]
Kalian mungkin nggak asing dengan bus gratis di Jakarta. Tapi, sebenarnya Malang juga punya lho. Namanya Macito, alias Malang City Tours. Dengan kendaraan ini, kalian bisa jalan-jalan gratis naik bus keliling kota. Bus ini merupakan persembahan dari Pemkot Malang yang diutamakan buat warga lokal dan juga turis asing. Dengan bus ini, kalian bakal dibawa jalan-jalan ke tempat yang menarik di Kota Malang. Buat kamu yang pengen nyoba ikut, bisa tuh nungguin bus ini di pangkalan depan Balaikota Malang setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 12.00 siang. Khusus untuk hari Minggu, start mulai jam 10.00 pagi ya.

Taman Trunojoyo Malang

Taman Trunojoyo Malang [image source]
Satu lagi taman yang bisa kalian jadikan tujuan nongkrong bareng temen. Adalah Taman Trunojoyo, terletak di Jalan Trunojoyo Klojen, tepatnya berada di depan Stasiun Kota Baru Malang. Di lokasi ini, udaranya jauh lebih sejuk jika dibandingkan dengan Alun-Alun, karena memang tumbuhan di sini lebih padat. Buat kamu yang suka eksis, kalian bisa foto dengan patung Singa yang jadi icon dari Arema. Nggak cuma berselfie ria, kalian juga langsung bisa mengunggahnya ke sosial media dengan memanfaatkan fasilitas Wi-Fi gratis di sana. Dan buat kamu yang suka baca, bisa juga pinjam buku di perpustakaan yang ada di sana. Taman ini juga lengkap dengan beberapa permainan buat anak-anak lho. Jadi kalau datang ke sini mending jangan seorang diri. Ajak keponakan atau teman.

Kampung Tridi (3D)

Kampung tridi Malang [image source]
Sudah dengar tentang kampung warna-warni jodipan? Kalau sudah tau, harusnya kamu juga mengunjungi kampung tridi yang lokasinya nggak jauh jadi kampung jodipan. Tepatnya, sekitar 200 meter dari Stasiun Kota Baru Malang. Kampung ini terkenal juga berkat kreatifitas pemuda di sana. Secara serentak, mereka menghias jalanan dan juga dinding-dinding rumah dengan lukisan 3D. Walhasil, tempat ini jadi kerap dikunjungi wisatawan yang penasaran dan tentu saja pengen selfie.

Candi Jago, Kabupaten Malang

Candi Jago Tumpang [image source]
Jika sebelumnya kita membahas soal wisata gratis di Kota Malang, kali ini lebih bergeser ke sekitar Kabupaten. Yuph, buat kamu yang cinta sejarah, ada baiknya nyoba mengunjungi Candi Jago yang berlokasi di Jl. Wisnuwardhana, Tumpang, Malang. Candi Jago ini dibangun sejak masa Kerajaan Singasari di abad ke-13. Meski tak begitu besar, namun tetap saja khas bangunan bersejarah. Di sekitar lokasi juga ada dilengkapi dengan taman-taman hijau yang mempercantik pemandangan di sekitar lokasi.

Taman Kunang Kunang

Taman kunang kunang [image source]
Taman ini memang diciptakan karena terinspirasi dari binatang kunang-kunang yang bisa menyala di kegelapan. Begitu pula Taman Kunang-Kunang yang terlihat sangat cantik saat malam hari. Banyak lampu-lampu menyala di tengah taman. Begitu banyak spot cantik yang cocok dimanfaatkan untuk berfoto bersama teman. Untuk masuk taman ini nggak dipungut biaya apapun, kamu cuma butuh bayar parkir jika datang menggunakan kendaraan pribadi.

Candi Badut

Candi Badut [image source]
Satu lagi bangunan bersejarah yang nggak mungut biaya masuk, yaitu Candi Badut. Lokasinya ada di Jalan Raya Candi V/D Dusun Karang Besuki Malang. Wisata ini nggak cuma menarik, tapi juga bisa dibuat edukasi dan lebih mengenal sisa-sisa sejarah tentang Indonesia yang dulunya terdapat banyak sekali kerajaan. Bangunan Candi Badut masih indah, meski sudah ratusan tahun sejak dibangun. Karena masuknya gratis, jangan ragu buat ngajak sodara atau teman mengunjungi lokasi ini ya.

Kalau kamu tinggal di sekitaran Malang, bokek itu bukan asalan berdiam diri di rumah. Toh, banyak juga lokasi wisata yang 100% gratis. Buat yang tinggal di luar kota, Malang emang tujuan lokasi minim budget yang bikin liburanmu ngirit abis!

 

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

5 Prediksi Kiamat Gagal yang Bikin Malu Peramalnya, Salah Satunya 23 September 2017

10 Selfie yang Diambil Sebelum Maut Menjemput, Siap-Siap Merinding