Keluar Dari Zona Nyaman, Traveling ke Penjara Alcatraz!

oleh Alfry
13:10 PM on May 11, 2015

San Francisco tidak pernah berhenti membuat terobosan menarik di dunia pariwisata untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerahnya. Jika di tempat lain penjara adalah kawasan yang harus steril dari warga sipil, San Francisco malah membuat tur berkunjung ke kawasan penjara. Tak tanggung-tanggung penjara yang jadi destinasi wisata adalah penjara yang terkenal paling ketat yaitu Alcatraz.

Pulau Alcatraz begitu terkenal lewat film-film Hollywood yang menampilkan pulau ini dalam adegan filmnya. Alcatraz digambarkan sebagai pulau yang berisi penjara berkeamanan tingkat tinggi dan diperuntukkan bagi penjahat kelas kakap. Memang itulah yang terjadi, namun dibalik kegarangan image yang melekat padanya ternyata Alcatraz juga memiliki sisi yang feminin.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Pulau Alcatraz via Education Travel
Pulau Alcatraz via Education Travel

Pulau ini adalah tempat yang bersejarah yang dikenal dengan sebutan The Rock. Di sana terdapat mercusuar tertua di pantai barat Amerika Serikat, benteng dan juga bangunan bekas penjara. Pulau ini kini berada dalam pengelolaan National Park Service.

Kini pulau yang terlihat angker itu menjadi salah satu destinasi wisata utama di San Francisco. Turis dapat berkunjung ke Museum Collection from Alcatraz yang menempati bangunan bekas penjara. Di dalam museum ini terdapat beberapa ruang koleksi yang dibedakan berdasarkan periodenya. Ada Military Period, Federal Prison, dan Indian Occupation.

Museum di dalam penjara Alcatraz via Gorilla Convict
Museum di dalam penjara Alcatraz via Gorilla Convict

Selain itu ada pula berbagai simbol sejarah di sana antara lain Water Tower, Barracks Building Bridges, Cell House, reruntuhan Warden’s House dan Officers Club, Parade Grounds, dan Building 64. Beralih ke sisi luar gedung, sisi cantik pulau mulai terlihat dengan adanya Alcatraz Historic Gardens Project, sebuah taman yang berisi flora dan fauna lokal. Pengunjung bisa mengikuti Garden Tours yang hanya ada pada hari Jumat dan Minggu pukul 09.45 waktu setempat.

Taman Bunga di Alcatraz via Dry Garden
Taman Bunga di Alcatraz via Dry Garden

Tak lengkap jalan-jalan tanpa belanja oleh-oleh. Nah di sana ada tuh gerai souvenir di Park Store. Aneka buku, video dan suvenir bertema Alcatraz dijual di sana. Bagi yang ingin liburan ke Alcatraz bisa datang kapan saja, pulau ini buka sepanjang tahun dan hanya libura pada perayaan Thanksgiving, Natal , dan tahun baru saja. Untuk menuju pulau ini traveler cukup naik feri dari Dermaga 33 yang terletak dekat Fisherman’s Wharf di San Francisco.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA