in

9 Hal yang Membuat WiFi Bisa Membunuhmu Perlahan-Lahan

WiFi (Wireless Fidelity) merupakan salah satu teknologi yang banyak digandrungi masyarakat sekarang. Pasalnya adanya jaringan tanpa kabel ini membuat aktivitas berselancar di internet bisa dilakukan dengan mudah dan di mana pun. Semua fasilitas yang ada di masyarakat pun berlomba-lomba memasang WiFi. Mulai dari cafe, pusat perbelanjaan, sekolah, kantor pemerintahan, kantor swasta, bus kota, maupun restoran. Hal ini dilakukan untuk menaikkan popularitas dan menyerap pengunjung lebih banyak. Tak heran, masyarakat yang gemar menikmati layanan WiFi gratis tak segan-segan mengunjungi tempat tersebut. Bahkan beberapa orang menghadirkan WiFi di dalam rumahnya.

WiFi memang tak terbantahkan manfaatnya, namun di balik kepopulerannya, ternyata ada efek samping yang banyak orang belum mengetahuinya. Meski WiFi tergolong sesuatu yang tak terlihat, siapa sangka efektnya bisa sampai membunuh manusia secara perlahan-lahan. Senjata ampuh yang dipakai WiFi adalah gelombang electromagnetic yang ternyata membahayakan tubuh kita apabila digunakan secara terus-menerus. Apa saja bahayanya, berikut ini akan dibahas.

1. Memicu Rusaknya Sel-Sel Otak pada Anak-Anak

Aktivitas otak wanita [Image Source]
Penelitian terhadap efek radiasi non-termal yang dilakukan WHO dan National Toxicology Program yang menyimpulkan bahwa paparan radiasi lebih mudah menembus ke dalam otak anak. Karena anak-anak memiliki sistem saraf dan otak yang masih dalam proses perkembangan. Terlebih tengkorak anak-anak lebih tipis dan kecil dari milik orang dewasa. Karena itu, paparan radiasi WiFi lebih mudah membuat anak merasakan sakit kepala, lelah, gangguan konsentrasi, serta kehilangan memori jangka pendek.

2. Berpotensi Terkena EHS

Ilustrasi EHS [Image Source]
Electromagnetic Hypersensitivity intoleran Syndrome adalah gangguan kesehatan yang ditandai dengan rasa linu pada bagian sekitar mulut. Meski tergolong langka, penyakit ini telah dialami oleh seorang wanita yang penyebabnya adalah terlalu dekat dengan pancaran Wifi.

3. Menghambat Perkembangan Anak

Perkembangan anak [Image Source]
Beberapa study yang dilakukan menunjukkan bahwa paparan radiasi nontermal dari Wi-Fi dan telpon seluler mengganggu perkembangan sel normal. WiFi dapat mengakibatkan gangguan sintesis protein. Karena itu, tidak baik bagi perkembangan janin, anak-anak, dan remaja.

4. Resiko Kanker

Ilustrasi sel kanker [Image Source]
Penggunaan WiFi dalam waktu yang lama dan pemanfaatan jangka panjang akan meningkatkan resiko kemunculan kanker pada tubuh seseorang. Karena meski tergolong rendah, gelombang elektromagnetik yang ada pada WiFi memancarkan radiasi yang terus menerus menyerang tubuh.

5. Memicu Ketidaksuburan Seseorang

Ilustrasi sperma [Image Source]
Efek samping lain dari WiFi adalah menyebabkan menurunnya tingkat kesuburan sperma. Paparan frekuensi WiFi ternyata dapat mengurangi gerakan sperma dan menyebabkan fragmentasi DNA. Sebuah studi dilakukan terhadap tikus yang dikenakan frekuensi nirkabel selama 2 jam sehari dalam kurun waktu 45 hari. Hasil studi menunjukkan bahwa beberapa frekuensi nirkabel dapat mencegah implantasi telur dan secara signifikan telah meningkatkan resiko stress oksidatif. Akibatnya, kuat kemungkinan terjadinya kehamilan abnormal atau kegagalan telur untuk implan.

6. Mengurangi Aktivitas Otak Wanita

Aktivitas otak wanita [Image Source]
Untuk mengetahui pengaruh WiFi pada aktivitas manusia, dilakukan penelitian pada 15 pria dan 15 wanita. Kondisi awal kedua kolompok tersebut diuji tanpa pancaran radiasi WiFi sedikitpun. Dan pada kondisi ini, tidak ada pengaruh apapun pada aktivitas otak. Namun pada saat kedua kelompok terkena radiasi dari WiFi dengan kapasitas 2.4 GHz dari titik akses nirkabel selama +/- 45 menit, terjadi penurunan aktivitas otak serta energi pada kelompok wanita.

7. Mempengaruhi Pertumbuhan Sel

Ilustrasi sel [Image Source]
Studi yang dilakukan untuk menguji pengaruh WiFi router pada beberapa jenis taman di Denmark menunjukkan hal yang cukup menakutkan. Bahwa tanaman yang terletak di dekat sumber radiasi tidak dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya. Jika hal ini berlaku bagi tanaman, tentu juga berlaku pada sel manusia

8. Penyebab Insomnia

Insomnia [Image Source]
WiFi mengandung gelombang elektromagnetik yang berpengaruh pada kualitas tidur. Mereka yang terkena radiasi elektromagnetik secara signifikan lebih kesulitan untuk tertidur serta mengalami perubahan pola gelombang otaknya. Hal ini pun menjadi pemicu meningkatnya depresi serta hipertensi karena kualitas tidur yang tidak baik.

9. Pengguna Wifi Beresiko Gangguan Jantung

Ilustrasi serangan jantung [Image Source]
Para pengguna WiFi memiliki resiko gangguan jantung lebih banyak daripada non pengguna. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 69 subjek. Kesimpulan dan penelitian ini menunjukkan bahwa mereka yang terkena paparan radiasi elektromagnetik mengalami peningkatan denyut jantung yang dapat memicu peningkatan resiko kanker.

Bahaya-bahaya di atas bisa ditekan dengan melakukan tindakan pencegahan. Misalnya dengan memutuskan sambungan WiFi sebelum tidur atau saat tidak digunakan dan tidak meletakkan router di dapur atau kamar tidur. WiFi memang bermanfaat luar biasa, tapi bukan berarti kita bisa terus menerus menggunakannya karena dampaknya sangat tidak menyenangkan.

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Kanjeng Kyai Pamor, Keris Sakti yang Dipercaya Dibuat dari Batu Meteor

10 Kicauan Netizen Membalas ‘Belum Puas’nya SBY yang Bikin Ngakak