Mentawai Tak Layak Huni, Wilayah-wilayah Ini Juga Terancam Hancur

oleh Riris Permatasari
07:00 AM on Mar 9, 2016

Walau tak setenar Bali atau Raja Ampat, Pulau Mentawai yang berada di kawasan Sumatera Barat juga menyimpan keindahan tak terkira. Namun siapa sangka bahwa di balik keindahan yang terlihat, pulau ini menyimpan bahaya yang cukup serius. Guncangan yang bertubi-tubi telah sedikit demi sedikit telah mengubah bentang alamnya. Alhasil, setelah gempa yang mengguncang pada Rabu (2/3/2016) lalu, beberapa pakar mengatakan bahwa pulau ini sudah tidak layak huni.

Namun Pulau Mentawai jelas bukan satu-satunya wilayah di Indonesia yang patut di waspadai. Ada beberapa wilayah lain, yang jika dilihat dari berbagai faktor, ternyata juga menyimpan ancama mengerikan. Wilayah mana yang dimaksud?

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

1. Kawah Ijen, Indonesia

Tempat wisata ini terletak tepat di puncak gunung Ijen, Jawa Timur. Lokasi ini memang penuh daya tarik. Selain pemandangan bara api biru dari puncak gunung, di tempat ini juga tumbuh bunga edelweiss yang kini mulai langka. Kawahnya sendiri dipenuhi air berwarna biru kehijauan, sehingga keindahannya bisa memabukkan siapa saja.

b
Kawah Ijen [ Image Source ]

Namun di balik itu, Kawah Ijen ternyata diketahui memiliki kandungan asam paling tinggi dibandingkan kawah lain di seluruh dunia. Karenanya, jangan sekali-sekali menyentuh air di dalam kawahnya, karena akan membuat apapun lenyap tak bersisa. Berada sangat dekat dengan kawah Ijen juga mengundang risiko keracunan karena banyaknya timbunan sulfur.

2. Krakatau

Setelah meletusnya gunung Krakatau tahun 1883, trauma mendalam dialami warga bumi. Hingga pada tahun 1927, dunia menyadari bahwa ada gunung baru yang lahir, dan diberi nama Anak Gunung Krakatau. Pertumbuhannya cukup cepat, dengan aktivitas yang juga sangat tinggi. Tidak heran jika gunung ini menjadi salah satu yang cukup diawasi di Indonesia.

Krakatau [ Image Source ]
Krakatau [ Image Source ]

Terlebih lagi, sejak tahun 2008, dia mulai sering melontarkan material vulkanik, yang juga menimbulkan gempa. Pemukiman terdekat hanya berjarakn 46 km dari gunung ini. Melihat aktivitasnya kini, Anak Gunung Krakatau menjadi gunung yang paling ditakuti setelah Tambora.

3. D.I Aceh

D.I Aceh adalah salah satu wilayah kebanggaan Indonesia karena kehidupan sosialnya yang cukup stabil. Banyaknya jumlah Muslim di wilayah ini membuat orang memberikan julukan Serambi Mekkah. Meski demikian, bahaya mengincar daerah ini setiap saat. Setidaknya empat jenis bencana alam mengancam wilayah ini, yaitu gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, dan tanah longsor.

Aceh [ Image Source ]
Aceh [ Image Source ]

Keempat bencana ini memiliki keterkaitan satu sama lain, dan bisa saja terjadi dalam waktu bersamaan. Alasan terjadinya bencana ini adalah lokasi Aceh yang berada sangat dekat dengan barisan gunung berapi dan lautan. Tak hanya Aceh, hampir seluruh wilayah Sumatera juga terancam gempa bumi.

4. Jakarta

Sebagai ibukota negara, DKI Jakarta tentu menjadi lokasi andalan Indonesia. Jakarta tak hanya menjadi pusat pemerintahan, namun juga pusat industri, hiburan, dan ekonomi. Tidak heran jika kota ini dianggap kawasan paling maju di Indonesia. Namun di balik kemegahan Jakarta, ada sisi lain yang cukup bikin miris. Nyatanya, berbagai macam bencana mengintai kota ini.

Jakarta [ Image Source ]
Jakarta [ Image Source ]

Gempa bumi di Jakarta mungkin tidak sebesar Bengkulu dan wilayah Sumatera, namun kita perlu mewaspadainya. Belum lagi, kota ini juga dilanda banjir hampir tiap tahun karea dua per tiga wilayah yang berada lebih rendah dari permukaan laut. Angin topan, kebakaran, polusi, dan kerusakan alam juga jadi hal yang perlu diwaspadai.

Kawasan Indonesia memang dipenuhi surga dengan pemandangan yang sangat menentramkan hati. Suasana pantai, hijau pepohonan, udara segar, dan tanah subur jelas memanjakan siapa saja yang mengunjungi Indonesia. Pembangunan di berbagai wilayah telah mempercantik kawasan ini. Namun sekali lagi, kita harus ingat bahwa ada kekuatan lain yang mungkin tidak bisa kita lawan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA