Fakta Warna Kuning Telur yang Harus Anda Ketahui

oleh Ayu
10:42 AM on Mar 24, 2015

Warna kuning telur ternyata bisa menjadi indikator apakah telur yang Anda makan sehat atau tidak. Selama ini kita mungkin memberikan label kolesterol tinggi pada kuning telur yang akan dimakan. Namun, setelah ini Anda tidak akan sembarangan menilai kuning telur itu lagi.

Telur mengandung dua bagian, yakni putih telur dan kuning telur. Orang yang sedang diet banyak mengira putih telur adalah yang paling sehat. Namun, bila mengulas si kuning telur yang enak rasanya ini, ternyata warna kuning telur yang tepat akan memberikan manfaat menyehatkan. Yuk kupas telur, eh.. informasi tentang warna kuning telur di sini.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

1. Warna Kuning Telur

Ada 3 macam warna kuning telur yang banyak ditemukan. Kuning pucat, kuning agak oranye dan oranye tua. Bagi orang yang sering parno dengan apa yang mereka makan, mungkin akan bertanya-tanya ada apa dengan kuning telurnya. Tapi, jangan khawatir.

warna kuning telur (c) themindunleashed
warna kuning telur (c) themindunleashed

The Mind Unleashed menyebutkan dalam beberapa penelitian yang dilakukan pada kuning telur. Kuning telur hasil peternakan lokal, seringkali warnanya lebih kuning matang hingga oranye tua. Bentuknya juga lebih besar dan tebal. Telur tersebut dibandingkan dengan telur yang banyak dijual di minimarket maupun supermarket yang ternyata memiliki warna kuning pucat.

Jangan keburu menaruh curiga bahwa kuning telur yang makin oranye adalah efek suntikan. Kabar baiknya, kuning telur dengan warna tualah yang ternyata lebih bergizi dan menyehatkan. Makin pekat warna kuning telurnya, makin sehat telur tersebut.

2. Kenapa Kuning Telur Warna Pekat Lebih Sehat?

Warna kuning telur banyak dipengaruhi oleh makanan dari ayam tersebut. Ayam yang diberi makan lebih banyak jagung, biasanya memiliki kuning telur dengan warna yang lebih pekat. Selain terbentuk dari pangan yang alami, warna kuning telur ini biasanya mengindikasikan nutrisi yang lebih baik.

warna pekat kuning telur (c) fitnessrepublic
warna pekat kuning telur (c) fitnessrepublic

Makin kuning telurnya, makin banyak kandungan karotenoid atau vitamin A di dalamnya. Tapi tetap saja, jangan makan berlebihan ya. Sehari memang sebaiknya tidak lebih dari 2 kuning telur, namun ada juga yang lebih menyarankan seminggu cukup 2 kuning telur untuk menjaga level kolesterol.

3. Kuning Telur Yang Lebih Sehat Dimasak Sampai Matang

Kuning telur lebih optimal manfaatnya ketika Anda memasak hingga matang. Level bakteri di dalamnya sudah jauh berkurang, selain itu kandungan gizinya meningkat hingga 91% dibanding setengah matang yang hanya 51%.

Kuning telur lebih sehat di masak matang (c) turner
Kuning telur lebih sehat di masak matang (c) turner

Kuning telur mentah hanya bermanfaat ketika Anda menggunakannya sebagai masker rambut. Dengan menggunakan kuning telur di pangkal rambut, bisa menjauhkan kita dari masalah kebotakan dan menyuburkan rambut. Jangan lupa bilas dengan bersih agar tidak amis.

Itulah beberapa fakta tentang warna kuning telur. Ada juga informasi yang menyebutkan bahwa warna kulit telur mempengaruhi gizi di dalamnya. Namun dalam sebuah jurnal kesehatan yang diungkap Huffington Post, ternyata warna kulit telur tidak banyak berpengaruh pada gizi di dalamnya.

Nah, semoga informasi ini cukup bermanfaat dan membuat Anda makan kuning telur tanpa rasa bersalah lagi. Stay healthy and be happy.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA