Keluar Dari Zona Nyaman, Traveling ke Penjara Alcatraz!

oleh Alfry
13:10 PM on May 11, 2015

San Francisco tidak pernah berhenti membuat terobosan menarik di dunia pariwisata untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerahnya. Jika di tempat lain penjara adalah kawasan yang harus steril dari warga sipil, San Francisco malah membuat tur berkunjung ke kawasan penjara. Tak tanggung-tanggung penjara yang jadi destinasi wisata adalah penjara yang terkenal paling ketat yaitu Alcatraz.

Pulau Alcatraz begitu terkenal lewat film-film Hollywood yang menampilkan pulau ini dalam adegan filmnya. Alcatraz digambarkan sebagai pulau yang berisi penjara berkeamanan tingkat tinggi dan diperuntukkan bagi penjahat kelas kakap. Memang itulah yang terjadi, namun dibalik kegarangan image yang melekat padanya ternyata Alcatraz juga memiliki sisi yang feminin.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Pulau Alcatraz via Education Travel
Pulau Alcatraz via Education Travel

Pulau ini adalah tempat yang bersejarah yang dikenal dengan sebutan The Rock. Di sana terdapat mercusuar tertua di pantai barat Amerika Serikat, benteng dan juga bangunan bekas penjara. Pulau ini kini berada dalam pengelolaan National Park Service.

Kini pulau yang terlihat angker itu menjadi salah satu destinasi wisata utama di San Francisco. Turis dapat berkunjung ke Museum Collection from Alcatraz yang menempati bangunan bekas penjara. Di dalam museum ini terdapat beberapa ruang koleksi yang dibedakan berdasarkan periodenya. Ada Military Period, Federal Prison, dan Indian Occupation.

Museum di dalam penjara Alcatraz via Gorilla Convict
Museum di dalam penjara Alcatraz via Gorilla Convict

Selain itu ada pula berbagai simbol sejarah di sana antara lain Water Tower, Barracks Building Bridges, Cell House, reruntuhan Warden’s House dan Officers Club, Parade Grounds, dan Building 64. Beralih ke sisi luar gedung, sisi cantik pulau mulai terlihat dengan adanya Alcatraz Historic Gardens Project, sebuah taman yang berisi flora dan fauna lokal. Pengunjung bisa mengikuti Garden Tours yang hanya ada pada hari Jumat dan Minggu pukul 09.45 waktu setempat.

Taman Bunga di Alcatraz via Dry Garden
Taman Bunga di Alcatraz via Dry Garden

Tak lengkap jalan-jalan tanpa belanja oleh-oleh. Nah di sana ada tuh gerai souvenir di Park Store. Aneka buku, video dan suvenir bertema Alcatraz dijual di sana. Bagi yang ingin liburan ke Alcatraz bisa datang kapan saja, pulau ini buka sepanjang tahun dan hanya libura pada perayaan Thanksgiving, Natal , dan tahun baru saja. Untuk menuju pulau ini traveler cukup naik feri dari Dermaga 33 yang terletak dekat Fisherman’s Wharf di San Francisco.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA