9 Warung Makan Paling Banyak Dijumpai dan Jadi Ciri Khas di Indonesia

oleh Riris Permatasari
07:11 AM on Mar 13, 2016

Salah satu hal menyenangkan jadi orang Indonesia adalah jenis-jenis kulinernya yang lezat dan beragam. Setiap daerah memiliki makanan khas yang selalu layak untuk dicoba. Berbagai makanan itu bisa kita temui dengan mudah di berbagai tempat makan di negeri kita.

Namun di antara sekian banyak tempat makanan yang ada di Indonesia, beberapa ada yang cukup menonjol. Tempat-tempat makan ini jumlahnya sangat banyak dan bisa kita temui di berbagai sudut wilayah Indonesia. Herannya, walau kita biasa melihat dan menikmatinya begitu sering, warung-warung ini masih saja ramai dikunjungi dan menjadi tempat favorit semua orang. Penasaran jenis-jenis tempat makan paling ‘pasaran’ di Indonesia? Berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Warung Tegal

Ada berbagai versi tentang sejarah munculnya warung tegal. Salah satu yang cukup dipercaya adalah awalnya pemilik warung jenis ini hampir selalu berasa dari Tegal. Namun terlepas berbagai pendapat tentang asal muasalnya, pastinya perkembangan warung tegal semakin pesat dari tahun ke tahun.

Warung tegal [image source]
Warung tegal [image source]
Menjual berbagai jenis masakan rumahan dengan harga miring, tidak heran jika tempat makan yang satu ini menjadi favorit banyak orang, terutama dari golongan ekonomi menengah ke bawah. Penjual menyediakan banyak alternatif lauk yang bisa dipilih pembeli, dan tentu saja dengan harga yang bervariasi.

2. Restoran Padang

Selain warung tegal, restoran Padang juga menjadi tempat makan yang sangat menjamur. Restoran ini selalu ada di setiap kota yang ada di Indonesia, karena memang sangat disukai warga Indonesia. Sesuai namanya, dalam restoran ini dijual masakan-masakan khas Padang.

Rumah makan Padang [image source]
Rumah makan Padang [image source]
Namun berbeda dengan warung tegal, setiap porsi makanan yang dijual di restoran ini sudah sepaket dengan nasi dan sayur. Pembeli tinggal memilih lauk apa yang mereka inginkan, tentu saja dengan harga yang sangat bervariasi.

3. Kedai Bakso

Bakso memang menjadi salah satu masakan khas Indonesia. Setiap daerah, khususnya pulau Jawa, memiliki resep dan penampilan bakso yang berbeda-beda, mulai dari Bakso Malang, Bakso Solo, Bakso Cirebon, dan lain-lain.

Kedai bakso [image source]
Kedai bakso [image source]
Namun pada dasarnya semua bakso di Indonesia sama wujudnya, yaitu berupa daging sapi yang digiling dan dibulatkan, kemudian disajikan dengan makanan pelengkap lain, seperti mie, bawang goreng, tahu, dan lain-lain. Kedai bakso juga menjadi tempat nongkrong favorit, lho!

4. Sate Madura

Satu lagi jenis makanan yang bisa kita jumpai di mana-mana adalah sate khas Madura. Adapun daging yang biasa digunakan sebagai bahan baku adalah ayam, kambing, dan sapi. Pembeli bisa memilih daging apa yang diinginkan, dan kemudian disajikan dengan saus kacang dan nasi, atau kadang bersamai gulai daging.

Sate Madura [source image]
Sate Madura [source image]
Namun di Indonesia, jarang sekali ada restoran yang khusus menjual sate dan gulai. Kebanyakan penjual sate berjualan di tenda atau gerobak di pinggir jalan

5. Kedai Pecel dan Lalapan

Satu lagi makanan yang banyaknya minta ampun adalah pecel dan lalapan. Di satu wilayah, penjual makanan ini bisa lebih dari satu dan tidak sungkan bersaing satu sama lain.

Warung pecel dan Lalapan [image source]
Warung pecel dan Lalapan [image source]
Herannya, makanan ini dijual di mana-mana, kedai pecel atau lalapan tetap menjadi menu paling laris di berbagai wilayah Indonesia.Yang jadi keunggulan warung makanan seperti ini adalah karena sudah pasti ada nasi, yang susah dipisahkan dari menu makanan orang Indonesia.

6. Nasi Goreng dan Bakmi

Kedua makanan ini sudah seperti pasangan tak terpisahkan. Di mana ada nasi goreng dijual, maka menu bakmi pun rata-rata ikut disediakan. Selain dijual di restoran dan kedai, biasanya penjual nasi goreng menggunakan gerobak sehingga bisa berpindah-pindah lokasi.

Warung nasgor dan bakmi [image source]
Warung nasgor dan bakmi [image source]
Selama ini, nasi goreng dan bakmi selalu menjadi menu andalan saat lapar menyerang di malam hari. Tidak mengherankan, umumnya penjual nasi goreng memang baru beroperasi di malam hari, dan baru pulang sekitar tengah malam.

7. Angkringan

Tempat makan ini berasal dari kota Jogjakarta, dengan menu di antaranya nasi kucing (nasi bungkus dengan pori kecil), serta berbagai lauk seperti usus, kulit, telor puyuh, dan aneka gorengan. Angkringan sendiri sekarang telah menjamur di berbagai daerah Indonesia karena menyediakan menu yang sangat terjangkau.

Angkringan [image source]
Angkringan [image source]
Angkringan juga menjadi lokasi kumpul-kumpul bagi anak muda atau karyawan, sambil kongkow, ngobrol dan melepas lelah. Tempat ini jadi salah satu duplikat kafe tapi dengan versi yang lebih mengusung kearifan lokal.

8. Warung Kopi

Satu warung lagi yang pastinya pernah dikunjungi semua orang adalah warung kopi. Pastinya, lokasi ini menjadi tempat nongkrong paling asyik bagi kalian semua. Di sini, kalian akan menemukan berbagai jenis minuman, mulai dari kopi hitam, kopi susu, bahkan STMJ. Di tempat ini kalian bisa ngobrol ngalor ngidul dengan teman-teman dengan durasi yang cukup lama.

Warung kopi [image source]
Warung kopi [image source]
Tempat ini memang dibukan untuk memfasilitasi mereka yang hobi kongkow dan kumpul-kumpul, namun dengan budget yang kecil. Umumnya, penjual warung kopi juga menyediakan menu mie instan, kentang goreng, atau roti bakar bagi mereka yang lapar.

9. Kedai Kopi/Cafe

Seperti warung kopi, tempat ini dibangun untuk memuaskan hasrat kongkow orang Indonesia. Hanya saja biasanya kedai kopi dibuat lebih mewah, dengan menu yang juga lebih mahal.

Cafe [image source]
Cafe [image source]
Biasanya makanan yang disediakan pun hanya sekedar camilan. Namun tempat yang asyik buat ngobrol jelas menjadi fasilitas yang layak dijual mahal.

Itulah beberapa tempat makan paling populer di negeri kita. Tentu saja, mungkin masih ada jenis-jenis warung lain yang jumlahnya melimpah, dan menjadi lokasi favorit masyarakat. Bagaimana dengan kalian? Seberapa sering kalian pergi ke tempat-tempat tersebut?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA