WhatsApp Web Hadir Di PC, Begini Cara Instalasinya

oleh Adys Disty
08:29 AM on Jan 23, 2015

Aplikasi pesan instan WhatsApp meluncurkan fitur baru bernama WhatsApp Web. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mengakses WhatsApp dan mengirim pesan dari komputer melalui web browser Google Chrome. Pengumuman hadirnya aplikasi versi desktop ini disampaikan langsung oleh CEO WhatsApp Jan Koum melalui sebuah postingan di dalam akun Facebook resminya, Rabu (21/1).

Pengguna tidak perlu mengunduh dan instalasi file khusus apapun di PC untuk aplikasi WhatsApp versi ini. Seperti yang telah diungkapkan oleh Koum, pengguna WhatsApp bisa langsung mengakses layanan tersebut melalui web browser. Itu artinya, pengguna hanya perlu memiliki browser di perangkat PC. Untuk masa awal peluncurannya, Koum meminta pengguna untuk menjalankan aplikasi itu melalui Google Chrome.

Baca Juga
7 Smartphone 4G Super Keren yang Harganya di Bawah Satu Jutaan
5 Teknologi Bionik dalam Bidang Militer yang Perlu Dikembangkan Indonesia

WhatsApp Hadir Di PC, Begini Cara Instalasinya
WhatsApp Hadir Di PC, Begini Cara Instalasinya

Untuk mengaktifkan fitur WhatsApp pada PC, pengguna diminta untuk mengunjungi laman https://web.whatsapp.com guna memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru dari toko aplikasi platform masing-masing. Pengguna akan diminta untuk login dengan menggunakan QR Code yang ada melalui aplikasi WhatsApp versi terbaru. Caranya dari aplikasi masuk ke menu WhatsApp Web untuk memindai QR Code yang tampil.

Tampilan WhatsApp pada layar komputer terbagi menjadi dua. Bagian sebelah kiri dengan lebar seperempat layar komputer menampilkan daftar kontak yang persis sama dengan yang ada di ponsel. Sedangkan bagian kanan layar yang lebih lebar menampilkan riwayat percakapan.

Fitur lain WhatsApp seperti dua centang untuk pesan terkirim dan centang biru untuk pesan yang sudah dibaca penerima juga muncul di web browser ini. Begitu pula halnya dengan beragam emoticon WhatsApp yang juga dapat diakses dari web browser.

Untuk memastikan aplikasi di komputer dapat digunakan, ponsel harus selalu terhubung ke koneksi Internet. Jika ingin keluar dari WhatsApp Web, Anda bisa log out dari komputer maupun dari ponsel.

Akses WhatsApp dari komputer ini membuat Anda lebih leluasa berkirim pesan bila sedang mengerjakan sesuatu di komputer. Meskipun demikian, aplikasi ini baru bisa digunakan oleh pengguna WhatsApp yang tidak menggunakan iOS.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA